atmojo

Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android


Mengingat karena adanya pandemi Covid-19, banyak perusahaan-perusahaan yang libur atau menutup sementara aktivitas perusahaan dari biasanya. Dengan demikian muncul kata WFH atau yang kita sebut dengan Work From Home, kata tersebut mengartikan kerja dari rumah.

Work From Home atau WFH banyak kita temukan pada sebagian besar atau rata-rata perusahaan yang libur atau menutup sementara aktivitas perusahaan dari biasanya. Bagi pekerja yang melakukan WFH, contoh WFH bagi para pekerja yakni tetap melakukan koordinasi tentang pekerjaan rutin di perusahaan saat sebelum adanya pandemi.

Dengan melakukan koordinasi dari rumah masing-masing pekerja, pekerja tentu membutuhkan sebuah alat bantu seperti aplikasi Zoom untuk dapat berkoordinasi soal pekerjaan tanpa harus saling bertemu atau tetap terhubung dengan jarak jauh. Dengan aplikasi bantu seperti aplikasi Zoom ini dapat menampung sampai 100 orang peserta dalam satu sesi dan dapat melakukan sharing screen. Dan berikut ini adalah Cara menggunakan aplikasi zoom pada komputer atau smartphone.

Cara menggunakan aplikasi Zoom meeting di laptop.

  • Langkah pertama untuk anda dapat menggunakan aplikasi zoom meeting di laptop yakni dengan Anda masuk terlebih dahulu ke situs https://zoom.us/. melalui browser internet Anda baik itu Chrome, Opera, Firefox atau yang lainnya.
Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

  • Setelah Anda telah masuk ke situs resmi Zoom, kemudian Anda unduh atau download. Kemudian buka folder zoom tersebut untuk membuat akun yang akan digunakan terlebih dahulu menggunakan akun gmail atau akun facebook.
Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android


  • Jika sudah mendaftar dengan akun yang Anda miliki, langsung saja Anda klik Create Account dan buka URL zoom Launcher, tunggu hingga beberapa saat sampai berhasil.
  • Kemudian setelah itu Anda akan masuk ke halaman utama zoom, terdapat ikon profil, jika klik ikon tersebut akan menampilkan tampilan pengaturan, salah satunya menu My Profile. Pada menu My Profile Anda bisa mengubah tampilan profile Anda sendiri. Selain profil pada halaman utama zoom, Anda dapat langsung memulai video conference atau juga Anda bisa membuat jadwal sendiri.
  • Langkah berikutnya jika ingin memulai video conference yakni pilih menu New Meeting. Dengan sesaat Anda sudah berada dalam video conference yang anda buat dengan tangkapan kamera video perangkat Anda, dan jika ingin mengundang peserta lain yaitu pilih menu Invite yang terletak di bagian bar bawah.
Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

  • Pada menu Invite, Anda bisa mengundang peserta lain menggunakan email atau melalui link URL dan membaginya melalui sosial media seperti Whatsapp dan lain-lain. Langkah tersebut peserta atau teman lain yang ingin Anda undang ke dalam video conference tidak perlu memiliki akun, hanya saja teman atau peserta yang Anda undang harus melakukan copy paste link atau meeting ID dari Anda untuk bergabung ke dalam video conference zoom meeting yang Anda buat.
  • Jika teman atau peserta yang Anda undang telah melakukan copy paste link yang telah Anda bagikan maka secara otomatis teman yang Anda undang tersebut telah bergabung ke dalam video conference zoom meeting yang Anda buat.
  • Jika Anda sudah berkumpul dengan teman yang Anda undang dalam video conference, Anda bisa menggunakan fitur share screen untuk membantu aktivitas koordinasi dengan teman atau peserta yang Anda undang dalam video conference yang Anda buat.

Cara menggunakan aplikasi zoom dengan smartphone atau android.

Cara menggunakan aplikasi zoom menggunakan android atau smartphone sebenarnya cara yang tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan aplikasi zoom menggunakan laptop, dan berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi zoom android.
  • Langkah pertama menggunakan aplikasi zoom pada ponsel atau android yakni terlebih dahulu Anda download aplikasi zoom pada aplikasi store ponsel Anda.
  • Jika sudah di download pada ponsel atau android Anda kemudian buka aplikasi tersebut pada ponsel Anda.
Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

  • Langkah berikutnya ketika Anda sudah masuk pada aplikasi zoom yakni lakukan log in atau Sign In menggunakan akun google atau akun facebook yang Anda punya. Lalu langsung saja Anda klik Create Account dan buka URL zoom Launcher, tunggu hingga beberapa saat sampai berhasil.
  • Langkah berikutnya jika ingin memulai video zoom meeting conference yakni pilih New Meeting. Sesaat kemudian Anda sudah berada dalam video conference yang Anda buat dengan tangkapan kamera video Smartphone Anda, dan jika ingin mengundang peserta lain pilih menu Participants yang terletak di bagian bar bawah.
Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android

  • Pada menu Participants pilih menu Invite lalu lakukan copy URL, seperti biasa Anda bisa mengundang peserta lain melalui email dengan link URL talah Anda copy dan membaginya melalui sosial media seperti Whatsapp atau yang lainnya. Langkah tersebut peserta atau teman lain yang ingin Anda undang ke dalam video conference tidak perlu memiliki akun aplikasi zoom, hanya saja teman atau peserta yang Anda undang harus melakukan copy paste link atau meeting ID dari Anda untuk bergabung ke dalam video conference yang Anda buat.
  • Jika teman atau peserta yang Anda undang telah klik atau telah melakukan copy paste link yang Anda bagikan maka secara otomatis teman yang anda undang tersebut telah bergabung ke dalam video conference yang Anda buat.
Demikian tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial menggunakan aplikasi zoom meeting pada komputer atau android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel