atmojo

Manfaat garam himalaya yang baik untuk kesehatan tubuh

Manfaat garam himalaya yang baik untuk kesehatan tubuh


Siapa yang tak mengenal dengan bumbu dapur bernama Garam. Garam merupakan senyawa ionik atau isotonik yang terdiri dari ion positif dan ion negatif, selain itu garam juga memiliki senyawa yang bernama natrium klorida, yang merupakan bahan utama untuk membuat garam dapur.

Belakangan ini garam sedang menjadi barang yang populer, jenis garam tersebut ialah garam himalaya. Garam Himalaya merupakan jenis garam yang berbeda dengan jenis garam pada umumnya kita temukan di dapur atau di pasar.

Garam himalaya adalah garam yang berwarna pink berasal dari tambang garam terbesar di daerah kaki pegunungan Himalaya yang bernama tambang Khewra Salt Mine di Pakistan, dan garam Himalaya ini disebut-sebut sebagai garam yang sangat murni dari pada jenis garam lainnya.

Pada dasarnya garam Himalaya memiliki fungsi yang sama sebagaimana fungsi garam pada umumnya yakni untuk bahan memasak, namun yang menjadikan garam Himalaya berbeda dengan jenis garam lainnya yakni bentuk dan warnanya, garam Himalaya memiliki bentuk yang lebih kasar dan memiliki warna pink atau merah muda.

Kandungan natrium klorida yang terdapat pada garam Himalaya memiliki kandungan 98 persen, selain itu garam Himalaya juga memiliki banyak kandungan mineral yang lain seperti kalium, kalsium, magnesium, sulfur, zat besi dan lain-lain. Maka dari kandungan tersebut, garam Himalaya ini menjadi garam yang populer, dan berikut ini adalah manfaat garam Himalaya yang baik untuk kesehatan tubuh.


  • Asupan mineral tubuh.

Dari kandungan mineral yang terkandung didalam garam Himalaya seperti kalium, kalsium, magnesium, sulfur, zat besi dan masih ada 80 jenis mineral lainnya yang berbeda. Dari situ lah garam Himalaya ini menjadi peran penting sebagai asupan mineral bagi tubuh.

  • Anti dehidrasi.

Kandungan elektrolit dan magnesium yang terdapat didalam garam Himalaya diklaim dari sebuah penelitian University di Skotlandia mampu membuat stabil atau menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan bisa membantu meningkatkan fungsi kerja otot.

  • Menjaga tekanan darah.

Berbeda dengan jenis garam lainnya yang memiliki kandungan sodium 2.300 mg per sendok makan, garam Himalaya hanya memiliki kandungan sodium sebanyak 420 mg. Dan menurut penelitian, untuk menjaga kesehatan tubuh disarankan untuk mengkonsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 mg per hari, maka garam Himalaya lebih aman dan sehat dibandingkan dengan jenis garam pada umumnya.

  • Menjaga pH tubuh.

Jika seseorang memiliki tingkat pH yang tidak seimbang didalam tubuh bisa sebabkan masalah kesehatan seperti naiknya berat badan dan yang paling parah yakni kerusakan organ ginjal. Dan mengkonsumsi garam Himalaya sebagai pengganti jenis garam pada umumnya dapat membantu seimbang pH dalam tubuh.

  • Anti-mikroba atau anti bakteri.

Pada dasarnya garam biasa dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan, selain itu anti-mikroba dalam garam Himalaya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti melawan infeksi, kemudian natrium dalam garam juga dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh. Selain itu garam Himalaya juga bisa dioleskan pada kulit untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur pada kulit.

  • Detoksifikasi.

Istilah detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan berendam air hangat yang ditambahkan garam Himalaya, dalam garam Himalaya terdapat beberapa kandungan yang mampu membantu menarik atau mengeluarkan racun dari kulit dan jaringan lemak.

  • Obat Kanker yang alami.

Kandungan sodium dan ion klorida yang terdapat didalam garam Himalaya terbukti oleh penelitian di Austria mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Kemudian penelitian yang dilakukan ilmuwan Austria ini dikembangkan sehingga menjadi riset untuk memerangi kanker payudara.

  • Mengatasi jerawat kulit.

Selain manfaat untuk kesehatan didalam tubuh, garam Himalaya juga bermanfaat baik untuk kecantikan kulit salah satunya yakni mengatasi jerawat. Pasalnya kandungan atau sifat anti-mikroba dan detoksifikasi yang dimiliki garam ini mampu melawan bakteri penyebab kulit berjerawat. Selain itu air garam juga mampu mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.

  • Menjaga kesehatan mulut.

Kandungan dasar pada garam seperti natrium klorida yang memiliki sifat anti-mikroba atau anti bakteri, dapat membuat basa dan meningkatkan pH di dalam mulut yang menghalangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan kandungan isotonik tidak menyebabkan iritasi pada selaput lendir. Dari situlah banyak dokter gigi menganjurkan penggunaan air asin yang hangat untuk berkumur atau setelah melakukan prosedur gigi.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat garam himalaya yang baik untuk kesehatan tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel