atmojo

Cara untuk menghilangkan kantuk ketika bangun tidur pada pagi hari

Cara untuk menghilangkan kantuk ketika bangun tidur pada pagi hari

Tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh untuk mengistirahatkan organ tubuh setelah seharian menjalani aktivitas dengan rasa yang cukup melelahkan, maka dari itu manusia memerlukan istirahat untuk menghentikan organ tubuh sejenak atau beberapa waktu, salah satunya dengan tidur.

Waktu tidur atau istirahat biasanya orang lakukan pada malam hari dan terbangun di pagi hari untuk menyambut hari baru dengan kondisi tubuh kembali fit setelah mengistirahatkan tubuh semalaman. Namun beberapa kasus, mungkin karena faktor terlalu capek yang di alami seseorang atau mungkin faktor lain.

Seseorang sering mengalami susah bangun tidur di pagi hari atau selalu kesiangan atau telat, terlebih ketika seorang tersebut memiliki jadwal bekerja di pagi hari, tentu sangat merepotkan, bisa mengakibatkan hari yang buruk untuknya.

Hal demikian terjadi karena beberapa faktor di antaranya.
  1. Waktu tidur yang kurang (begadang)
  2. Kondisi tubuh yang kurang fit
  3. Merasa lelah sehingga tidurnya sangat pulas, maupun yang lainnya.
Di atas merupakan beberapa faktor pemicu seseorang tidak bisa bangun tidur pada pagi hari, kemudian ketika masih di hari biasa bekerja atau sekolah tentu hal tersebut bisa menyebabkan seseorang sering terlambat masuk kerja maupun belajar di sekolah.

Apapun resikonya atau apapun yang terjadi waktu istirahat bagi seseorang harus ia dapatkan dengan maksimal setiap harinya untuk menunjang hidupnya yang sehat. Dan berikut ini Cara untuk menghilangkan kantuk ketika bangun tidur pada pagi hari:
  • Tidur malam yang cukup

Tidur malam merupakan istirahat yang sangat penting bagi tubuh, banyak orang berkata "mulai tidur pada larut malam tidak baik bagi kesehatan tubuh", itu memang benar, apalagi kalau besoknya harus bangun lebih awal untuk bekerja ataupun kuliah.

Jika anda sering tidur larut malam namun di pagi harinya anda harus bangun, kemungkinan besar anda bisa kesiangan, kalaupun tidak kesiangan berarti waktu tidur anda berkurang atau anda pasti masih mengantuk dan ketika melakukan aktifitas bisa tidak normal karena kantuk.

Untuk itu buat tempat tidur yang nyaman, kondisikan suhu ruangan, suara suara lainnya yang mengganggu dan matikan lampu kamar atau ganti dengan lampu tidur yang lebih tenang dan redup, kemudian pastikan tidur malam anda tercukupi dengan baik, minimal 6-7 jam setiap harinya, agar terbangun di pagi hari tubuh anda fit dan siap menjalankan aktifitas.

  • Berolah raga
Ketika waktu tidur malam anda sudah cukup namun terbangun dipagi hari masih ngantuk?, Berarti anda mengalami kelainan tidur dari orang biasa yang dinamakan "Hipersomnia", kelainan ini ditandai dengan rasa kantuk yang berlebihan padahal seseorang telah beristirahat dengan cukup.

Kelainan Hipersomnia bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu.

  1. Depresi
  2. Obesitas
  3. Epilepsi
  4. Sklerosis
  5. Dan ganguan genetik lainnya (myotonic dystrophy, syndrome prader willi dan penyakit norrie)
Untuk mengatasi Hipersomnia maka harus mencegah penyebabnya yaitu pola hidup yang tidak sehat. Jadi anda bisa menjalankan olahraga rutin setiap harinya dan melakukan pola makan yang sehat juga agar beberapa penyebab Hipersomnia dapat di tuntaskan.

  • Hilangkan rasa malas
Hal ini sering terjadi pada kebanyakan orang, seseorang bisa bangun tidur kesiangan karena rasa malas yang selalu menemaninya, biasanya seseorang bisa terbangun di pagi hari namun ia merasa malas untuk memulai aktifitas dan masih memilih berdiam diri di atas tempat tidurnya.

Itu merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada kebanyakan orang. Dan untuk mengatasi hal demikian yaitu dengan menghilangkan rasa malas untuk bangun tersebut, caranya dengan menanamkan mindset bahwa "anda harus bangun harus bangun harus bangun" atau anda bisa melakukannya dengan cara mulai beraktifitas, ketika sudah terbangun lalu anda harus langsung berolah raga sebentar, baik itu lari lari kecil, lompat lompat ataupun push up atau yang lainnya.

Ketika anda langsung melakukan olahraga maka rasa malas anda atau rasa nyaman anda terhadap tempat tidur akan hilang seiring dengan mata yang mulai melek ataupun keringat tubuh yang mulai keluar karena olahraga yang anda lakukan tersebut.

  • Jangan makan sebelum tidur
Ketika perut kosong tanpa diperintahkan kita pasti akan segera makan, itu adalah proses yang alamiah atau wajar. Namun aktifitas makan perlu diperhatikan ketika anda hendak beristirahat malam atau tidur malam, sebab ketika apa yang anda makan mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi seperti sereal, Pizza, cokelat dll itu semua akan berdampak buruk bagi tidur anda dan bisa menyebabkan bangun tidur kesiangan.

Semua makanan tersebut yang anda makan kemudian masuk kedalam perut, tubuh akan lebih fokus untuk melakukan pencernaan terhadap makanan yang masuk ke dalam perut dibandingkan fokus untuk beristirahat, disitu lah tidur anda akan bermasalah. Jadi disarankan untuk jangan makan sebelum tidur, atau dengan memberi jeda yakni boleh saja makan dengan jeda 2 atau 3 jam sebelum tidur.

  • Minum air putih hangat secukupnya
Ketika anda terbangun dari tidur anda dipagi hari namun anda masih merasa malas atau ngantuk, maka disarankan bagi anda untuk mencoba trik sederhana yakni minum air putih hangat secukupnya, dengan anda meminum air putih hangat, tubuh anda kembali menerima asupan cairan dan menghilangkan rasa haus serta menekan racun racun dalam tubuh (detoksifikasi melalui keringat tubuh).

Kalau bisa usahakan ambil minum di tempat yang lebih jauh semisal di dapur atau di ruangan lainnya, atau bisa juga memberikan potongan buah lainnya ke dalam air minum anda seperti lemon karena itu bisa lebih bermanfaat bagi anda, dan secara tidak sadar anda telah membawa diri anda jauh dari zona nyaman atau terbangun dari rasa malas anda seperti di atas tempat tidur.

Belum ada Komentar untuk "Cara untuk menghilangkan kantuk ketika bangun tidur pada pagi hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel