atmojo

Resep mudah membuat bolu kukus pelangi atau kue pelangi

Resep mudah membuat bolu kukus pelangi atau kue pelangi

Sebagian besar masyarakat mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti kenal dengan kue pelangi ini. Rata-rata dari mereka sebelum menyukai rasa yang enak dari kue ini adalah karena mereka tertarik dengan warna yang dimiliki kue ini. 

Rainbow cake, ya begitulah sebutan international dari kue yanng satu ini atau dengan sebutan lokal khas Indonesia yakni bolu kukus pelangi. Kue unik ini merupakan kue yang memiliki banyak warna yang sangat menarik setiap orang yang melihatnya, bisanya kue ini dibuat untuk acara ulang tahun ataupun untuk acara lainnya.

Sedikit cerita tentang Rainbow cake atau bolu kukus pelangi yakni pertama kali dibuat oleh seorang mahasiswi asal Amerika Serikat bernama Kaitlin Flanerry, motif awal Kaitlin membuat kue pelangi ini adalah untuk teman sekampusnya yang hendak pindah ke daerah lain untuk waktu yang lama, teman Kaitlin tersebut memiliki kesukaan tersendiri pada pelangi dan salah satu buah sitrus yakni lemon.

Maka dari itu Kaitlin mulai memiliki ide untuk membuat kesan yang tak terlupakan pada temannya tersebut dengan membuatkan salah satu makanan dessert dengan motif (pelangi) yang merupakan salah satu kesukaan temannya tersebut.

Begitulah sejarah singkat dari kue pelangi yang sekarang menjadi kue populer di berbagai acara. Bolu kukus pelangi ini sangat mudah ditemui di toko-toko kue pada umumnya jika Anda menginginkannya, namun Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep sebagai berikut.

Resep membuat bolu kukus pelangi atau kue pelangi:

Bahan dasar

  • 250 gram tepung terigu
  • 3 butir telur utuh
  • 30 gram madu
  • 60 ml susu cair UHT
  • 200 ml air
  • 200 gram gula pasir halus
  • 50ml salad oil/minyak sayur
  • 1 sendok teh vanilli
  • Pewarna makanan (sesuaikan sesuai dengan warna-warna kesukaan Anda)
  • 1 sendok teh cake emulsifier (misal ovalet sp) dan pewarna makanan secukupnya.

Cara membuat bolu kukus pelangi:

1. Langkah pertama, masukan 3 telur, madu, cake emulsifier dan gula pasir ke dalam mangkuk mixer.

2. Langkah kedua yakni kocok semua bahan pada langkah pertama menggunakan mixer sampai menjadi adonan mengembang dan berwarna putih.

3. Langkah ketiga setelah adonan mengembang dan berwarna putih aduk kembali namun dengan kecepatan tinggi dan tambahkan 200ml air bersama 60ml susu UHT.

4. Langkah selanjutnya setelah menambahkan air dan susu lalu kocok kembali dengan kecepatan sedang sambil menambahkan 250 gram tepung terigu.

5. Setelah menambahkan tepung terigu, kemudian tambahkan 1 sendok teh vanilli lalu ratakan sampai merata. Jika sudah selanjutnya yakni tambahkan 50ml minyak sayur dan aduk kembali sampai merata.

6. Jika adonan kue sudah jadi dan sudah siap, langkah berikutnya yaitu siapkan satu atau dua atau tiga wadah (sesuai berapa banyak pewarna makanan) untuk membuat adonan dengan warna yang berbeda-beda.

7. Beri masing-masing wadah dengan adonan kue yang sudah siap lalu beri pewarna makanan yang berbeda-beda pada tiap-tiap wadah.

8. Tuang satu adonan yang telah diberi pewarna ke loyang pengukusan lalu ratakan kemudian kukus adonan warna yang pertama selama 5 menit. lalu tuangkan adonan warna yang kedua di atas adonan yang pertama kemudian ratakan dan kukus kembali selama 5 menit.

9. Setelah dua adonan warna sudah jadi lalu tuangkan lagi adonan warna yang ketiga di atas adonan yang kedua, seterusnya sesuai dengan berapa banyak adonan warna yang Anda buat sampai adonan yang terakhir, lalu kukus kembali sampai matang.

10. Dan langkah yang terakhir setelah bolu kukus pelangi sudah jadi yakni angkat lalu Anda bisa memberi hiasan di atasnya dengan topping sesuai selera, bisa menggunakan butter cream lalu tambahkan parutan keju, buah dan sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "Resep mudah membuat bolu kukus pelangi atau kue pelangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel