atmojo

Pengertian dan jenis-jenis sepeda MTB


Pengertian dan jenis-jenis sepeda MTB

Saat saat ini bersepeda merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan apalagi pada pagi hari atau sore hari di hari libur, banyak orang juga telah menjadikan sepeda untuk alat bantu mereka menjalankan olahraga.

Olahraga bisa asik dan menyenangkan kita jalankan dengan bersepeda, apalagi bersepeda sambil naik turun gunung dengan pemandangan yang menakjubkan dan hijau. Jika tempat seperti gunung atau perbukitan yang anda tuju untuk bersepeda, maka jenis sepeda yang harus anda gunakan yaitu sepeda MTB.

Apa itu sepeda MTB?. Sepeda MTB atau mountain bike ialah jenis sepeda yang diciptakan dengan beberapa komponen dan bahan khusus untuk mampu melewati medan yang berat dan terjal seperti jalanan setapak yang ada di perbukitan atau pegunungan.

Sepeda MTB pertama kali diperkenalkan oleh pengguna sepeda yang berada di San Fransisco pada tahun 1970. Sepeda MTB sangat populer di negara Amerika Serikat hingga sampai menyebar ke seluruh dunia terutama negara negara yang memiliki bukit dan pegunungan yang indah.

Dari kegunaannya yang digunakan untuk naik turun bukit atau gunung membuat sepeda jenis MTB ini lain dari jenis sepeda lainnya, pada sepeda MTB memiliki frame yang ringan, sepeda ini juga memiliki komponen pendukung kenyamanan salah satunya yaitu ''Suspensi'' dan ban radial dengan kualitas tinggi sehingga kuat mencengkeram permukaan tanah dengan baik.

Frame pada sepeda MTB ini terbuat dari bahan khusus seperti alumunium dan yang terbaru yakni terbuat dari serat karbon jadi bobot dari frame sepeda MTB ini terbilang sangat ringan, selain itu gear yang digunakan pada sepeda MTB ini juga memiliki 18-30 gear percepatan yang berbeda untuk menyesuaikan kenyamanan dan kecepatan gerak sepeda saat melewati jalan yang naik turun.

Lalu jenis sepeda MTB juga dibedakan lagi menurut frame yang digunakan, berikut adalah jenis-jenis sepeda MTB:

  • Rigid
Sepeda MTB jenis ini sama sekali tidak memiliki suspensi untuk meredam getaran dari permukaan tanah dan digunakan untuk cross country low-end.
  • Hardtrail
Sepeda MTB jenis ini hanya memiliki suspensi di bagian depan saja atau yang biasa kita sebut dengan shockbreaker depan, sedangkan pada frame sepeda ini tidak memiliki suspensi.
  • Soft trail
Sepeda MTB jenis ini memang jarang terlihat karena jenis sepeda MTB ini tidak lagi dikembangkan, jenis sepeda MTB ini memiliki suspensi pada bagian depan dan pada frame bagian belakang juga terdapat suspensi hanya saja ukurannya yang kecil dan dihubungkan dengan frame tidak melalui pivot atau persendian namun dihubungkan langsung dengan frame yang fleksibel.
  • Full suspension
Sepeda MTB jenis ini merupakan sepeda MTB yang biasa kita lihat untuk menuruni bukit atau lereng gunung ''downhill'' sebab jenis sepeda MTB ini memiliki suspensi pada bagian depan ''fork'' atau garpu depan dan suspensi pada bagian chain stay ''pedal''. Dengan penempatan suspensi pada bagian chain stay tersebut maka dapat menghubungkan ''lower'' dan ''upper chain stay'' sehingga ban belakang bisa naik turun menyesuaikan medan jalan yang ekstrim.


Di pasaran Indonesia sendiri terdapat banyak sekali merk dan jenis sepeda MTB serta memiliki harga yang bervariasi dari yang murah sampai yang mahal seperti sepeda MTB POLYGON, UNITED, ODESSY, ATLANTIS, THRILL dan hingga yang paling mahal serta digunakan untuk kegiatan sepeda ekstrim yakni sepeda MTB TREK dll, berikut kisaran harga dari beberapa merk sepeda MTB tersebut.

Harga dari sepeda MTB POLYGON berkisar Rp1.700.000 sampai Rp20.000.000
Harga dari sepeda MTB UNITED berkisar Rp1.600.000 sampai Rp15.000.000
Harga dari sepeda MTB ODESSY berkisar Rp1.400.000 sampai Rp2.700.000
Harga dari sepeda MTB ATLANTIS berkisar Rp1.200.000 sampai Rp8.000.000
Harga dari sepeda MTB THRILL berkisar Rp3.500.000 sampai Rp15.000.000
Harga dari sepeda MTB TREK berkisar Rp12.000.000 sampai Rp125.000.000

Dengan adanya sepeda MTB ini bisa membuat seseorang menjadi gemar menjalankan olahraga agar tubuh tetap sehat serta tidak lagi ketergantungan menggunakan sepeda motor atau kendaraan bermotor lainnya, sehingga tingkat polusi udara bisa di turunkan dan bumi bisa kembali tersenyum.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan jenis-jenis sepeda MTB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel