atmojo

Tips agar berpuasa lancar

Tips agar berpuasa lancar

Puasa merupakan suatu aktivitas membatasi nafsu makan dan minum untuk batas waktu tertentu, namun pada umumnya atau pada bulan suci Ramadan bagi umat muslim puasa wajib dilakukan dan dijalankan selama lebih dari 12 jam selama 28-30 haru, mulai dari waktu imsyak menjelang subuh di pagi hari sampai waktu Maghrib atau waktu berbuka.

Dalam menjalankan puasa kita diwajibkan untuk menahan lapar, haus dan segala perbuatan jahat atau buruk lainnya agar mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT. Menahan lapar, haus dan perbuatan jahat selama lebih dari 12 jam tentu membuat kita lelah, lemas dan capek apa lagi sambil bekerja tentu tubuh kita memerlukan sekali asupan saat itu juga. Semua rasa haus, lapar dll harus kita tahan sampai waktu berbuka telah tiba, dan berikut ini adalah tips untuk membuat puasa anda lancar sepanjang hari:

1. Sering minum air putih saat malam

Pada waktu malam sebelum besoknya kita menjalankan puasa, disarankan untuk sering minum air putih sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan mineral dan cairan kita di saat menjalankan puasa esok harinya. Dan metode ini juga berguna untuk mengembalikan cairan atau mineral tubuh yang hilang setelah menjalankan puasa. Idealnya minum air putih maksimal 8 gelas pada waktu malam.

2. Tidur malam yang cukup

Kemudian yaitu pada waktu malam disarankan untuk beristirahat atau tidur yang cukup, minimal 6 jam untuk menstabilkan kondisi tubuh dan mengistirahatkan organ organ tubuh agar kuat dan tidak mengantuk saat menjalankan puasa di keesokan harinya.

Sebab ketika anda menjalankan puasa, anda harus bangun di waktu fajar sekitar jam 3 sampai subuh untuk makan sahur agar puasa anda lancar dan tidak merasa lapar atau haus yang berlebih.

3. Makan sahur yang sehat

Sebelum memulai puasa pasti kita makan dan minum terlebih dahulu pada waktu sahur diwaktu fajar atau sebelum subuh, pastikan apa yang kita konsumsi saat sahur itu berkualitas serta mengandung banyak serat, nutrisi dll seperti sayur dan buah serta vitamin dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup, jangan terlalu banyak karena jika konsumsi sahur kita terlalu berlebihan maka akan membuat tubuh kita kerepotan untuk mencernanya dan mengakibatkan lemas.

Ketika kita mengkonsumsi asupan yang baik tersebut dengan cukup atau tidak berlebihan, tubuh kita lebih merasa fit, sebab sistem pencernaan dan metabolisme tubuh kita lancar ketika memproses asupan tersebut. Dan disarankan agar lebih baik lagi untuk banyak minum air putih setelah sahur, agar kebutuhan cairan kita tetap tercukupi di saat berpuasa nanti.

4. Jangan tidur setelah makan sahur

Setelah makan sahur dengan cukup tak menutup kemungkinan tubuh kita bisa mengantuk, namun jika sudah begitu jangan tidur. Karena jika anda tidur maka itu hanya akan membuat tubuh menjadi tidak berenergi atau lemas dan menjadi lebih haus ketika bangun tidur.

Sebab kita tak sadar ketika tidur kita bernafas mungkin dibantu dengan mulut, hal tersebut yang mengakibatkan kerongkongan menjadi kering, serta berkeringat ketika tidur sehingga anda merasa dehidrasi ketika bangun tidur. Waktu berbuka masih lama tapi kita sudah merasa haus. Huuh..

5. Olahraga ringan

Ketika anda berpuasa bukan berarti aktivitas yang lain harus dijalankan dengan tidak semangat yah. Selama berpuasa segala aktivitas atau rutinitas seperti hari hari biasanya juga harus tetap jalan dengan maksimal, seperti bekerja atau berolah raga. Olahraga tentu rutinitas yang harus selalu diterapkan untuk menciptakan kebugaran tubuh yang sehat.

Namun ketika anda menginginkan puasa anda tetap lancar dan tidak kelelahan, disarankan untuk berolahraga secukupnya saja atau olahraga yang ringan ringan saja. Karena kita tahu olahraga merupakan aktifitas yang cepat menguras kalori serta cairan dalam tubuh yang menimbulkan rasa capek atau haus.

Maka dari itu ketika anda berpuasa menjalankan olahraga tentu boleh namun ubah olahraga anda menjadi olahraga yang ringan agar cairan dalam tubuh anda tidak terkuras habis dan tidak cepat merasa lelah serta haus.

6. Berbuka dengan makan atau minum yang manis

Dan jika waktu sore telah datang tentu itu adalah waktu dimana ujung dari puasa pada hari itu akan kita akhiri, yaitu dengan berbuka. Waktu berbuka puasa ialah waktu dimana kita boleh makan atau minum untuk membatalkan puasa kita selama seharian, dan waktu berbuka yakni di waktu Maghrib.

Sebelum berbuka tak menutup kemungkinan kita merasa sangat haus ataupun lapar sehingga membuat kita merasa ingin minum dan makan dengan banyak di waktu berbuka nanti. Namun itu semua adalah tindakan yang salah, jangan konsumsi terlalu banyak makanan dan minuman, karena itu bisa membuat tubuh kita kaget setelah seharian menahan lapar dan haus.

Berbuka puasa yang baik untuk tubuh yaitu berbuka dengan makanan atau minuman yang manis dan hangat serta dalam porsi yang sedikit saja. Dalam porsi yang sedikit itu sebenarnya sudah cukup untuk mengembalikan energi dan cairan tubuh kita setelah seharian berpuasa.

Tak lupa juga disarankan ketika berbuka untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat seperti buah dan sayuran serta air putih.


Demikian informasi dari saya tentang tips agar puasa lancar seharian, semoga kita selalu mendapatkan berkah atas ibadah yang kita jalankan dari dan untuk Allah SWT, amin. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips agar berpuasa lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel