atmojo

Cara cepat atasi kutu air dan pencegahan agar tidak terkena lagi

Cara cepat atasi kutu air dan pencegahan agar tidak terkena lagi


Bagi seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dengan air seperti halnya seseorang yang memiliki aktivitas mencuci dll, tidak menutup kemungkinan bisa terkena penyakit kutu air pada kulitnya. Kutu air sendiri merupakan sebutan awam bagi sejumlah hewan kecil penghuni air yang bisa menyebabkan gatal pada kulit, kutu air sendiri bukan merupakan serangga dan bukan juga hidup sebagai parasit seperti kutu-kutu pada umumnya.

Kutu air memiliki ukuran panjang kurang dari setengah milimeter, rata-rata ukuran tubuh dari kutu air ini ialah kisaran 0,2-0,6mm. Dengan ukuran yang sangat kecil tersebut kutu air bisa dengan mudah dan tidak terlihat menempel di kulit serta bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman. Namun bukan kutu air sendiri yang sebabkan gatal-gatal pada kulit. Sebutan gatal kutu air hanya sebutan awam saja dan gatal yang biasa disebut dengan kutu air tersebut diakibatkan karena infeksi Tinea Pedis.

Infeksi Tinea Pedis merupakan dermatomikosis pada kaki atau sering terjadi pada sela-sela jari kaki dan telapak kaki, pada umumnya sering terjadi pada orang yang sering berkeringat pada area telapak kaki dan terjadi pada seseorang yang sering memakai sepatu tertutup dan ketat. Infeksi Tinea Pedis ini sebenarnya disebabkan oleh jamur Trichophyton rubrum, trichophyton interdigitale dan epidermophyton floccosum, bukan akibat kutu air.

Jika jamur tersebut sudah tinggal di kulit seseorang dan sudah sebabkan infeksi tinea pedis, penyakit kutu air bisa menimbulkan ruam bersisik pada sela-sela jari kaki. Jika sudah mengalami hal demikian, harus ditangani dengan tepat dan cepat agar tidak berdampak buruk dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Gejala kutu air

Penyakit kulit yang disebut dengan kutu air bisa menimbulkan gejala yang nyata dan nampak di mata, dan berikut ini adalah beberapa gejala dari kutu air.
  • Muncul ruam bersisik seperti lepuhan yang terasa gatal.
  • Kulit tampak kering, menebal, mengeras dan terasa kasar.
  • Kulit retak dan bisa mengelupas.
Gatal yang dirasakan seseorang yang mengidap kutu air merupakan rasa gatal yang sangat luar biasa, membuat seseorang seolah ingin garuk-garuk bagian tersebut, namun jika sampai di garuk hal tersebut akan semakin bertambah parah.

Penyebab

Terjadinya penyakit kulit kutu air terjadi bukan karena begitu saja, kutu air disebabkan karena jamur yang hidup dilingkungan dengan suhu hangat serta lembab, seperti genangan air, kamar mandi dan kolam renang. Setelah menular atau menempel pada kulit, kutu air akan menetap dan berkembang biak di permukaan kulit dan mengakibatkan infeksi. Dan berikut ini adalah berikut ini adalah beberapa faktor seseorang mengalami kutu air.
  • Singgah ditempat umum tanpa memakai alas kaki.
  • Mengenakan sepatu yang ketat dan lembab.
  • Telapak kaki yang sering berkeringat.
  • Jarang membersihkan kaki.
  • Berbagi peralatan pribadi seperti alas kaki, handuk dan lain-lain.

Cara mengatasi

Penyakit kutu air ini dapat dengan mudah dan cepat diobati menggunakan obat atau salep yang dioleskan secara langsung pada area yang terkena kutu air. Obat dan salep tersebut banyak dijual bebas di pasaran atau klinik dengan merk Miconazole atau Clotrimazole, kedua obat tersebut termasuk krim antijamur yang bisa anda coba untuk mengatasi kutu air.

Selain obat atau krim salep, kutu air juga bisa diobati dengan minyak kayu putih atau tea tree oil sebagai obat alternatif, dan cara alternatif tersebut telah banyak dipercaya oleh banyak masyarakat untuk mengatasi kutu air. Namun jika kutu air belum sembuh juga dalam waktu 2-4 minggu dan anda masih khawatir lebih baik konsultasi masalah kutu air anda kepada dokter.

Pencegahan

Jika anda termasuk orang yang belum mengalami penyakit kutu air atau anda termasuk dalam orang yang sudah sembuh dan bebas dari sakit kutu air, alangkah baiknya untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali maka anda harus mengubah pola hidup anda menjadi lebih memperhatikan kebersihan kaki atau tangan serta lingkungan hidup anda. Berikut ini adalah tips untuk mencegah kutu air.
  • Perhatikan kaki anda agar tetap kering dan bersih.
  • Dibiasakan menggunakan kaus kaki yang tipis dan jangan terlalu tebal.
  • Jika kutu air belum sembuh disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seperti berenang di kolam renang umum atau bermain air dan sebagainya.
  • Hindari penggunaan peralatan umum contoh sendal atau sepatu dan handuk. Usahakan memiliki peralatan pribadi.
  • Sering mencuci kaki dengan sabun setelah mengenakan sendal atau kaus kaki atau setelah terkena genangan air yang kotor.
  • Gunakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar kaki terasa sejuk dan tidak berkeringat.

Belum ada Komentar untuk "Cara cepat atasi kutu air dan pencegahan agar tidak terkena lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel