atmojo

Tips menghindari cidera hamstring ketika olahraga

Menghindari cidera


Olahraga merupakan suatu kegiatan untuk melatih tubuh dengan beberapa gerakan tubuh atau latihan tertentu secara berulang ulang kali agar memperoleh tubuh tetap bugar dan sehat.

Namun ketika asal asalan atau sembarangan dalam menjalankan suatu olahraga tanpa pengetahuan tentang suatu olahraga tertentu, itu bisa mengakibatkan cidera tubuh contohnya cidera otot

Hal lain yang bisa mengakibatkan cidera otot yakni terlalu sering melakukan olahraga tanpa adanya jeda atau istirahat, cidera yang sering dirasakan seseorang ialah berada pada area kaki salah satu contoh cidera tersebut yaitu cidera Hamstring.

Cidera Hamstring merupakan cidera yang dialami tiga kelompok otot bagian belakang paha dan sering dirasakan seseorang ketika melakukan olahraga seperti berlari, melompat, bersepeda dan lain sebagainya yang fokus pada kekuatan otot paha.

Olahraga memang sangatlah penting untuk menjaga kebugaran jasmani tubuh, namun jika dilakukan terus terusan atau diforsir secara berlebihan itu malah membahayakan tubuh anda.

Menurut para ahli menyatakan ada beberapa hal yang dapat menghindari cidera saat olahraga yaitu:

1. Melakukan pemanasan sebelum berolah raga.



Pemanasan atau warming up ialah cara untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga, pemanasan juga merupakan tahapan untuk meningkatkan suplai Oksigen.

Dan pemanasan bermanfaat untuk menaikan suhu otot agar lebih hangat serta meregangkan otot otot agar siap melakukan olahraga.

Selain itu juga ketika melakukan pemanasan tubuh akan mengalami perubahan suhu pada darah, ketika suhu darah naik maka kemampuan keterikatan oksigen pada hemoglobin akan menurun jadi akan lebih mudah untuk dilepaskan pada sel sel otot.

2. Hindari Berolahraga secara inten cepat dan terus menerus tanpa adanya jeda atau istirahat.



Berolah raga secara keras dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan biasanya akan mengalami beberapa hal berikut:

• Jantung berdebar kencang walau tidak sedang berolah raga.
• Sering merasa lelah.
• Sulit berkonsentrasi.
• Cidera otot
• Nyeri sendi

Kenapa demikian karena berolah raga secara keras dapat mengganggu beberapa fungsi organ salah satunya yaitu Otot, karena otot mengalami peradangan

3. Menggunakan peralatan olahraga yang tepat.



Peralatan olahraga yang benar dapat mendukung mendapatkan hasil olahraga yang maksimal, sebaliknya peralatan olahraga yang tidak tepat dapat menyebabkan cidera.

Contohnya Medicine Ball, alat tersebut ampuh untuk membentuk otot inti, kaki, pinggul, lengan dll. Namun alat ini tercatat sebagai penyumbang 7% kenaikan pasien dengan cidera kepala.

Karena latihan dengan Madicine Ball melibatkan gerakan melempar, lalu gerakan melompat dan pull up bar juga mampu sebabkan cidera yang sama.

4. Hindari Berolah raga berat pada saat tubuh sedang tidak fit.



Ketika kesehatan tubuh tidak fit tidak disarankan untuk menjalankan olahraga yang berat berat, namun berolah ragalah yang ringan ringan saja seperti melakukan peregangan otot pinggul, paha, serta punggung.

Lalu perbanyak minum air putih, karena cairan akan membuat tubuh dan otot bekerja pada posisi normal. Maka dari itu olahraga berat tidak disarankan untuk dilakukan ketika kesehatan tubuh sedang tidak fit.

5. Lakukan pendinginan setelah berolahraga.





Pendinginan setelah berolahraga atau disebut juga Cool Down perlu dilakukan ketika selesai berolahraga, tujuannya membuat tubuh kembali tenang.

Sebab ketika berolahraga tekanan darah dan detak jantung meningkat drastis, berbeda dengan kondisi normal ketika tidak melakukan aktifitas apapun, maka dari itu untuk menormalkan kembali perlu dilakukan pendinginan setelah berolah raga.

Menurut konsultan fitnes dan kebugaran asal Amerika, Jennifer Cohen "melakukan pendinginan setelah berolahraga sangatlah membantu dalam melemaskan otot otot yang tegang setelah berolah raga", dia juga menyarankan lakukan beberapa gerakan pendinginan sebagai berikut:

• Quad Stretch



• Seated Hamstring Stretch



• Shoulder Stretch



• Arm Stretch



• Sky Stretch


Nah demikian dari saya tentang tips menghindari cidera ketika berolahraga, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips menghindari cidera hamstring ketika olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel