atmojo

Cara mudah dan alami hilangkan komedo pada hidung

Cara mudah dan alami hilangkan komedo pada hidung


Kulit bersih dan sehat merupakan dambaan dari semua orang didunia, kulit yang bersih dan sehat bisa membuat orang percaya diri. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit sehat dan bersih, mulai dari menggunakan skincare, menggunakan masker atau dengan cara yang herbal yang alami.

Salah satu penyakit kulit yang kerap menyerang kulit pada bagian wajah yaitu komedo, selain jerawat, komedo juga kerapa membuat orang menjadi tidak percaya diri. Komedo adalah benjolan kecil yang nampak atau muncul di pori-pori kulit, komedo juga akar dari awal permasalahan munculnya jerawat pada kulit.

Komedo pada kulit terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan sel sel kulit yang mati. Pada umumnya komedo dibedakan menjadi 2 jenis yakni komedo yang terletak didalam kulit dan komedo yang terletak diluar kulit.

Komedo yang terletak didalam kulit biasanya berwarna putih, sedangkan komedo yang terletak diluar kulit atau berada pada permukaan kulit biasanya berwarna cokelat sampai berwarna hitam karena paparan dari udara luar atau debu dan kotoran.

Faktor terbentuknya komedo.

  • Kebiasaan merokok.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dan lemak.
  • Akibat bahan kimia kosmetik.
  • Kulit yang terlalu lembab.
  • Iritasi akibat konsumsi obat tertentu.
  • Perubahan hormon pada saat mengalami pubertas atau dalam masa haid.
  • Bakteri atau kotoran yang terlalu banyak pada permukaan kulit.
Komedo biasanya menyerang kulit wajah pada bagian hidung dan pipi seseorang, dan ketika sudah mengalami hal demikian tentu seseorang akan semakin tidak percaya diri. Berikut adalah cara mudah dan alami hilangkan komedo pada hidung dan pipi.

Cara menghilangkan komedo di area hidung dan pipi.

  • Minyak pohon teh.
Masa masa sekarang ini minyak pohon teh atau yang kita kenal dengan ''tea tree oil'' merupakan minyak dari pohon yang yang sudah sangat populer untuk dunia kecantikan, kandungan alami minyak dari pohon teh ini di percaya mampu mengatasi segala jenis komedo sampai jerawat secara alami.

Penggunaan pada kulit komedo dan berjerawat sangat mudah hanya dengan mengoleskan minyak pohon teh pada area wajah yang memiliki komedo dan jerawat menggunakan cotton bud lalu diamkan beberapa waktu atau semalaman sewaktu tidur malam.
  • Minyak bayi.
Jika anda sudah mencoba banyak macam krim untuk mengatasi komedo namun belum juga berhasil, cobalah menggunakan minyak bayi. Minyak bayi memiliki kandungan minyak mineral sebanyak 98%, sebanyak itu kandungan minyak mineral pada baby oil terbukti mampu mengatasi masalah berbagai masalah pada kulit, salah satunya komedo.

Namun tidak semua jenis kulit manusia itu sama, jadi jika menggunakan minyak bayi dan mendapatkan perubahan atau iritasi yang tidak diinginkan dianjurkan untuk berhenti menggunakan baby oil. Tapi anda tidak perlu khawatir, sebab rata rata jenis kulit cocok untuk menggunakan minyak bayi.
  • Baking soda.
Baking soda sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk pengembang kue, hampir semua orang tau dengan bahan yang satu ini terlebih bagi ibu-ibu. Baking soda juga dipercaya dan terbukti mampu mengatasi komedo pada wajah loh. Penggunaan baking soda untuk mengatasi komedo biasanya dicampur dengan air suling atau dengan lemon.

Campur setengah sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air suling, bisa gunakan campuran lain seperti (madu, minyak zaitun atau air lemon) kemudian oleskan pada area wajah yang mengalami komedo lalu biarkan beberapa waktu 10-15 menit dan terakhir cuci wajah anda dengan menggunakan air dingin, gunakan secara rutin 3 kali seminggu. 
  • Buah lemon.
Buah lemon terbukti memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan ampuh menghaluskan kulit serta mempercepat penyembuhan bekas luka jerawat atau komedo putih. Selain itu kandungan dalam lemon juga mampu memicu regenerasi sel kulit mati dan memicu produksi kolagen.

Penggunaan buah lemon untuk mengatasi masalah kulit dan komedo ialah cukup dengan 1 buah lemon yang sudah diperas kemudian campur dengan air bersih aduk hingga merata lalu oleskan pada area wajah yang memiliki masalah kulit kemudian diamkan selama 30 menit atau semalaman ketika tidur malam.
  • Kulit jeruk.
Jeruk merupakan buah segar yang dapat dimakan secara langsung ketika sudah di kupas dari kulitnya, namun kebanyakan orang membuang kulit jeruk dengan begitu saja, ternyata kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang terbukti mampu menghilangkan komedo dan membersihkan pori-pori wajah.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi masalah kulit wajah atau komedo yakni dengan menghaluskan kulit jeruk bisa juga dengan cara parut kulit jeruk lalu campur kulit jeruk yang sudah di parut dengan sedikit air, kemudian oleskan pada area wajah yang memiliki masalah lalu diamkan selama semalaman. Jika sudah bilas dengan air dingin, gunakan secara rutin 3 kali seminggu.
  • Buah stroberi.
Buah berwarna merah ini terkenal memiliki rasa yang masam hingga manis bila sudah benar benar matang, selain kandungan vitamin C yang terdapat pada buah stroberi ternyata buah ini juga memiliki kandungan asam salisilat dan kemampuan eksfoliate yang dibutuhkan kulit untuk mengatasi sel kulit mati, pori-pori kulit dan berbagai masalah kulit lainnya seperti komedo.

Penggunaan buah stroberi untuk mengatasi komedo juga bisa di kombinasi dengan bahan yang lain seperti madu, yogurt, dan air lemon. Caranya haluskan buah stroberi lalu campur dengan madu, air lemon dan yogurt, kemudian gunakan campuran buah tersebut sebagai masker wajah. Gunakan secara rutin 2 kali sehari.
  • Minyak zaitun.
Minyak zaitun memang memiliki khasiat tersendiri sejak zaman dahulu sampai sekarang yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh sampai kecantikan kulit. Penggunaan minyak zaitun juga kerap sekali digunakan untuk masalah kecantikan salah satunya yakni untuk mengatasi komedo pada wajah.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi komedo ialah campur 3 sendok makan minyak zaitun dengan minyak bayi atau baby oil sebanyak 2 sendok makan, kemudian oleskan pada area wajah yang memiliki masalah lalu pijat dengan lembut agar komedo bisa keluar dengan mudah, setelah itu jika komedo sudah keluar maka gunakan kapas kecantikan untuk mengangkat komedo tersebut.
  • Lidah buaya.
Lidah buaya memiliki kandungan mineral seng yang dapat membantu kulit untuk merapatkan pori-pori serta mengandung saponin guna membersihkan kulit dan komedo. Selain itu lidah buaya juga memiliki kandungan hormon giberelin dan auksin yang berguna untuk membantu kulit tetap lembab dan mengurangi masalah kulit radang.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah kulit atau komedo cukup mudah yakni cukup dengan oleskan setengah sendok teh gel lidah buaya pada area wajah yang mengalami masalah kulit atau komedo lalu diamkan selama semalam, jika sudah bilas dengan air dingin yang bersih.

Belum ada Komentar untuk "Cara mudah dan alami hilangkan komedo pada hidung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel