atmojo

Kalori yang terbakar dalam tubuh ketika bersepeda

Kalori yang terbakar dalam tubuh ketika bersepeda

Selain alat untuk rekreasi, sepeda juga kerap digunakan seseorang untuk olahraga. Ya bersepeda juga merupakan olahraga yang sangat menyenangkan "rekreasi + olahraga". Saat ini bersepeda merupakan olahraga yang banyak diminati banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Bersepeda memang menyenangkan apa lagi ketika dilakukan secara bersama sama dengan orang orang terdekat, tak hanya senang berkeliling melihat pemandangan sekeliling, di samping itu bersepeda juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita loh. Manfaat bersepeda bagi tubuh antara lain :

  •  Melatih otot

Jika kamu salah satu orang yang gemar bersepeda pasti anda memiliki otot kaki yang keras dan kuat, sebab bersepeda berguna melatih otot tubuh hampir semua otot tubuh terlibat dalam kegiatan bersepeda, terutama otot kaki yang berguna untuk kayuh pedal sepeda agar sepeda dapat berjalan.

Selain itu bersepeda sangat bermanfaat bagi anak anak, karena bersepeda dapat melatih keseimbangan dan konsentrasi otak anak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bersepeda dapat melemaskan otot pinggul dan lutut sendi sehingga dapat menjaga fleksibilitas otot anda dengan baik

  •  Baik untuk sendi

Ketika anda mengayuh sepeda dengan kaki anda berarti anda juga secara tidak sadar telah merawat sendi kaki anda, tak hanya itu selain kaki saja yang ikut bergerak ketika bersepeda, sikut dan pergelangan tangan anda pasti juga berperan aktif ketika bersepeda maka anda juga telah merawat sendi sikut dan pergelangan tangan anda.

  •  Buat mood jadi positif

Ketika anda meluangkan waktu untuk bersepeda keliling komplek perumahan atau kampung pada pagi atau di sore hari pasti yang anda rasakan ialah rasa yang senang yang dapat merubah suasana hati menjadi positif. Hal itu karena ketika anda bersepeda tubuh anda telah mengeluarkan suatu hormon yang dapat memicu rasa bahagia, hormon tersebut ialah hormon endorfin.

  •  Mencegah berbagai macam penyakit

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang harus rutin dilakukan seseorang guna merawat tubuh agar tetap sehat secara jasmani. Dengan olahraga maka akan terhindar dari berbagai penyakit, dan bersepeda merupakan cara olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menyenangkan tentunya.

Bersepeda merupakan olahraga yang melibatkan kinerja jantung, paru paru serta sirkulasi darah meningkat yang berakibat turunnya kadar kolesterol jahat dalam darah, karena itulah tubuh seseorang yang gemar bersepeda lebih sedikit resiko terkena penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian semakin anda sering bersepeda semakin lancar juga peredaran darah pada tubuh anda dan semakin rendah juga anda terkena berbagai penyakit terutama penyakit yang berkaitan dengan Jantung.

Selain itu banyak yang bertanya, apakah bersepeda bisa membakar kalori dalam tubuh? dan berapa banyak kalori yang dibakar ketika bersepeda?

Bersepeda pasti membuat anda berkeringat, karena ketika bersepeda hampir semua anggota tubuh anda terus bergerak sehingga jantung pun akan bekerja secara optimal guna menyalurkan darah ke organ-organ yang sedang bergerak tersebut. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori yang ada pada tubuh anda guna menjaga kesehatan jantung serta menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

Setidaknya bersepeda selama 30 menit mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan tentu bisa membakar kalori dalam tubuh, para ahli menerangkan bahwa bersepeda juga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap teratur. Ringkasan dari penelitian aktivitas fisik memaparkan jumlah kalori yang berhasil dibakar sesuai berdasarkan kecepatan atau laju anda kayuh sepeda.

  • Kecepatan 15-19 km/jam bersepeda bisa membakar sejumlah 408 kalori.
  • Kecepatan 19-22 km/jam bersepeda bisa membakar sejumlah 544 kalori.
  • Kecepatan 22-26 km/jam bersepeda bisa membakar sejumlah 680 kalori.
  • Kecepatan 26-30 km/jam bersepeda bisa membakar sejumlah 816 kalori.
  • Kecepatan lebih dari 30 km/jam bersepeda bisa membakar sejumlah 1,090 kalori.
Dengan rutin kayuh peda sepeda dapat menjadikan tubuh anda menjadi lebih bugar, hal ini lebih fokus pada kinerja paru-paru dan jantung maka telah jelaskan di atas bahwa sepeda mampu mencegah berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Belum ada Komentar untuk "Kalori yang terbakar dalam tubuh ketika bersepeda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel