atmojo

Tips keselamatan saat bersepeda dijalan umum

Tips keselamatan saat bersepeda dijalan umum


Dalam bahasa inggris bersepeda artinya Cycling yang merupakan kendaraan roda dua yang di gerakan oleh tenaga manusia dengan cara kayuh dua pedal di sisi kanan dan kiri secara bergantian. Sepeda merupakan kendaraan yang populer dari dulu sampai sekarang baik untuk alat transportasi, rekreasi hingga olahraga.

Selain bermanfaat bagi kesehatan bersepeda juga sering dilakukan masyarakat di berbagai negara sebagai mode transportasi yang sangat efisien, sebab sepeda tidak menggunakan mesin yang memerlukan bahan bakar dan efek positifnya tidak menimbulkan polusi, melainkan menyehatkan tubuh.

Baca juga manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh.

Saat ini bersepeda merupakan aktivitas yang sangat populer, banyak pengguna jalan umum yang awalnya menggunakan kendaraan bermotor kini beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dan juga merupakan alat transportasi yang asik untuk rekreasi bersama orang dekat disaat waktu libur atau senggang.

Namun yang namanya transportasi tentu sepeda juga merupakan alat transportasi yang digunakan untuk berkendara di jalan umum atau jalan raya yang juga diisi dan digunakan untuk transportasi lainnya seperti kendaraan bermotor dan lainnya, untuk itu bersepeda juga memiliki etika yang perlu diperhatikan. Dan berikut ini adalah tips keselamatan saat bersepeda dijalan umum.

  • Kenakan APD "Alat Pelindung Diri"
Ketika bersepeda tak menutup kemungkinan terkena kecelakaan atau terjatuh, maka dari itu kenakan APD "alat pelindung diri" yang sesuai untuk menjaga keselamatan diri anda seperti mengenakan helm, sarung tangan, sepatu, baju terang atau mantel hujan yang tidak mengganggu kenyamanan saat bersepeda.

  • Rambu lalu lintas
Bersepeda juga tak lepas dari rambu lalu lintas, yang namanya pengguna jalan umum juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas layaknya pengguna jalan lainnya seperti kendaraan bermotor. Untuk memulai lalu lintas yang aman dan nyaman serta selamat tentu harus kita mulai dari diri kita sendiri baik menggunakan sepeda atau kendaraan bermotor. Jika di jalan terdapat jalur bagi sepeda maka gunakan jalur sepeda tersebut dengan baik dan jangan arogan saat bersepeda.

  • Jangan melawan arus lalu lintas
Hal ini juga termasuk dalam rambu lalu lintas, bersepeda juga harus mematuhi poin penting yang satu ini yakni jangan pernah melawan arus lalu lintas demi keselamatan diri dan pengguna jalan yang lainnya. Sepeda memang memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, namun jika semuanya sudah turun ke jalan raya atau umum maka mau tidak mau harus mematuhi etika berkendara yang baik dan benar juga agar selalu selamat.
  • Konsentrasi dan jangan bermain Handphone
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka sebagai pengguna jalan yang baik maka ketika berkendara dijalan umum disarankan untuk jangan berkendara sambil bermain handphone atau sambil mengenakan earphone. Hal ini juga teruntuk para pengguna sepeda, agar tetap konsentrasi terhadap objek disekitar dan didepan mata.
  • Persiapkan rem dengan baik
Perhatikan jarak aman antara diri anda ketika bersepeda dengan objek bergerak atau kendaraan lain yang ada didepan anda dan wajib untuk anda ketika dalam situasi seperti ini untuk mempersiapkan kedua tangan untuk rem sepeda anda, agar sepeda bisa langsung berhenti dengan aman ketika mengalami situasi yang tidak diinginkan, dan jangan gunakan satu tangan untuk rem ketika situasi seperti ini.
  • Perhatikan jalan
Ketika bersepeda terlebih dijalan umum yang memiliki banyak gang sempit untuk lebih waspada serta perhatikan gang-gang kecil atau jalan di samping ketika anda hendak melewatinya. Selain itu juga disarankan untuk jangan melewati garis pembatas jalan ketika bersepeda di jalan umum. Kemudian jangan pernah mendahului dari sebelah kiri, jika hal tersebut terpaksa maka disarankan untuk tetap waspada dan segera kurangi laju sepeda anda serta persiapkan tangan anda untuk rem sepeda anda.
  • Gunakan aksesoris lampu atau pemantul sinar
Bersepeda juga tidak hanya dilakukan pada siang hari, pada malam hari juga kita boleh-boleh saja untuk bersepeda, namun ketika bersepeda pada malam hari tentu berbeda ketika bersepeda pada siang hari. Pengguna sepeda cenderung lebih tidak terlihat ketika bersepeda di malam hari, dan untuk itu disarankan untuk menambahkan aksesoris lampu atau alat pemantul cahaya lainnya untuk sepeda anda untuk memberitahukan atau memberi peringatan kepada pengguna jalan yang lain bahwa anda sedang bersepeda.
  • Gerakan tangan
Ketika bersepeda dijalan umum yang memiliki banyak jalan kecil atau belokan dan ketika anda hendak berbelok atau menyebrang disarankan untuk memberitahu pengguna jalan lain bahwa anda hendak berbelok atau menyebrang dengan gerakan tangan anda sebagai sinyal arah mana yang hendak anda tuju kepada pengguna jalan lain.
  • Jangan berjejer
Ketika bersepeda dijalan umum sebaiknya hargai juga pengguna jalan yang lainnya, dengan jangan berjejer saat bersepeda. Dengan demikian selain memberi kenyamanan kepada pengguna jalan yang lain juga dapat menekan resiko kecelakaan pada diri anda ketika bersepeda. Ketika anda bersepeda dengan teman-teman anda dan anda berjejer dengan pengguna sepeda yang lainnya, hal tersebut dapat membuat kesal pengguna jalan yang lain yang berada di belakang anda, dan juga hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan juga pengguna jalan yang lainnya karena rawan kecelakaan.

Belum ada Komentar untuk "Tips keselamatan saat bersepeda dijalan umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel