atmojo

Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya

Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya


Ketika usia atau umur sepeda motor sudah mulai bertambah, kemungkinan kinerja mesin sepeda motor tersebut akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut dapat dialami ketika sepeda motor lalai terhadap perhatian pemiliknya, terutama pada hal perawatan.

Pada sepeda motor yang sudah menggunakan sistem fuel injection, perawatan harus lebih diperhatikan karena pada sepeda motor yang menggunakan sistem fuel injection memiliki kinerja elektrik yang terdapat banyak sensor.

Pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi masalah pada sepeda motor Honda Vario LED 125. Honda Vario LED 125 ini termasuk sepeda motor skuter matik yang sudah menggunakan sistem fuel injection dan masalah yang sering ditemukan pada sepeda motor ini ialah masalah brebet atau tersendat-sendat pada putaran mesin atau RPM rendah dan sering terjadi saat mesin dingin.

Penyebab Vario 125 LED brebet atau tersendat-sendat ini biasanya disebabkan akibat kesalahan komponen yang bernama ECU, dimana komponen tersebut sudah tidak lagi normal ketika membaca sinyal yang dikirim oleh sensor Throttle sehingga menyebabkan komposisi bahan bakar yang di suplai ke ruang bakar tidak presisi.

Masalah tersebut bisa di atasi dengan cara yang akan saya jelaskan dan merupakan cara yang ampuh, karena saya juga memiliki sepeda motor Honda Vario 125 yang pernah mengalami masalah tersebut, lalu saya coba dengan cara ini langsung berhasil dan tidak brebet atau tersendat-sendat lagi.

Awalnya saya berpikir kalau brebet dikarenakan oleh kelistrikan ignition, lalu saya sudah mengganti busi dan kop busi dengan yang baru namun masalah belum hilang. Kemudian saya mulai tertuju pada sistem ECU, dan masalah tersendat-sendat pada putaran bawah mesin Honda Vario 125 saya merupakan masalah brebet atau tersendat-sendat yang disebabkan oleh masalah pada ECU yang bersumber dari sensor throttle position.

Lalu saya langsung riset ECU dan sensor throttle position melalui kabel socket atau connector DLC. Sebelumnya connector DLC singkatan dari Diagnosis Link Connecctor yang merupakan sebuah socket atau port untuk menghubungkan alat khusus untuk mendeteksi kerusakan pada ECU atau alat khusus untuk riset ECU.

Namun, pengalaman saya mengatasi masalah tersendat atau riset ECU dan sensor throttle position yang saya alami tidak menggunakan alat khusus untuk dihubungkan ke socket DLC, dan berikut adalah cara riset ECU dan riset sensor throttle position dengan mudah untuk mengatasi masalah tersendat-sendat pada putaran bawah mesin Vario 125 PGM-FI.

Perhatikan langkah-langkah berikut.

Cara riset ECU

Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya

  • Langkah pertama yakni matikan sepeda motor anda kemudian buka penutup baterai yang terletak pada bagian bawah tempat pijak untuk kaki.
  • Langkah kedua yakni buka penutup port atau socket DLC.
  • Langkah ketiga siapkan sebuah potongan kabel yang panjangnya 5cm dengan kedua ujung di kupas 1cm sampai hanya tinggal kawat tembaganya saja.
  • Jika kedua ujung kabel sudah di kupas maka siapkan socket DLC dengan potongan kabel tersebut.
  • Pada socket atau port DLC terdapat 4 buah terminal dan hanya ada dua buah terminal yang dihubungkan dengan potongan kabel yang sudah di kupas untuk mengatasi masalah pada sepeda motor.
Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya

  • Perhatikan. Pada posisi kunci kontak Off, hubungkan potongan kabel yang sudah di kupas kedua ujungnya pada kedua terminal yang telah diberi tanda di atas. "kedua terminal tersebut ialah sebelah kiri dari socket atau port DLC, untuk mengetahui kedua terminal mana yang dimaksud pada socket atau port DLC, perhatikan (step pengait yang berada diatas port atau socket DLC).
  • Posisi memegang socket atau port DLC harus seperti pada gambar diatas agar paham posisi kedua terminal yang akan di hubungkan yakni dua terminal sebelah kiri, (terminal atas dan bawah).
  • Jika sudah mengetahui posisi dua terminal yang akan dihubungkan dengan potongan kabel yang sudah di kupas kedua ujungnya. Langkah selanjutnya yakni hubungkan kabel tersebut dengan kedua terminal pada port atau socket DLC. Perhatikan (posisi kunci kontak masih dalam posisi Off). 
Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya

  • Langkah berikutnya jika kabel sudah benar terhubung dengan port atau socket DLC yakni ubah kunci kontak ke posisi ON. Jika kabel sudah benar terhubung dengan DLC, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka lampu indikator mesin akan menyala terus.
Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya


Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya

  • Langkah berikutnya yakni ketika kunci kontak sudah pada posisi ON dan lampu indikator mesin terus menyala atau tidak mati, langkah berikutnya yakni "Lepaskan salah satu ujung kabel yang terhubung dengan DLC lalu tunggu sampai 3 detik dan hubungkan kembali pada posisi terminal yang semula". Kemudian ubah posisi kunci kontak pada posisi OFF.
  • Jika sudah melakukan cara diatas berarti anda telah berhasil riset ECU, dan langkah berikutnya yakni memberikan mode pada ECU yang telah di riset barusan.

Cara riset Throttle Position Sensor atau memberikan mode pada ECU.

  • Memberikan mode caranya yaitu. Kedua ujung kabel sudah terhubung dengan benar pada kedua terminal DLC seperti semula. (Posisi kunci kontak masih dalam posisi OFF).
  • Perhatikan. Berikutnya yaitu tarik tuas grip gas secara penuh atau mentok lalu tahan jangan dilepaskan, disamping itu kemudian ubah posisi kunci kontak pada posisi ON. Jika langkah tersebut dilakukan dengan benar maka lampu indikator mesin akan berkedip.
  • Perhatikan. Hitung lampu indikator yang berkedip, "jika sudah berkedip 3 kali dari awal lampu indikator mesin mulai berkedip, segera lepaskan tuas grip gas yang semula anda tarik atau buka gas penuh. Ingat 3 kali berkedip dari awal mulai berkedip". 
  • Jika anda telah melakukan dengan benar maka lampu indikator mesin akan berkedip sekali dan berulang dengan jeda beberapa detik.
  • Cara mengatasi Vario 125 brebet atau tersendat-sendat telah selesai, dan langkah terakhirnya yakni matikan mesin atau ubah posisi kunci kontak pada posisi OFF, kemudia cabut kabel pada socket atau port DLC.
  • Setelah itu maka cara yang telah anda lakukan sudah benar, kemudian tutup kembali penutup port DCL sepeda motor dan penutup aki atau baterai. Atau jika melakukan kesalahan pada saat memberikan mode pada ECU, anda bisa mengulang langkah memberikan mode seperti cara di atas.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab motor Vario 125 LED brebet dan cara mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel