atmojo

Penyebab masuk angin mual dan perut kembung serta cara mengobatinya

Penyebab masuk angin mual dan perut kembung serta cara mengobatinya


Sebagian besar masyarakat Indonesia atau bahkan setiap orang di Dunia pasti pernah mengalami yang namanya masuk angin. Masuk angin merupakan istilah yang sangat terkenal atau sangat populer di tanah air Indonesia yang menggambarkan kondisi seseorang sedang mengalami tidak enak badan.

Masuk angin adalah sebuah istilah non-medis yang sering diucapkan oleh sebagian besar masyarakat tanah air serta bukan merupakan suatu penyakit walau ketika seseorang sedang mengalami masuk angin sering merasakan nyeri otot, demam, menggigil, pegal-pegal dan perut kembung yang disebabkan terlalu banyaknya gas atau udara di dalam saluran pencernaan dan ditandai dengan sering bersendawa, bahkan disertai dengan hilangnya nafsu makan.

Jika anda pernah merasakan masuk angin tentu anda tidak akan panik atau bingung untuk mengobati hal tersebut, karena penyebab masuk angin ini ialah bukan berarti disebabkan oleh angin yang masuk ke dalam tubuh atau seperti setelah kehujanan, melainkan turunnya sistem kekebalan tubuh seseorang karena kelelahan dan yang lainnya sehingga mudah terkena virus maupun bakteri dari luar.

Masuk angin akan sering dialami seseorang ketika musim hujan telah tiba atau ketika seseorang kurang terkena paparan sinar matahari, sebab sinar matahari terutama pada pagi hari bermanfaat baik bagi tubuh karena mendukung produksi vitamin D dalam tubuh. Mengingat vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh untuk menangkal berbagai hal buruk untuk kesehatan, maka dari itu masuk angin sering dialami seseorang ketika musim hujan.

Cara mengatasi masuk angin dengan cepat


Secara alami masuk angin yang dialami seseorang akan sembuh dengan sendirinya, namun ketika anda dalam kondisi mobilitas yang tinggi tentu masuk angin akan sangat mengganggu aktivitas harian anda bahkan yang disertai dengan gejala mual, maka dari itu anda memerlukan tindakan yang tepat atau obat untuk mempercepat proses penyembuhan hal tersebut. Dan berikut adalah cara mengatasi masuk angin dengan cepat.

  • Perbanyak minum air putih yang hangat untuk melegakan saluran pernapasan dan membantu proses detoksifikasi tubuh dalam bentuk keluarnya keringat. Anda bisa menambahkan jahe atau rempah yang lainnya seperti serai agar bisa lebih menghangatkan tubuh ketika kondisi tubuh mengalami menggigil.
  • Makan makanan yang sehat seperti sayuran hijau, telur atau daging dan usahakan agar jangan sampai telat makan supaya perut anda tidak kosong dan asupan tubuh tetap terjaga.
  • Istirahat yang cukup, hal demikian perlu diperhatikan bagi anda yang sedang mengalami masuk angin untuk membantu proses penyembuhan tubuh.
  • Bagi anda yang perokok, disarankan agar berhenti merokok untuk sementara waktu sampai kondisi sudah pulih.
  • Olahraga ringan yang rutin agar tubuh tetap bugar dan tetap mengalami proses detoksifikasi melalui keringat.
  • Bila perlu konsumsi obat untuk membantu menurunkan panas atau anti nyeri otot yang sesuai dengan anjuran dokter seperti paracetamol. 

Cara mencegah masuk angin agar tidak terjadi kembali

Ketika masuk angin sudah hilang dan tubuh sudah merasa pulih kembali, tentu anda tidak menginginkan masuk angin tersebut datang kembali menyerang tubuh anda. Maka dari itu anda perlu mengubah pola hidup dan makan anda lebih baik agar daya tahan tubuh anda selalu terjaga. Dan berikut adalah cara mencegah masuk angin agar tidak menyerang kembali.
  • Pola hidup yang sehat.
Pola hidup yang sehat dapat anda lakukan dan mulai dari diri sendiri dan lingkungan anda. Pola hidup sehat seperti rutin melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit sehari, kurangi begadang pada malam hari agar istirahat anda cukup, menjaga kebersihan diri dengan rutin mandi dan cuci tangan setelah melakukan aktivitas serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan ketika harus keluar rumah saat cuaca dingin disarankan mengenakan jaket atau pakaian tebal agar tidak kedinginan. 
  • Pola makan yang sehat.
Poin kedua agar dapat mencegah masuk angin pada diri anda yakni dengan memperhatikan pola makan anda, jika sebelumnya pola makan anda tidak sehat atau tidak baik maka disarankan untuk mengubahnya ke yang lebih baik lagi seperti banyak minum air putih minimal 2 liter sehari, konsumsi makanan sehat dan bergizi mengandung tinggi protein, omega 3, vitamin dan antioksidan serta flavonoid.

Demikianlah penyebab terjadinya masuk angin yang telah saya rangkum serta cara alami dan cepat untuk mengobatinya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab masuk angin mual dan perut kembung serta cara mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel