atmojo

Tips merawat kamera digital

Tips merawat kamera digital

Ketika musim liburan telah tiba pasti banyak orang yang sangat senang setelah kedatangannya, banyak beberapa orang yang memanfaatkan musim liburan mereka dengan bermain dirumah, berpesta dan ada banyak juga beberapa orang yang memilih untuk memanfaatkan waktu libur untuk berlibur keluar rumah atau keluar kota bahkan keluar negeri.

Ketika berlibur diluar rumah pasti destinasi yang dipilih anda dan keluarga anda ialah tempat wisata yang mempunyai berbagai keindahan alam yang mempesona dan memiliki beberapa spot indah yang sayang untuk dilewati begitu saja, maka dari itu banyak dari beberapa orang yang pergi berlibur dengan membawa kamera untuk mengambil gambar maupun video dimanapun mereka pergi.

Kamera yang biasa dibawa untuk berlibur salah satunya yaitu kamera digital. Kamera digital merupakan sebuah perangkat elektronik yang diciptakan untuk menggambarkan keadaan sekitar dalam bentuk format digital yang kemudian format tersebut disimpan ke dalam memori atau penyimpanan digital. Pada era modern kamera tidak hanya untuk mengambil gambar melainkan bisa digunakan untuk merekam video.

Nah bagi anda yang memiliki perangkat elektronik ini dan menginginkan agar kamera anda tetap awet, maka tak ada salahnya anda membaca rangkuman artikel ini. Dan berikut adalah tips untuk merawat kamera digital yang anda miliki:

1. Lindungi LCD kamera


Tips merawat kamera digital

Kamera digital merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen pendukung salah satunya yaitu layar LCD yang berfungsi sebagai layar pengatur setelan atau fitur kamera dan untuk melihat hasil bidikan atau objek yang hendak ditangkap.

Layar LCD kamera tak berbeda dengan layar LCD handphone atau layar yang lainnya, layar LCD ini bisa juga mengalami kerusakan akibat gores karena masa pemakaian atau hal hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh maupun gores dengan benda yang lainnya. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya kita untuk berhati hati dalam menggunakan perangkat elektronik ini.

Berikutnya untuk meminimalisir terjadinya gores pada layar LCD yakni menggunakan lapisan pelindung layar (screen guard) yang banyak dijual dipasar atau toko toko perangkat elektronik lainnya, bisa berupa plastik maupun kaca. Pelindung kaca ini mampu melindungi layar LCD kamera anda tetap bersih dan aman dari goresan, debu atau kotoran yang lainnya.

2. Gunakan tas khusus


Tips merawat kamera digital

Perangkat elektronik memang perangkat yang merupakan perangkat sensitif terhadap segala apapun, sebab jika ada hal kecil pun dari luar yang masuk ke dalam perangkat ini akan bisa mempengaruhi kamera atau ketika kamera terbentur dengan benda lain dan bisa juga berbenturan dengan komponen kamera yang lainnya ketika dibawa dengan tidak berhati hati.

Sebagai contoh disini yaitu kamera digital selalu menggunakan beberapa komponen pendukung lainnya untuk menghasilkan gambar atau video yang sempurna komponen komponen tersebut antara lain seperti lensa kamera, baterai, lampu flash dll. Semua komponen tersebut biasanya disimpan dan dibawa menjadi satu dalam sebuah wadah atau tempat yang lainnya, dan itu bisa memungkinkan untuk berbenturan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.

Nah untuk menghindari benturan secara langsung dan dapat meminimalisir kerusakan akibat benturan benturan tersebut, disarankan untuk menggunakan tas khusus kamera, sebab tas khusus ini diciptakan khusus untuk membawa kamera agar terlindung dari debu, benturan dll. Pilih dan gunakanlah tas kamera khusus yang memiliki kualitas tinggi atau bisa juga menggunakan tas kamera bawaan dari produk kamera yang anda beli.

3. Bersihkan lensa kamera secara rutin


Tips merawat kamera digital

Komponen vital dari kamera digital yakni lensa bisa disebut juga lensa kamera yakni sebagai mata dari perangkat elektronik ini. Komponen vital pada kamera digital ini berfungsi sebagai pengatur atau memfokuskan cahaya hingga penangkap film, satu komponen lensa terdiri dari beberapa lensa yang bisa diatur sehingga dapat menghasilkan ukuran tangkapan objek (zoom in/zoom out) serta beberapa variasi fokus (blur).

Para pengguna kamera digital yang menggunakan lensa fotografi pasti sering menggerakan tangannya untuk memutar bagian ujung dari lensa kameranya?, Ya, pada ujung lensa kamera digital fotografi terdapat beberapa cincin, biasanya terdapat 3 buah cincin yang masing masing memiliki fungsi berbeda ketika diputar.

Yang pertama yaitu ada cincin panjang pendek fokus, kemudian yang kedua yakni cincin diafragma (pengatur cahaya masuk) dan yang terakhir yaitu cincin fokus objek. Kemudian yaitu ada kaca optik lensa yang terletak pada bagian ujung. Bagian lensa kamera juga kerap tertempel oleh debu atau kotoran yang harus secara rutin harus dibersihkan untuk merawat lensa kamera. berikut ini adalah beberapa alat khusus untuk membersihkan bagian bagian dari lensa kamera antara lain :

Blower

membersihkan debu kecil yang terdapat pada sela sela bodi lensa atau kaca optik lensa, dengan angin atau udara yang di pompa dan di semprotkannya.

Tissue Lens 

lensa tisu khusus untuk membersihkan kaca optik lensa kamera, gunakan lensa tisu dengan searah jarum jam dan jangan gunakan dengan menekan terlalu keras (gunakan secara lembut).

Kain micro fiber & cairan pembersih khusus

Gunakan kain micro fiber untuk mengelap lensa kamera dan cairan pembersih khusus untuk membasahi kain micro fiber agar lensa kamera bisa bersih optimal. (Jangan semprotkan cairan pembersih khusus secara langsung ke bagian kaca optik atau bodi lensa)

Swab Kit

Alat yang menyerupai kuas ini berfungsi sebagai pembersih sensor kamera yang terletak dibelakang lensa kamera. (Gunakan swab kit secara perlahan dan halus dan hati hati agar sensor kamera tidak tergores)

Lenspen

Alat ini merupakan alat yang menyerupai pulpen dengan bulu bulu lembut di dua sisinya yang berfungsi sebagai pembersih debu atau sidik jari dan bercak bercak air yang menempel pada lensa kamera.

4. Rawat baterai kamera


Tips merawat kamera digital

Yang namanya perangkat elektronik pasti memerlukan sebuah daya listrik untuk menghidupkan dan menggunakannya, kamera digital juga memiliki baterai khusus untuk menyimpan daya listrik guna menghidupkannya. Jangan sampai ketika anda berada ditempat yang sungguh menarik untuk diabadikan kedalam kamera, namun kamera anda mati karena kehabisan daya baterai.

Baterai habis memang cukup normal karena mungkin masa penggunaannya yang terus menerus, namun ketika daya baterai kamera habis dengan tidak wajar atau normal itu mungkin saja baterai kamera telah rusak dan perlu diganti. Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baterai kamera maka anda perlu merawatnya, nah berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat baterai kamera digital :

• Lepas baterai pada kamera ketika tidak digunakan atau segera lepas baterai dari charger ketika daya sudah terisi.

• Simpan baterai pada suhu ruangan yang normal (15-25°C)

• Gunakan charger asli baterai.

• Jangan lakukan over charge atau membiarkan baterai terisi penuh ketika charging.

Baterai biasanya akan mengalami penurunan daya yang drastis atau sudah abnormal ketika telah mengalami charging sebanyak banyaknya yakni 500 kali, setelah itu baterai harus diganti dengan yang baru.

5. Gunakan Dry box untuk menyimpan kamera


Tips merawat kamera digital

Ketika anda pulang ke rumah dari aktifitas berfoto hal selanjutnya agar kamera anda tetap terawat dan awet yaitu menyimpannya di tempat yang aman untuk kamera seperti tempat yang tidak berdebu serta tidak lembab. Lalu jika memang kondisi lingkungan atau rumah anda memang banyak debu atau memiliki suhu ruangan yang lembab, anda tetap bisa menjaga kamera anda dari hal hal tersebut dengan menyimpannya ke dalam dry box.

Dry box merupakan sebuah kotak khusus dengan memiliki ukuran atau volume muatan tertentu yang berfungsi untuk menghindari kamera atau perangkat kamera anda dari debu atau kelembapan udara yang dapat merusak kamera anda. Alat ini telah banyak digunakan bagi banyak orang yang memiliki kamera digital guna melindungi kameranya.

Tips saat memilih dry box yaitu pilih yang memiliki kualitas tinggi serta ukuran atau volume yang cukup untuk menyimpan kamera serta komponen komponennya agar semuanya dapat masuk ke dalam dry box.

Belum ada Komentar untuk "Tips merawat kamera digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel