atmojo

Manfaat berenang bagi kesehatan

Manfaat berenang bagi kesehatan

Hampir semua orang pasti paham tentang berenang, aktifitas yang menggerakan anggota badan secara beraturan yang bertujuan untuk memindahkan posisi badan menuju ke tempat lainnya yang mana hal itu semua dilakukan di dalam air, baik di kolam, sungai dan lainnya.

Untuk sebagian orang berenang mungkin merupakan aktivitas yang susah karena mungkin saat berenang di dalam air proses mengambil dan membuang nafas dan teknik dasar yang dianggap susah, dengan kita belajar berenang tentu hal tersebut menjadi tidak lagi masalah.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam teknik berenang?, dalam berenang terdapat teknik dasar yang harus diperhatikan yaitu teknik pernafasan, teknik meluncur dan teknik mengapung, jika anda telah menguasai ketiga teknik dasar tersebut dijamin anda bisa dengan lancar lakukan olahraga air tersebut.

Saat berenang membuang nafas melalui hidung dan mengambil nafas bisa melalui hidung maupun mulut ketika kepala sudah berada di atas permukaan air yang kemudian kembali menyelam untuk beberapa waktu, di saat inilah perenang biasanya membuang nafas dan kembali lagi ke permukaan untuk mengambil nafas.

Sedangkan dengan teknik meluncur ialah teknik awalan ketika anda mulai turun ke dalam air dengan bantuan gaya dorong yang bisa dilakukan dengan meloncat kedepan, kemudian teknik mengapung ialah teknik memberikan gerakan tangan dan kaki dengan bergantian dan beraturan agar badan dapat tetap terapung.

Pada zaman sekarang berenang telah menjadi aktivitas untuk rekreasi, olahraga bahkan perlombaan yang biasanya dilaksanakan pada kolam yang luas dan dilakukan dengan mengenakan pakaian khusus renang yang terbuat dari bahan nilon, spandex dan lycra.

Alasan kenapa kita harus mengenakan pakaian khusus renang yaitu agar dapat mempermudah gerakan tubuh selama berenang dan tidak menghambat pergerakan, karena jika menggunakan baju biasa tentu memiliki ruang yang dapat membatasi gerak serta menghambat gerak tubuh di dalam air.

Ketika anda memiliki niat untuk melakukan atau belajar berenang maka anda akan mendapatkan banyak manfaat baik untuk kesehatan anda, dan berikut ini adalah manfaat baik renang untuk kesehatan.

1. Membakar kalori

Jika anda merasa kelebihan berat badan lalu merasa tak nyaman dengan kondisi tersebut maka berenang bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya, ya berenang dapat membakar kalori yang ada pada tubuh anda untuk dijadikan tenaga, tercatat dengan lakukan aktifitas renang selama 60 menit lamanya dapat membakar setidaknya 600-700 kalori. Dan untuk anda yang sedang menjalankan program diet sehat cukup melakukannya selama antara 30-60 menit perhari secara rutin, hal tersebut dapat menurunkan kalori dalam tubuh secara signifikan.

2. Membantu mengatasi penyakit paru paru

Sadarkah anda ketika berenang atau ketika anda berada di dalam air, anda merasa berbeda ketika bernafas hal itu terasa seperti sesak nafas?, Ya itu memang benar karena ketika anda berada dalam air atau ketika berenang paru paru seakan seperti dibatasi dalam proses bekerjanya, jika anda rutin berenang setiap hari dapat meningkatkan kapasitas paru paru selain itu anda juga tidak sadar telah mengendalikan kerja paru paru, efeknya sangatlah baik terutama bagi penderita penyakit Asma.

Namun tidak dianjurkan bagi penderita asma untuk berenang terlalu lama atau tidak dianjurkan terlalu lama didalam air kolam renang, sebab dalam air kolam renang terkandung desinfektan yang dinilai kurang baik bagi penderita penyakit tersebut.

3. Baik untuk penderita diabetes

Bagi anda yang memiliki riwayat tinggi gula darah atau biasa disebut dengan diabetes lalu bingung memilih jenis olahraga apa yang cocok untuk kondisi tersebut, maka jawabannya adalah Berenang. Sebab ketika berenang, tubuh telah berhasil menjaga gula darah. Hal tersebut disebabkan karena berenang dapat meningkatkan kebugaran serta menguatkan semua otot yang ada pada tubuh, tanpa anda sadari hal tersebut mampu membuat tubuh menyerap kadar oksigen dan nutrisi menuju ke sel sel otot yang tentu sangatlah baik bagi penderita diabetes (fluktuatif).

Hal yang lain yaitu berenang sangat baik bagi fungsi jantung, dimana penderita diabetes sangat rentan dengan masalah jantung, terus apa hubungannya dengan berenang?, Berenang mampu meningkatkan atau melancarkan sirkulasi darah yang ada pada tubuh dan efeknya dapat menekan resiko penyakit jantung.

4. Sangat baik bagi penderita radang sendi

Radang sendi merupakan peradangan yang terdapat pada satu atau beberapa sendi dalam tubuh, biasanya hal tersebut menyebabkan rasa nyeri bahkan sampai pembengkakan yang mengakibatkan pergerakan sendi menjadi terbatas, hal tersebut tentu sangat mengganggu penderitanya untuk beraktifitas terlebih aktifitas atau olahraga yang dilakukan di darat.

Oleh karena itu berenang menjadi olahraga pilihan bagi penderita radang sendi agar tetap mendapatkan manfaat dari olahraga yang tak lain membuat tubuh tetap bugar dan sehat tanpa merasakan rasa sakit dari peradangan sendi. Sebab tetap bergerak aktif lah yang mampu memberi manfaat bagi penderita radang sendi.

Lalu apa hubungannya dengan berenang?, Berenang mampu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak pada sendi tanpa memberi suatu tekanan atau beban pada sendi dan tulang belakang, hal ini dikarenakan berenang tidak menyebabkan efek gravitasi yang berlebih sehingga tubuh ditopang oleh air dengan kata lain sendi tidak menerima beban dari tubuh.

Disarankan bagi penderita radang sendi untuk berenang dalam air hangat (28-31°C) untuk mempercepat proses penyembuhannya.

5. Mampu melatih seluruh otot tubuh

Agar tubuh tetap mengapung dan mampu bergerak kesana kemari didalam air tentu perlu menggerakan seluruh anggota tubuh secara beraturan dan tetap tenang tentunya agar tidak tenggelam. Ketika berenang hampir seluruh otot tubuh digunakan untuk melakukan suatu pergerakan, mulai dari lengan, kaki, leher, bahkan perut.

Oleh sebab itu olahraga berenang merupakan salah satu olahraga yang populer karena manfaatnya untuk otot tubuh yang mengharuskan seluruh otot yang ada pada tubuh untuk bergerak.

6. Olahraga aman bagi Bumil

Bagi sebagian perempuan yang sedang hamil tentu ingin tetap menjalankan yang namanya olahraga walaupun olahraga yang ringan itu harus tetap dijalankan agar tetap mendapatkan kebugaran jasmani dan mencegah calon bayi dari penyakit kronis sat besar nanti. Namun hal tersebut terbilang cukup sulit untuk ibu hamil, kenapa?? Jangankan berdiri atau jalan kaki, ketika beristirahat atau tidur pun terasa sulit karena sering mengalami pegal pada bagian sendi dan otot bagian belakang.

Karenanya berenang merupakan olahraga yang cocok untuk ibu yang sedang hamil, sebab berenang merupakan olahraga yang tidak memberatkan persendian tubuh dan juga otot tulang belakang serta berenang juga merupakan olahraga yang minim dari resiko terjatuh karena keseimbangan tubuh ketika hamil dan efek baik lainnya yaitu mempermudah tidur atau membuat tidur lebih nyenyak. Jenis gaya renang yang cocok untuk ibu hamil yaitu gaya punggung terutama ketika telah memasuki kehamilan pada trimester dua, karena badan sudah mulai membesar.

Namun disarankan untuk tidak melakukan olahraga renang ketika mengalami tanda tanda berikut ketika hamil ;

• kontraksi
• pendarahan
• detak jantung tidak teratur
• nyeri perut
• dan sulit bernafas

Demikian informasi dari saya tentang manfaat dari olahraga renang, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat berenang bagi kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel