atmojo

Khasiat susu kurma dan cara membuatnya

Khasiat susu kurma dan cara membuatnya


Siapa yang tak mengenal buah asli Timur Tengah yang bernama Kurma. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang dihasilkan dari salah satu jenis tanaman palma ini memang terkenal sebagai buah legenda yang memiliki banyak sekali khasiat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Tahukah anda buah kurma mengandung (21g air dalam 100g buah kurma), (karbohidrat serat pangan seperti gula dan serat) serta memiliki kandungan (lemak, protein, air, vitamin C) dan beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh antara lain :

• Serat
• Protein
• Kalium
• Magnesium
• Mangan
• Zat besi
• Vitamin B6
• Vitamin K
• Folat
• Antioksidan (karoten, fenolik, avanoid dan anthocyanin).

Dari banyaknya kandungan diatas yang terdapat pada kurma, maka wajar saja kalau buah kesukaan Nabi ini mampu mengatasi berbagai penyakit dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun pernahkah terbayang dalam pikiran anda jika buah dengan sejuta manfaat tersebut dipadukan dengan susu sapi murni yang juga memiliki banyak sekali manfaat?

Dan ternyata hal tersebut telah ada dan sudah menjadi sangat populer saat ini. Sebut saja "susu kurma", itulah sebutan dari kombinasi susu dan buah kurma. Susu kurma merupakan minuman olahan dari buah kurma yang dicampur dengan susu sapi dimana hal tersebut sudah menjadi salah satu cara alternatif konsumsi kedua bahan tersebut.

Cara alternatif konsumsi kedua bahan tersebut sangat disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, dan menjadikan susu kurma menjadi minuman yang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang dapat saya rangkum dari susu kurma.

Manfaat susu kurma

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kandungan serat (tidak larut) yang terdapat pada kurma memang diperlukan oleh tubuh untuk untuk melancarkan sistem pencernaan dan memadatkan fases, serta dapat mengurangi resiko terkena masalah pencernaan yang lain seperti diare, sembelit dan kandungan baik dalam susu sapi juga dapat menghindari bakteri jahat penyebab penyakit kanker usus karena kandungan tinggi fenolik pada susu dan kurma mampu membersihkan organ usus tubuh.
  •  Menjaga kesehatan tulang
Jika anda mengalami masalah pada tulang atau menginginkan agar terhindar dari penyakit tulang, maka buah kurma dan susu sapi adalah salah satu kunci untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebab kandungan Mangan, zat besi dan magnesium pada kurma memiliki potensi untuk mencegah anda dari osteoporosis, serta kandungan tinggi kalsium, fosfor pada susu sapi dan mineral di dalamnya membantu menambah dan menjaga kesehatan tulang.
  • Menjaga dan menyehatkan jantung
Tak hanya baik untuk kesehatan tulang, kandungan mineral seperti magnesium serta kalium dan kandungan potasium yang terdapat pada kurma dan susu sapi juga mampu stabilkan tekanan darah pada tubuh anda. Tak hanya itu kandungan serat pada buah kurma juga mampu menekan angka kolesterol pada tubuh sehingga membuat aliran darah menjadi lancar.

Dan kandungan fenolik yang tinggi telah lama dikenal sebagai asam yang dapat membantu menekan resiko penyakit hipertensi, penyakit jantung hingga stroke. Jika anda menginginkan jantung yang sehat, maka salah satu jawabannya adalah buah kurma.
  • Mencegah penyakit diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya, namun penyakit ini bisa di cegah atau agar tidak terlalu parah sehingga bisa memicu penyakit penyakit yang lainnya. Dan ketika anda rutin mengkonsumsi susu kurma maka anda bisa mencegah penyakit diabetes menyerang tubuh anda.

Susu kurma memang memiliki rasa yang manis namun, susu kurma tidak langsung meningkatkan kadar gula tubuh anda, karena kandungan mineral yang terdapat pada buah kurma dan susu sapi serta nutrisi lainnya dapat mengatur kadar hormon insulin dan membuat netral gula darah.
  • Mencegah kekurangan sel darah merah
Jika anda mendengar kata Anemia, pasti yang ada dalam pikiran anda adalah seseorang yang mudah lelah, letih serta berwajah pucat. Ya Anemia merupakan kondisi tubuh dimana tubuh mengalami kurang aliran oksigen ke organ tubuh yang terjadi karena kurangnya kadar hemoglobin pada tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut maka konsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi, seperti susu sapi dan buah Kurma merupakan kombinasi tepat dengan kandungan zat besi yang tinggi untuk mengatasi masalah di atas.
  • Menurunkan berat badan
Program diet merupakan aktivitas untuk menurunkan berat badan dengan menerapkan aturan konsumsi makanan khusus untuk kesehatan. Secara umum program diet dilakukan bagi mereka yang menginginkan berat badan yang ideal dengan mengatur dan mengubah pola makan serta pola hidup dengan yang lebih sehat.

Makanan yang biasa dikonsumsi dalam program diet adalah makanan yang mengandung banyak serat, nutrisi dan protein yang tak larut untuk membantu perut merasa kenyang lebih lama, namun asupan nutrisi tetap terjaga. Terdapat banyak makanan seperti buah dan dipadukan dengan susu sapi yang dapat menunjang program diet sehat, salah satunya yaitu susu kurma.

Susu kurma memiliki kandungan tinggi serat, nutrisi dan mengandung protein yang tak larut, jadi ketika anda mengkonsumsi susu kurma anda akan merasa kenyang lebih lama namun kandungan nutrisi dan serat tetap terjaga.
  • Membantu memenuhi kebutuhan cairan
Ketika anda telah melewati kesibukan atau aktivitas yang melelahkan anda pasti akan merasa lemas karena merosotnya gula darah dan kehilangan cairan. Buah kurma memiliki rasa manis karena kandungan gula yang dapat membantu tingkatkan gula darah yang sempat turun karena aktivitas yang melelahkan.

Hal tersebut akan membuat anda merasa lebih energik dan semangat kembali serta menjaga tubuh tetap fit dan kandungan air 21g dalam 100g buah kurma ditambah dengan kandungan magnesium pada susu sapi dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dan tenaga harian anda. 
  • Booster asi
Kandungan seperti tryptophan pada kurma dan kolostrum atau susu sapi mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh dapat ditambahkan sebagai suplemen pada ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi asi pada ibu menyusui, selain itu juga bisa mengurangi stres dan sifat kolostrom dari susu sapi yang dapat meningkatkan kesehatan ibu.
  •  Anti kanker Ovarium
Dalam susu murni memiliki kandungan vitamin D, laktosa dan kalsium yang mampu memainkan peran pertumbuhan sel dan mencegah kanker ovarium. Sedangkan pada buah kurma terdapat senyawa flavonoid, asam fenolik dan karotenoid yang merupakan jenis antioksidan, dimana antioksidan merupakan molekul yang terdapat pada makanan tertentu yang memiliki fungsi untuk mencegah oksidasi terhadap molekul lainnya yang dapat merusak sel sel dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan radikal bebas.
  • Mencegah gigi berlubang pada anak
Vitamin D yang terkandung dalam susu sapi dan vitamin K yang terkandung pada buah kurma bisa membangun enamel atau lapisan luar gigi pada anak-anak bahkan orang dewasa sehingga lapisan enamel pada gigi tidak mudah rusak oleh bakteri.

Selain beberapa khasiat yang telah saya rangkum diatas, masih terdapat banyak lagi manfaat dari susu kurma. Ketika melihat beberapa manfaat serta khasiat dari susu kurma, mungkin anda ingin sekali mencoba mengkonsumsi susu kurma.

Susu kurma yang baik terbuat dari bahan kurma dan susu murni pilihan, dimana susu kurma tersebut bisa anda dapatkan di toko yang sudah terpercaya akan kualitasnya, dan anda bisa membelinya disini. Karena disini juga merupakan toko yang menjual berbagai macam jenis kurma berkualitas Timur Tengah.

Namun jika anda ingin membuat susu kurma sendiri dirumah, saya yakin anda pasti bisa membuatnya, karena caranya sangat mudah. Dan berikut ini adalah cara membuat susu kurma.

Cara membuat susu kurma
  • Bahan dasar
  1. 250ml susu sapi murni atau bisa dengan susu UHT.
  2. 7 butir buah kurma.
  3. Sedikit air putih dan anda bisa menambahkan kayu manis sebagai penguat rasa.
  • Cara membuat
  1. Pisahkan buah kurma dari bijinya lalu rendam dengan sedikit air putih selama minimal 5 jam, untuk menghasilkan air nabeez (air rendaman buah kurma).
  2. Blender buah kurma yang telah dipisahkan dari bijinya bersama dengan air nabeez (air hasil rendam buah kurma) serta susu UHT sampai halus.
Begitu saja cara membuat susu kurma, caranya sangat mudah namun tersimpan sensasi konsumsi kedua bahan tersebut dengan menyenangkan dan sangat menyehatkan tentunya. Atau anda bisa Demikian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Khasiat susu kurma dan cara membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel