atmojo

Hindari Body Shaming

Hindari Body Shaming


Sebagai manusia pasti diciptakan dengan jenis kulit atau fisik yang berbeda beda, bukan berarti yang ini lebih baik dan yang begini tidak baik atau jelek melainkan untuk menyadarkan kita bahwa sebagai manusia yang hidup di dunia itu penuh dengan perbedaan, penuh dengan warna. Dan tak lupa juga karena Allah SWT sebagai sang pencipta yang maha segala galanya.

Dalam kehidupan nyata di lingkungan kita mungkin pernah mendengar atau bahkan menerima kritik "kok muka kamu jerawatan sih sekarang ?" , "kamu kok item banget ?" . Pasti kalian pernah mendengar seseorang mengatakan hal tersebut atau malah kamu sendiri yang secara tidak sadar mengucapkannya kepada teman ataupun orang lain. Mungkin kamu berniat baik agar orang tersebut lebih menjaga atau merawat wajahnya agar tidak berjerawat.

Tapi kamu harus hati-hati karena bisa jadi omongan kamu ke teman atau orang lain bisa menimbulkan perasaan yang tidak enak dan justru itu pertanda kalo kamu sudah melakukan body shaming lho!, Body Shaming adalah mengomentari atau mengkritik bentuk fisik seseorang secara negatif. Biasanya di alami oleh perempuan , tak sedikit juga laki-laki pernah mengalaminya.

Dampak yang bisa ditimbulkan saat kamu melakaukan body shaming terhadap teman atau orang lain di antaranya Tidak Percaya Diri ,Seseorang mungkin akan merasa tidak percaya diri saat kamu berkata tentang fisiknya yang membuat dia terus memikirkan apa yang kamu ucapkan. Hal ini bisa saja membuat seseorang menjadi setres.

Body Shaming juga bisa membuat seseorang tidak bersyukur karena mereka akan berpikir bagaimana caranya agar terlihat sempurna atau menarik didepan orang lain, bahkan mereka akan melakukan apa saja agar orang lain tidak akan melakukan body shaming terhadap dirinya.

Bukankah kita harusnya saling menghargai satu sama lain karena semua orang itu punya kelebihan dan kekurangan masing - masing. Dan mungkin salah satu cara agar kita tidak melakukan body shaming terhadap orang lain yaitu dengan selalu berpikir positif, jangan menghujat fisik dan alangkah lebih baik kita memberikan saran yang positif untuk kesehatan tubuhnya.

Ketika anda hendak memulai percakapan dengan orang sekitar atau teman yang sudah lama tak jumpa sebaiknya anda harus berhati hati dalam berbicara sebab tanpa orang sadari berikut ini adalah contoh perkataan yang termasuk di dalam golongan body shaming:

  • Sekarang tambah gemuk ya?
hati hati ketika hendak berkata demikian terlebih jika ada teman anda yang lainnya yang memiliki tubuh lebih kurus dibanding dengan orang yang anda katakan demikian.

  • Tambah langsing saja ya?
hati hati ketika hendak berkata demikian terlebih jika ada teman anda yang lain yang memiliki tubuh lebih gemuk.

  • Astaga kenapa sekarang makin kurus?
orang yang anda bilang seperti itu mungkin memiliki pola hidup yang berbeda atau mungkin sedang memiliki beban hidup, jadi sebaiknya jaga perkataan anda supaya tidak menyinggung perasaan orang lain.

Jadi harap hargai diri sendiri serta orang lain dengan tidak mengatakan tentang bentuk fisik karena apa yang kamu katakan apalagi tentang fisik negatif belum tentu orang lain akan menerima. Jangan lupa Selalu bersyukur.


Belum ada Komentar untuk "Hindari Body Shaming"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel