atmojo

Cara merawat kaca mobil

Cara merawat kaca mobil


Kendaraan roda empat seperti mobil memiliki sebuah kaca sebagai pelindung dari berbagai hal dari luar baik itu angin ataupun, air hujan, salju dan kotoran. Kaca mobil digunakan secara umum untuk membantu pengemudi melihat objek yang ada di depannya ketika berkendara.

Kaca mobil yang bagus dibuat tidak menggunakan sembarang kaca melainkan dengan jenis kaca yang memiliki kualitas tinggi seperti jenis kaca safety glass, kaca ini memiliki beberapa lapisan atau layer yang sangat aman bagi pengendara didalam mobil.

Sebab jenis kaca ini tidak bisa mengalami pecah seperti pecahnya jenis kaca pada umumnya, kaca mobil tidak bisa pecah berhamburan karena ada sebuah lapisan dalam kaca mobil yang menyebabkan serpihan kecil kaca tersebut masih menempel menjadi satu.

Proses pembuatan kaca ini juga diproduksi dengan teknologi yang sangat canggih, jenis kaca mobil di di buat dengan cara di panaskan pada temperatur tertentu yang bisa menjadikan kaca mobil menjadi lebih kuat serta kokoh dibandingkan dengan kaca jenis lainnya, dan yang paling unik dari jenis kaca ini yaitu ketika pecah, karena serpihan kaca tersebut sangat kecil sehingga aman bagi pengemudi.

Namun ada satu poin yang buat kaca mobil sama seperti kaca jenis lainnya yaitu tetap bisa mengalami gores sampai buram atau terkena kotoran sehingga mengganggu penglihatan pengemudi,
jika sudah tergores atau ada baret pada kaca anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan bahan khusus.

Baca juga cara merawat mobil matic.

Cara menghilangkan baret pada kaca mobil dilakukan dengan bahan khusus seperti kompon kaca atau cerium oxide, namun perlu anda ingat bahwa dengan bahan tersebut baret yang mampu dihilangkan yaitu baret atau goresan yang ringan tidak terlalu dalam. Bila tak menginginkan hal tersebut terjadi maka kaca mobil juga harus tetap mendapatkan perawatan yang baik, dan berikut ini adalah cara merawat kaca mobil.

Jangan sembarang menempelkan stiker

Sebagian orang atau pengguna mobil sering menempelkan stiker pada kaca mobilnya, berbagai alasan sebagian orang tersebut yakni sebagai tanda pengenal, promosi atau tujuan lainnya, namun disamping itu jika stiker dirasa sudah tidak menarik lagi pengguna akan melepasnya dari kaca dan bisa meninggalkan bekas lem dari stiker tersebut yang bisa mengganggu.

Cara menghilangkan stiker di kaca mobil tidak sembarangan asal copot saja ya kalau tidak mau ada bekas yang tersisa dari lem stiker tersebut, jangan melepaskan stiker dengan cara paksa, gunakan sarung tangan khusus jika melepaskan stiker yang kuat dan gunakan cairan khusus untuk membantu menghilangkan bekas stiker.

Cara menghilangkan bekas stiker pada kaca mobil bisa dengan kita lakukan menggunakan cairan khusus yang terdiri dari campuran soda kue dan minyak sayur dan bisa menggunakan larutan sabun pembersih piring dengan air panas yang. Atau menggunakan produk khusus lainnya yang digunakan untuk menghilangkan stiker pada kaca yang dijual bebas dipasaran.

Gunakan kaca film mobil

Kaca film dapat dimanfaatkan pemilik mobil untuk melapisi kaca mobilnya agar terhindar dari benda asing atau kaca film digunakan sebagai pelapis kaca supaya benda asing atau kotoran tidak mengenai kaca mobil secara langsung.

Kaca film mobil seperti V-kool, Solar gard, Spectrum, Llumar, 3M, Huper optik dll merupakan kaca film mobil yang bagus yang sering digunakan untuk mobil mobil pribadi. Kaca film mobil ini juga dapat membuat mata anda menjadi nyaman ketika memandang jalanan karena efeknya yang nyaman di mata serta tidak menyilaukan.

Membersihkan kaca

Kaca yang terpasang pada mobil memiliki bidang yang sangat luas, sehingga dapat memungkinkan kotoran, jamur atau debu menempel pada kaca, dengan demikian perlu di ingat bagi pemilik kendaraan untuk rajin menjaga kebersihan kaca mobilnya.

Menjaga kebersihan kaca mobil dapat dilakukan oleh pemilik mobil dengan cara membersihkan dengan air dan lap khusus yang lembut, tidak boleh sembarang lap untuk membersihkan kaca, terlebih menggunakan lap yang memiliki bahan kasar itu sangat tidak diperbolehkan, hal tersebut dapat menyebabkan goresan pada kaca.

Setelah membersihkan kaca juga anda harus menyediakan lap khusus yang lain untuk mengeringkan kaca mobil anda, jangan gunakan lap yang sama untuk membersihkan dan mengeringkan kaca. Lap yang digunakan untuk membersihkan kaca mungkin masih menyimpan partikel kotoran yang dapat menimbulkan gores pada kaca jika lap tersebut digunakan untuk mengeringkan.

Ketika terkena hujan juga disarankan untuk langsung membersihkan kaca mobil anda dan langsung dikeringkan, hal tersebut untuk menghindari kaca mobil anda terhindar dari jamur maupun kotoran yang menempel pada kaca.

Perhatikan kondisi wiper

Hal terakhir yang perlu di perhatikan untuk merawat kaca mobil anda yaitu dengan memperhatikan kondisi wiper mobil anda, terutama pada bagian karet wipernya. Karet wiper inilah yang bagian yang menempel langsung dengan kaca mobil.

Karet pada wiper dapat mengalami kerusakan akibat perubahan cuaca yang berupa karet yang mengeras tidak lagi lembut dan elastis, hal tersebut dapat mengakibatkan goresan pada kaca mobil anda karena karet wiper yang rusak atau mengeras.

Belum ada Komentar untuk "Cara merawat kaca mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel