atmojo

Keunggulan mobil listrik

Keunggulan mobil listrik

Pesatnya perkembangan teknologi pada dunia otomotif sangatlah terasa didunia ini, itu semua dilakukan demi menekan tingkat eksploitasi minyak bumi dan juga berperan dalam menanggulangi panas bumi global warming. Bentuk dari perkembangan teknologi pada dunia otomotif untuk mewujudkan itu semua yakni diciptakannya Mobil Listrik. Dan untuk negara kita sendiri Negara Republik Indonesia telah menyambut hangat teknologi terbarukan pada kendaraan ini.

Mobil listrik merupakan suatu kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya, berbeda dengan mobil mobil pada umumnya yang menggunakan mesin pembakaran dalam dimana mesin tersebut menggunakan bahan bakar minyak sebagai bahan bakarnya agar dapat menghasilkan tenaga, pada mobil listrik yang menggunakan motor listrik sebagai mesinnya tidak lah menggunakan bahan bakar minyak, melainkan listrik sebagai bahan bakarnya.

Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dari mobil listrik :

1. Suara

Suara dari mesin suatu kendaraan biasanya dapat kita dengarkan dengan telinga telanjang atau suara tersebut bisa dimodifikasi dengan mengubah sistem gas buangnya yakni knalpot, namun itu semua tidak berlaku pada mobil listrik.

Mobil listrik di gerakan dengan motor listrik dimana terjadinya putaran motor listrik tersebut untuk menghasilkan suatu tenaga hanya sediki (tidak bising) atau bisa dikatakan tidak menimbulkan bunyi. Sangat berbeda dengan mesin pembakaran dalam yang menggunakan bahan bakar minyak.

Mesin pembakaran dalam dalam proses kerjanya yang melibatkan campuran udara dan minyak untuk dibakar dengan busi atau kompresi yang tinggi pasti menimbulkan suara atas pembakaran yang terjadi. Dibalik tidak adanya suara dari mobil listrik ada kekurangannya juga, yakni membahayakan pengguna jalan lainnya atau pejalan kaki. Karena pengguna jalan lain tidak menyadari kalau ada mobil listrik yang mendekat atau hendak menabrak.

Namun di samping itu, perkembangan terus dilakukan oleh produsen produsen mobil listrik. Salah satunya yakni menciptakan suara knalpot buatan untuk produk mobil listriknya yang tak lain juga untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh hal tersebut.

2. Hemat perawatan

Sesuai dengan spesifikasinya yang di gerakan oleh motor listrik jadi pada mesin mobil listrik tidaklah menggunakan piston/torak seperti halnya mesin bensin dan solar yang menggunakan piston dan selalu bergesekan dengan silinder mesin.

Seperti yang telah diketahui bahwa mesin pembakaran dalam baik bensin ataupun solar pasti menggunakan piston atau torak untuk mengkompresikan bahan bakar dan udara agar terciptanya gaya gerak dimana pada piston atau torak tersebut memerlukan perawatan yang rutin guna menunjang usia pakainya yang lama, karena pada mesin konvensional (bensin dan solar) piston atau torak selalu bergesekan dengan dinding silinder selama proses kerjanya.

Salah satu perawatannya yakni rutin untuk mengganti pelumas atau oli mesin. Berbeda dengan mobil listrik yang menggunakan motor listrik sebagai sistem terciptanya gaya gerak pada mobil ini, dimana motor listrik tidaklah memerlukan yang namanya pelumas atau oli, jadi tak perlu adanya pergantian pelumas mesin.

3. Futuristik

Kecanggihan yang dimiliki mobil listrik tak hanya terdapat pada sektor mesinnya saja. Pada mobil listrik juga terdapat suatu fitur yang bisa dikatakan sebagai fitur keselamatan berkendara, fitur yang dimaksud yaitu ITS "Intelligent Transport System" sistem yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan pengendara dan kendaraannya.

ITS (Intelligent Transport System) merupakan sistem yang dapat memperlambat laju atau kecepatan kendaraan secara otomatis ketika hendak menabrak sesuatu yang ada didepannya, sistem cerdas ini sendiri merupakan satu satunya sistem yang hanya terdapat pada mobil listrik dan menjadikan sistem keselamatan terbaik.

4. Ramah lingkungan

Semakin memburuknya pemanasan global pada masa yang sekarang ini tentu sangat berdampak buruk baik bumi dan secara tidak langsung juga berefek negatif terhadap kelangsungan hidup manusia yang sebagai penghuni bumi. Hal tersebut selalu diperhatikan oleh produsen produsen kendaraan agar mampu menciptakan suatu kendaraan yang minim gas buang atau memiliki efisiensi yang tinggi terhadap SDA guna menjaga ekosistem bumi.

Oleh sebab itu Mobil listrik merupakan satu satunya kendaraan bermesin yang sangat ramah lingkungan, kenapa tidak? Dibuat dengan motor listrik sebagai dapur pacunya yang sama sekali tidak menimbulkan gas buang (CO2) yang berbahaya dan juga tidak menggunakan bahan bakar minyak sebagai bahan bakarnya. Sebab itu lah mobil listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil bermesin yang menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya.

5. Bahan bakar

Karena dituntut untuk menekan eksploitasi SDA dan selalu ikut untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat maka mobil listrik diciptakan menggunakan baterai sebagai media penyimpanan bahan bakarnya yaitu listrik. Ketika daya listrik sudah habis dapat diisi ulang kembali layaknya mobil bensin dan solar pada tempat yang telah disediakan atau terminal terminal pengisian listrik dan pengisian daya listrik baterai juga dapat dilakukan dirumah menggunakan kabel yang telah tersedia, tapi pastikan daya listrik rumah anda mampu untuk mengisi baterai mobil listrik ya, karena minimal daya listrik yang dibutuhkan yaitu 4.000 watt untuk bisa mengisi daya baterainya.

Perputaran motor listrik gaya gerak yang dihasilkan untuk menggerakan roda juga digunakan untuk menghasilkan listrik kembali guna mengisi ulang daya yang telah dikeluarkan pada baterai.

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan mobil listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel