atmojo

Gerakan olahraga mata untuk kesehatan mata

Gerakan olahraga mata untuk kesehatan mata


Mata merupakan salah satu indra yang terpenting, fungsi mata pada umumnya adalah untuk melihat. Organ tubuh satu ini berguna untuk melihat objek yang ada di sekitar, dengan organ mata ini anda dapat melihat atau menikmati pemandangan yang indah yang ada pada dunia ini.

Namun semakin bertambah usia, perilaku hidup atau mungkin karena faktor keturunan mata dapat mengalami kelainan seperti mata minus, mata silinder atau bahkan kebutaan. Mata minus dan mata silinder adalah penyakit mata yang sering sekali atau umum di jumpai.

Bahkan orang yang memiliki mata sehat bisa juga memiliki resiko kelainan mata seperti apa yang telah disebutkan di atas, biasanya orang orang yang seperti itu ialah orang yang kurang menjaga atau tidak bisa menjaga kesehatan matanya serta memiliki perilaku hidup yang kurang baik.

Perilaku hidup yang kurang baik biasanya secara tidak sadar sering di lakukan oleh kebanyakan orang seperti sering terlalu lama menatap layar monitor sebuah handphone, komputer, televisi dan lainnya, dan kurangnya asupan gizi yang baik untuk kesehatan mata salah satunya yaitu kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Selain itu agar bisa mendapatkan mata yang sehat juga bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari bahkan setiap saat dengan melakukan olahraga mata. Olahraga mata atau senam mata adalah gerakan bola mata yang dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang singkat atau beberapa detik saja.

Tahukah kalian olahraga mata merupakan olahraga yang sangat unik, hal ini dilakukan agar aliran darah ke organ mata dapat mengalir dengan lancar. Gerakan olahraga mata atau yang biasa disebut dengan gerakan senam mata juga dapat membantu mata minus, mata juling serta beberapa masalah penglihatan lainnya. Dan berikut ini adalah gerakan mata atau senam mata yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan mata:

  • Putar kedua bola mata berlawanan arah jarum jam selama beberapa detik lalu bergantian putar kedua bola mata searah dengan arah jarum jam.
  • Gerakan kedua bola mata anda ke arah kanan dan arah kiri selama beberapa detik, kemudian ganti arah gerakan ke atas dan bawah.
  • Tutup kedua mata anda selama beberapa detik dan berkedip beberapa kali selama beberapa detik. hal ini akan membuat mata anda terasa nyaman karena mata telah di lumasi.
  • Latihan fokus, dengan acungkan jari anda berada tepat didepan muka anda lalu fokus pandangan anda ke jari tersebut sambil gerakan jari secara pelan ke arah kanan dan kiri menjauhi muka anda dan sampai kembali mendekati muka anda.
  • Pandangan jauh dan dekat, acungkan jari anda di depan mata anda lalu fokus ke jari tersebut selama kurang lebih 15 detik, kemudian pindahkan fokus pandangan anda ke objek lain di depan anda sejauh 6 meter selama 15 detik dan kemudian kembali lagi fokus pandangan anda pada jari, ulangi langkah tersebut sebanyak 5 kali.
  • Gambar angka 8, arahkan pandangan anda ke lantai lalu gerakan kedua bola mata anda seolah menggambarkan sebuah angka 8 pada lantai yang anda pandang, ulangi langkah menggambar angka 8 tersebut selama 30 detik.
Setelah melakukan beberapa gerakan olahraga mata, tentu kita bertanya-tanya apa manfaat gerakan olahraga mata yang telah dijabarkan diatas. Dan berikut adalah manfaat olahraga mata.
  • Menguatkan otot-otot mata.
  • Memperlancar gerakan otot mata.
  • Meningkatkan fungsi kerja mata.
  • Meningkatkan fokus mata dalam penglihatan.
  • Membantu mata lebih rileks dan tenang.
  • Membantu mengatasi mata kering.
  • Membantu merangsang otak.

Jadi ingat ya terlebih untuk anda yang memiliki aktivitas rutin di depan monitor atau lainnya yang bersangkutan dengan kesehatan mata agar selalu meluangkan waktu beberapa detik atau menit setiap hari untuk melakukan olahraga mata dengan beberapa cara diatas supaya dapat menjaga kesehatan mata dan jangan lupa juga untuk memperhatikan pola makan harian anda agar asupan vitamin selalu terpenuhi.



Belum ada Komentar untuk "Gerakan olahraga mata untuk kesehatan mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel