atmojo

Hewan imut lucu Chinchilla dan cara merawatnya

Hewan imut lucu Chinchilla dan cara merawatnya

Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu kebutuhan atau hobi tersendiri bagi beberapa orang, terlebih jika hewan yang dipelihara merupakan hewan yang pintar, menggemaskan dan memiliki bulu halus yang sangat membuat nyaman ketika hewan tersebut di pegang.

Hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, anjing dan lainnya merupakan hewan lucu yang memiliki bulu halus yang biasa dipelihara oleh kebanyakan orang, namun tahukah anda bahwa ada hewan lain yang tak kalah bikin gemas dan memiliki bulu yang jauh lebih halus dibandingkan hewan hewan seperti kucing, kelinci dll.

Hewan tersebut ialah Chinchilla, hewan pengerat ini merupakan hewan yang berasal dari pegunungan di Amerika Selatan yakni pegunungan Andes. Hewan yang dapat bertahan hidup selama 20 tahun ini memiliki kesamaan seperti hamster, dan mulai populer dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu, gempal serta memiliki bulu yang halus.

Bahkan bulu yang dimiliki Chincilla ini di klaim sebagai bulu paling halus didunia, 30 kali lebih halus dari rambut manusia dengan pertumbuhan bulu chincilla yang mampu tumbuh sebanyak 20.000 bulu di setiap centimeter persegi kulitnya. Oleh karena kepadatan bulu yang luar biasa tersebut, hewan berbulu ini terbebas dari parasit seperti kutu.

Dan tahukah anda bahwa hewan lucu ini mulai langka pada abad ke-19 karena perburuan dan perdagangan international chincilla yang mulai berjalan pada awal tahun 1500, chincilla biasa diburu dan dimanfaatkan kulit bulunya yang digunakan sebagai pakaian, terutama suku Chinca dari pegunungan Andes yang memanfaatkan kulit Chincilla sebagai pakaian.

Hewan imut lucu Chinchilla dan cara merawatnya

Bagi anda yang hendak memelihara atau telah memelihara hewan ini sebaiknya anda perhatikan poin-poin berikut agar Chincilla dapat terawat dengan sehat dan benar. Berikut adalah cara merawat Chincilla.

  • Pemilihan kandang
Chincilla merupakan hewan pengerat yang suka melompat, jadi atur kondisi tempat tinggal chincilla layaknya tempat bermain hewan lucu ini agar ia bisa selalu aktif dan aman.

  1. Pilih kandang berukuran luas dan bertingkat yang memiliki lebih dari 1 atau 2 lantai.
  2. Gunakan alas kandang yang terbuat dari lempengan kayu pinus atau kayu aspen kering, jangan gunakan kayu jenis Aras atau jenis fenol lainnya, karena bisa mengganggu kesehatan chincilla dan dapat meracuni Chincilla bila chincilla mengerat kayu tersebut.
  3. Bersihkan kandang secara rutin dengan menggunakan air dengan suhu panas untuk menghilangkan segala jenis bakteri yang menempel. Jangan gunakan sabun atau pembersih jenis apapun.
  • Pemberian makan
Berikutnya faktor yang paling penting yaitu pemberian makan pada chincilla, hewan mungil ini merupakan jenis hewan herbivora, jadi pilih berbagai jenis tumbuhan berserat sebagai pakan. Makanan berserat sangat penting bagi kesehatan gigi chincilla dan juga sistem pencernaan.

  1. Selalu cukupi kebutuhan jerami yang berkualitas seperti jerami lokal atau jerami alfafa sebagai pakan chincilla, jangan beri jerami terlalu banyak karena bisa berdampak buruk untuk chincilla.
  2. Selain jerami, jika anda memberi pakan dengan pellet, pilih jenis pellet yang berkualitas.
  3. Hindari memberi makan buah atau sayuran yang segar maupun buah dan sayuran kering.
  4. Camilan yang baik untuk chincilla diantaranya (daun tanaman blackberry yang telah mengering, bunga mawar, gandum dan kayu kunyah).
  5. Selalu mengganti makanan (jerami) atau camilan lainnya yang telah kotor dengan rutin setiap hari.
  • Pemberian minum
Berbeda dengan hewan yang lainnya, chincilla tidak dapat melawan bakteri atau parasit yang masuk ke dalam tubuhnya, jadi untuk menjaga kesehatan hewan pengerat ini maka harus memperhatikan kualitas kebersihan apa yang ia makan dan ia minum.

  1. Gunakan air minum yang benar benar steril, disarankan selalu menggunakan air minum filtrasi untuk chincilla.
  2. Selalu mengganti air minum setiap harinya.
  • Perawatan tubuh
Chincilla merupakan tipe hewan yang suka membersihkan dirinya sendiri (mandi) untuk menghilangkan yang bulu rontok dan minyak minyak dari bulu bulunya.

  1. Gunakan media pasir atau abu vulkanik untuk pembersihan tubuh (mandi) chincilla.
  2. Selalu sediakan box berisi dengan pasir atau abu vulkanik dengan ketinggian pasir atau abu setinggi 5cm.
  • Bermain
Seperti hewan lainnya, chincilla juga merupakan hewan yang memerlukan olahraga atau hiburan seperti bermain diluar kandang agar tidak stres.

  1. Ajak bermain diluar kandang dengan memperhatikannya dari bahaya.
  2. Hindari chincilla mengerat sembarang barang, karena bisa meracuni tubuh chincilla.

Belum ada Komentar untuk "Hewan imut lucu Chinchilla dan cara merawatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel