atmojo

Cara mudah merawat sepeda agar tetap awet

Cara mudah merawat sepeda agar tetap awet


Kendaraan roda dua seperti sepeda memang belakangan ini merupakan kendaraan ramah lingkungan yang mulai populer, banyak kalangan mulai beralih ke mode transportasi ramah lingkungan ini. Bagi para pecinta sepeda tentu menginginkan sepeda kesayangannya tetap awet dan tahan lama, sehingga tidak akan bermasalah ketika dipakai untuk gowes.

Agar sepeda kesayangan tetap awet dan tahan lama tentu sang pemilik sepeda harus rutin menjaga serta merawat sepedanya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat sepeda agar tetap awet dan tahan lama, dan berikut adalah cara mudah merawat sepeda agar tetap awet.
  • Menjaga kebersihan sepeda.
Langkah pertama yang bisa kita lakukan agar perawatan terhadap sepeda kesayangan bisa didapatkan dengan cara menjaga kebersihan sepeda. Menjaga kebersihan sepeda bisa kita lakukan setiap hari atau setiap kali sepeda kita kotor oleh debu atau lumpur dan jenis kotoran lainnya, bersihkan sepeda dari debu, lumpur atau kotoran yang lainnya dengan cara rutin mencuci sepeda.

Dengan kita rutin mencuci sepeda kita bisa menjaga kebersihan sepeda kesayangan, disamping itu juga sepeda bisa terhindar dari yang namanya kerusakan pada cat frame sepeda atau komponen lainnya dari kotoran yang tentu dapat memengaruhi kinerja komponen sepeda atau cat sepeda. Dan mencuci sepeda tentu tidak rumit seperti kita mencuci mobil atau sepeda motor, mencuci sepeda sangatlah mudah dan praktis.
  • Melindungi drivetrain (sistem penggerak) sepeda.
Sepeda juga memiliki sistem yang namanya drivetrain, dimana sistem drivetrain pada sepeda sama seperti sistem drivetrain pada kendaraan yang lain. Pada sepeda tentu memiliki komponen yang bergerak seperti poros bagian dalam pedal, lengan pedal, rear derailleur (pemindah gigi), shifter, sproket, pivots pada sepeda MTB, dan lain sebagainya. Komponen-komponen tersebut merupakan drivetrain dari sepeda yang perlu kita lindugi dari kotoran atau yang lainnya agar berfungsi dengan baik.

Ketika poros bagian dalam pedal, sistem pemindah gigi, pivot pada sepeda MTB atau sproket gir dan rantai jika komponen-komponen tersebut lalai dari perhatian kita tentu komponen-komponen tersebut akan mengalami kerusakan, mulai dari tidak berfungsi dengan baik sampai rusak total. Maka dari itu untuk selalu melindungi bagian-bagian dari sepeda tersebut dengan rutin membersihkan dari kotoran dengan air sabun dan sikat lalu berikan pelumas yang cocok atau lubrikasi yang cocok agar bisa bergerak dengan sempurna, minim keausan dan tidak mudah rusak tentunya.
  • Menjaga tekanan angin dalam ban.
Langkah perawatan ketiga pada sepeda agar tetap awet yakni dengan menjaga tekanan angin di dalam ban, tekanan angin yang pas di dalam ban bisa memberikan performa yang baik saat dikendarai dan bisa menjadikan ban lebih elastis. Pastikan tekanan angin dalam ban sepeda anda tetap terjaga, setiap jenis sepeda berbeda juga jenis ban dan tekanan angin di dalam ban, untuk itu anda harus bisa membaca kode pada ban sepeda anda berapa tekanan angin yang diperlukan untuk ban sepeda anda.
  • Melindungi suspensi sepeda.
Tidak semua jenis sepeda memiliki suspensi, hanya sepeda jenis MTB (hardtrail, softtrail dan full suspension) yang memiliki suspensi. Bagian dari sepeda ini memiliki fungsi yang sangat penting pada penggunaannya sebagai meredam getaran pada sepeda gunung. Ada sistem penting dari komponen ini agar bisa meredam getaran permukaan jalan yang tidak rata yakni sistem hidrolik.

Sistem hidrolik pada komponen suspensi sepeda terdiri dari as besi, oli, tabung suspensi, karet seal oli, dan pegas. Pada komponen suspensi sepeda tersebut biasanya yang paling rawan rusak ialah karet seal oli dan as besi, hal ini bisa terjadi dikarenakan hal sepele yakni kotoran yang tertinggal pada karet seal oli yang akan bergesekan dengan as besi seiring dengan pergerakan keluar masuk as besi dalam cara kerjanya.

Kotoran yang menempel baik pada karet seal oli maupun as besi suspensi tersebut lama kelamaan akan terjebak di dalam karet seal oli dan kemudian terus bergesekan dengan as besi suspensi dan pada akhirnya as besi suspensi akan mengalami lecet atau aus yang bisa berakibat kebocoran oli hidrolik suspensi. Jika sudah demikian tentu suspensi akan mengalami gagal fungsi dan bisa rusak jika tidak segera diperbaiki. Cara mencegahnya cukup dengan membersihkan suspensi dari kotoran dengan air atau sembari mencuci sepeda.

  • Cek sistem pengereman.
Rem merupakan sistem pengereman yang berguna untuk memperlambat laju kendaraan, pada sepeda sistem pengereman juga sangat penting dan salah satu bagian fital dari sepeda. Jika sistem ini mengalami kegagalan fungsi atau kinerja yang tidak optimal maka keselamatan anda yang menjadi taruhannya, untuk itu  disarankan selalu cek sistem pengereman sepeda kesayangan anda dengan baik dan benar.

Untuk mengecek rem depan sepeda anda, anda bisa berdiri didepan sepeda anda lalu tekan tuas rem depan sepeda anda kemudian tarik sepeda anda kedepan menggunakan tangan anda dengan memegang stang sepeda, jika frame sepeda bagian belakang terangkat maka sistem rem depan depeda anda berfungsi dengan baik, jika frame belakang tidak terangkat maka anda perlu mengganti kampas rem depan anda atau memperbaiki komponen rem yang bermasalah.

Dan untuk mengecek rem belakang, anda bisa berdiri didepan sepeda anda lalu tarik tuas rem belakang kemudian dorong sepeda anda kebelakang, jika roda depan terangkat kemungkinan rem belakang sepeda anda masih berfungsi dengan baik, jika tidak maka perlu dicek lebih spesifik lagi dan ganti kampas rem jika itu yang bermasalah.

Belum ada Komentar untuk "Cara mudah merawat sepeda agar tetap awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel