atmojo

Apa itu benchmark CPU? ini dia pengertian Benchmark pada komputer

Apa itu benchmark CPU? ini dia pengertian Benchmark pada komputer


Ketika anda hendak membeli komputer baru atau bekas tentu anda pernah terbayangkan dalam pikiran anda tentang berapa nilai benchmark atas perangkat tersebut?, bagi anda yang sudah paham tentang arti benchmark mungkin hal tersebut merupakan salah satu poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli komputer atau smartphone.

Dan bagi anda yang belum paham mengenai arti kata Benchmark pada sebuah komputer atau smartphone tentu anda akan kebingungan bahkan sama sekali tidak memperhatikan hal tersebut, padahal hal tersebut merupakan salah satu poin yang perlu anda ketahui sebelum anda membeli perangkat agar sesuai dengan kebutuhan anda nantinya.

Pengertian benchmark

Untuk anda yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan benchmark. Benchmark adalah suatu proses pengetesan kemampuan dari kinerja sistem atau komponen komputer dalam menjalankan operasi secara keseluruhan menggunakan program yang dirancang khusus agar dapat menampilkan angka atau hasil pada layar monitor.
  • Benchmark sistem
Benchmark sistem atau tolok ukur sistem adalah mengevaluasi kinerja keseluruhan komputer dalam menjalankan program atau aplikasi. Benchmark pada sistem berguna untuk membandingkan atau menunjukan efek dari masing-masing subsistem pada kinerja keseluruhan.
  • Benchmark komponen
Benchmark komponen atau tolok ukur komponen adalah menguji suatu komponen tertentu dari sistem komputer seperti kartu audio, mikroprosesor atau papan video. Benchmark pada komponen komputer berguna untuk membantu anda memilih komponen sistem komputer yang sesuai dengan kebutuhan atau fungsi tertentu.

Manfaat benchmarking, Proses benchmark sendiri dilakukan jika anda ingin membandingkan kinerja komputer yang hendak anda pilih atau beli dengan kinerja komputer pilihan lainnya, yakni kedua pilihan komputer tersebut sama-sama melakukan proses benchmark agar dapat menampilkan angka atau hasil seberapa kuat dari masing-masing komputer tersebut dalam menjalankan operasi secara keseluruhan.

Sebenarnya proses benchmark pada komputer dengan proses benchmark pada smartphone itu sama saja, yakni bertujuan untuk menampilkan angka atau hasil dari kinerja prosesor menjalankan operasi secara keseluruhan. Namun yang menjadi perbedaan antara proses benchmark komputer dengan benchmark smartphone yakni pada program.

Jenis benchmark

Pada umumnya contoh benchmark sendiri terbagi menjadi dua yakni Synthetic Benchmark dan Application Benchmark. Dan berikut ini adalah pengertian dari Synthetic Benchmark dan Application Benchmark.
  • Synthetic Benchmark.
Synthetic Benchmark adalah sebuah proses benchmark tingkat komponen, dan mengevaluasi kemampuan tertentu pada suatu subsistem. Contohnya kinerja subsistem disk dapat menggabungkan serangkaian operasi dasar seperti mencari, menulis dan membaca yang melibatkan beberapa jumlah blok disk dengan ukuran yang berbeda.
  • Application Benchmark.
Application Benchmark adalah tolok ukur aplikasi yang menggunakan program aplikasi aktual, yang sebagian besar benchmark aplikasi adalah tolok ukur tingkat sistem dan mengukur kinerja keseluruhan sistem serta kemampuan komponen ketika menjalankan aplikasi yang biasa dijalankan sehari-hari.

Apa itu benchmark CPU? ini dia pengertian Benchmark pada komputer


Dan ketika anda tertarik untuk melakukan benchmark, anda bisa melakukannya dengan sangat mudah, tidak seperti zaman dahulu, melakukan benchmark zaman dulu terbilang rumit. Pada zaman sekarang melakukan benchmark anda hanya perlu download program benchmark lalu menjalankan program benchmark tersebut pada komputer atau smartphone anda dan setelah itu anda bisa langsung melihat hasilnya tanpa melalui proses yang rumit.

Belakangan saat ini, program benchmark sendiri yang paling sering dipakai atau program benchmark terkemuka untuk komputer adalah PCMark, CINEBENCH atau 3DMark yang digunakan untuk menampilkan kemampuan komputer dalam menjalankan proses 3D seperti menjalankan Video Game. Sedangkan untuk perangkat Smartphone anda bisa gunakan program benchmark yang bernama Antutu Benchmark atau Geekbench 4.

Tidak ada salahnya untuk mengetahui hasil benchmark dari perangkat, baik komputer atau smartphone yang hendak anda beli dengan merk atau pilihan perangkat yang lainnya, semakin tinggi skor atau hasil benchmark maka akan semakin bagus pula kinerja perangkatnya. Dengan demikian anda bisa membeli atau memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan anda, atau sebagai perbandingan antara harga dengan spesifikasi dari perangkat yang anda pilih.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu benchmark CPU? ini dia pengertian Benchmark pada komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel