atmojo

Hal yang dilarang setelah berolahraga

Hal yang dilarang setelah olahraga

Semua manusia yang hidup didunia ini pasti sangat mengharapkan tubuhnya selalu sehat dan kuat, maka dari itu banyak sekali poin poin penting guna mendapatkan tubuh tetap sehat dan kuat seperti pola makan yang sehat dan tak lepas juga yaitu pola hidup sehat seperti menjalankan olahraga secara rutin setiap hari.

Olahraga merupakan suatu aktifitas yang sering dilakukan oleh semua orang guna menjaga kesehatan tubuh agar dapat menjalankan segala kewajiban atau menjalani keseharian dengan mudah berenergi. Aktifitas satu ini harus rutin dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan, namun harus dilakukan dengan baik dan benar.

Karena jika dilakukan dengan sembarangan akan berakibat sebaliknya, seperti sebelum dan sesudah berolahraga harus melakukan suatu pemanasan atau pendinginan agar tidak mengalami cidera atau efek buruk yang lainnya.

Dan berikut ini saya rangkumkan beberapa hal yang harus dihindari ketika selesai berolahraga :

1. Tidak melakukan pendinginan



Sering kita lihat seseorang yang telah atau hendak melakukan olahraga sedang menggerakan suatu anggota badannya secara perlahan dan bertahap, seperti seated hamstring stretch, arm stretch dll. Gerakan gerakan seperti itu dinamakan dengan (pendinginan/pemanasan), biasanya dilakukan sebelum dan setelah berolahraga yang bertujuan untuk melemaskan otot otot yang kaku agar tidak terasa sakit.

Jika sebelum atau setelah anda berolahraga melupakan hal tersebut dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh, karena setelah berolahraga seharusnya mendapatkan manfaat baik namun itu ketika anda melakukan pendinginan setelah berolahraga, jika tidak melakukannya anda beresiko cidera otot.

2. Jangan minum air dingin



Ketika kita berolahraga tentu suhu tubuh meningkat dan menjadi panas hal tersebut disebabkan karena adanya pembakaran kalori dalam tubuh yang menyerap banyak cairan dan menyebabkan keringat keluar melalui pori pori, ketika tubuh mulai berkeringat tubuh mulai mengalami dehidrasi.

Kemudian jika sudah begitu tentu tindakan yang akan kita lakukan yaitu minum untuk mengganti cairan tubuh yang telah kita keluarkan, namun ketika anda berkeringat saat atau setelah berolahraga jangan minum air dingin, karena jika hal tersebut tetap dilakukan akan membuat anda mengalami :

• Kepala pusing, yang disebabkan suhu rendah air dingin yang menurunkan suhu panas tubuh anda setelah berolahraga secara drastis atau mendadak dan bisa juga disebabkan karena penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke otak tidak lancar.

• Lemah jantung, minum air dingin setelah berolahraga dapat memengaruhi kinerja saraf vagus ketika mengontrol banyak aktifitas yang terjadi pada tubuh (denyut jantung), semakin banyaknya air dingin yang anda minum semakin berpengaruh terhadap resiko lemahnya detak jantung.

3. Jangan langsung mandi



Memang setelah berolahraga itu tubuh menjadi berkeringat yang menyebabkan bau badan serta tubuh terasa seperti lengket akibat dari keringat itu sendiri, lalu sebab hal tersebut yang membuat niat seseorang yang telah berolahraga untuk langsung mandi, jika andapun seperti itu sebaiknya jangan anda lakukan !.

Sebaiknya tunggu waktu jeda sebelum anda langsung mandi, jangan langsung mandi. Sebab ketika anda berolahraga, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya untuk memompa darah dengan cepat ke seluruh organ. Hal tersebut menyebabkan suhu tubuh anda langsung meningkat drastis.

Dan jika anda langsung mandi bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan resiko rentan terhadap berbagai macam penyakit terutama serangan jantrung. Disarankan untuk memberi waktu agar kondisi tubuh atau suhu tubuh dan detak jantung kembali normal barulah mandi.

4. Hindari makanan tinggi lemak



Ketika anda berolahraga tubuh merubah segala jenis lemak yang ada pada tubuh untuk dijadikan sebagai energi, hal ini lah yang mengakibatkan perut menjadi kosong dan kita merasa lapar ketika setelah berolahraga. Dan setelah itu mindset kita pun akan menyuruh kita untuk makan, hal ini boleh dilakukan namun dengan jeda antara 15-30 menit setelah kita berolahraga, untuk menunggu selama waktu jeda itu lebih baik kita minum air mineral guna mengisi perut.

Dan ketika telah mencapai waktu jeda barulah itu waktu yang baik untuk kita makan, namun jangan asal makan ya, hindari makan makanan yang tinggi lemak setelah anda berolahraga. Karena makanan tinggi lemak akan memperlambat kerja pencernaan yang ada dalam tubuh kemudian hal tersebut berakibat metabolisme dalam tubuh anda juga lambat. Efeknya seringkali dirasakan setelah anda berolahraga lalu anda makan makanan tinggi lemak dan anda akan merasakan lemas.



Belum ada Komentar untuk "Hal yang dilarang setelah berolahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel