atmojo

Cara merawat sepatu biar awet.

Tips merawat sepatu

Sebagian besar manusia di dunia ketika berjalan dijalan manapun memerlukan sebuah atau sepasang alas kaki untuk melindungi kakinya dari permukaan jalan, salah satu alas kaki yang paling umum digunakan yaitu sepatu.

Sepatu merupakan alas kaki yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya ada sol, hak, tali, dan kap maupun lidah yang dijadikan satu dengan kulit atau kanvas untuk membungkus bagian kaki mulai dari jari kaki sampai bagian tumit kaki.

Sama halnya dengan sendal, sepatu pun memiliki fungsi yang sama yakni melindungi bagian kaki dari kotoran, debu maupun batu batuan kecil dari permukaan jalan, namun sepatu melindungi kaki dengan lebih optimal dibandingkan dengan alas kaki yang lainnya seperti sendal.

Sepatu terdiri dari beberapa tipe atau jenis sesuai dengan kegunaan spesifiknya seperti :

  • Sepatu olahraga
  • Sepatu pesta
  • Sepatu kasual
  • Sepatu safety
  • Sepatu minimalis
Jika anda memiliki sepasang atau lebih sepatu yang digunakan untuk menjalani aktivitas setiap harinya, lama kelamaan pasti mengalami penurunan kualitas bahkan sampai akhirnya rusak, dan berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat sepatu agar bisa lebih awet atau tahan lama.

  • Bersihkan sepatu secara rutin

Banyaknya debu yang menempel pada sepatu dapat merusak penampilan atau kebersihan sepatu, jika dibiarkan begitu saja juga dapat merusak bahan sepatu itu sendiri. Maka bersihkan sepatu secara berkala dengan lap kering ketika terlihat kotor oleh debu.

  • Cuci sepatu

Mencuci sepatu juga perlu dilakukan untuk memastikan kebersihan dari kotoran maupun bakteri sepatu sampai di celah-celah, namun ketika mencuci sepatu ada hal yang harus diperhatikan.
  1. Jangan rendam sepatu terlalu lama, karena sepatu yang terlalu lama di rendam di dalam air akan mengalami penurunan kualitas lem.
  2. Jangan cuci sepatu dengan mesin cuci, sebab mencuci sepatu dengan mesin cuci dapat menyebabkan sepatu berkerut dan juga lem yang akan cepat lepas bahkan kerusakan permanen.
  3. Gunakan air hangat untuk membersihkan sepatu dan jenis deterjen yang cair.
Jika kotoran yang susah dibersihkan menempel pada sepatu sebenarnya bisa dihilangkan dengan air hangat dan deterjen tanpa harus mencuci seluruh bagian sepatu, dan jangan terlalu sering mencuci sepatu sebab semakin sering sepatu terendam air semakin cepat juga penurunan kualitasnya.

  • Penggunaan

Dalam memakai sepatu juga ada hal yang perlu diperhatikan, tidak cuma asal pakai saja agar sepatu bisa lebih awet yaitu gunakan sepatu sesuai dengan jenis atau tipe, contoh Sepatu casual, merupakan Sepatu santai dan jika di pakai untuk kegiatan atau aktivitas berat seperti olahraga tentu akan cepat rusak.

Berikutnya yaitu jangan hanya gunakan sepasang sepatu untuk digunakan atau pemakaian setiap hari, sebaiknya memiliki sepatu yang lain untuk pergantian berkala.

Selain itu penggunaan yang lainnya yaitu biasakan kaki selalu kering ketika memakai sepatu untuk mencegah kelembapan dalam sepatu selama pemakaian yang dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri, sehingga tercipta bau yang tidak enak.

  • Penyimpanan

Berikutnya yakni tempat penyimpanan sepatu yang baik. Tempat penyimpanan sepatu yang baik yaitu pada rak sepatu lalu hindari penempatan rak sepatu di tempat yang lembab untuk mencegah perkembangan bakteri. Dengan menggunakan rak sepatu, tata letak akan lebih rapih dan sepatu pun bisa lebih awet.

Sebab jika tidak menggunakan rak sepatu, atau menempatkan sepatu secara asal seperti bertumpuk dengan sepatu yang lain itu adalah suatu hal yang salah karena penumpukan sepatu dapat merusak bentuk fisik sepatu, terlebih jika sepatu jenis kain.

Dan kalau terpaksa menyimpan bukan di rak sepatu sebaiknya simpan di dalam kardus atau box dan beri silica gel untuk menjaga kelembapan dalam box.

Belum ada Komentar untuk "Cara merawat sepatu biar awet."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel