atmojo

Cara memilih mouse untuk bermain game komputer

Cara memilih mouse untuk bermain game komputer


Bagi pengguna komputer, baik itu pengguna laptop maupun komputer desktop pasti tidak asing lagi dengan yang namanya mouse. Mouse sendiri merupakan piranti penunjuk yang digunakan pada komputer untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan pengetik atau keyboard.

Sejarah tentang mouse sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan dasar kayu hanya dengan menggunakan satu tombol. Dan hingga sampai saat ini banyak sekali produsen mouse yang menciptakan mouse untuk keperluan lainnya mulai dari hanya untuk kebutuhan biasa bahkan untuk kebutuhan bermain game dengan model yang banyak sekali macam dan memiliki lebih dari 1 tombol.

Berbicara soal game di komputer tentu tidak nyaman jika tidak menggunakan mouse sebagai penunjuk untuk memasukkan data perintah ke dalam komputer saat menjalankan permainan. Maka dari itu banyak orang menggunakan mouse dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi dari pada jenis mouse lainnya untuk memaksimalkan pengalaman bermain pada komputernya.

Mouse yang digunakan untuk bermain game pada komputer biasa kita sebut dengan "gaming mouse", gaming mouse sendiri memiliki spesifikasi yang sangat jauh berbeda dengan jenis mouse biasa pada umumnya, karena gaming mouse memiliki kinerja yang lebih baik untuk penunjuk dan input data ke dalam komputer sesuai dengan jenis permainan.

Jika Anda hendak membeli atau memilih gaming mouse sebaiknya kenali dulu spesifikasi dari gaming mouse yang akan Anda beli atau pilih agar Anda tidak kebingungan atau bahkan salah membeli. Dan berikut ini adalah tips atau cara memilih mouse yang baik untuk bermain game komputer.

  • Sesuaikan DPI mouse.

Dari sekian banyak jenis gaming mouse yang diproduksi oleh pabrikan mouse, gaming mouse memiliki tipe yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda seseorang yang menyukai game komputer FPS seperti Call of Duty, Battlefield, Apex Legends dan lain sebagainya, maka Anda lebih cocok membeli atau memilih gaming mouse yang memiliki DPI tinggi. Game FPS "First person shooter" sendiri merupakan genre video game yang ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar yang melakukan simulasi apa yang dilihat melalui mata karakter dalam video game yang Anda mainkan.

Jika Anda menyukai game genre MOBA atau MMORPG, maka Anda lebih cocok membeli atau memilih gaming mouse yang memiliki tombol shortcut tambahan yang banyak di sisi kiri mouse sebagai pengatur makro, yang berarti Anda bisa menanam skill pada tombol tambahan tersebut. Game MOBA "multiplayer online battle arena" sendiri adalah sebuah subgenre dari video game yang memerlukan sebuah strategi di dalam permainannya seperti Dota, League of Legends, Smite, Battlerite dan lain sebagainya.

  • Sesuaikan style grip mouse.

Tips memilih mouse untuk bermain game komputer


Dari sekian banyak jenis mouse yang diproduksi oleh beberapa pabrikan telah menyematkan bentuk fisik dari mouse itu sendiri untuk penyesuaian grip konsumen. Pada gaming mouse terdapat 3 tipe atau macam grip style yakni Palm Grip, Finger Tip Grip dan Claw Grip.

1. Palm Grip.

Tips memilih mouse untuk game


Tipe grip Palm Grip yaitu seluruh telapak tangan menempel pada permukaan mouse serta pergerakan mouse dilakukan dengan cara menggunakan sebagian dari lengan.

2. Finger Tip Grip.

Tips memilih mouse untuk game


Tipe finger tip grip yaitu memegang mouse hanya dengan empat jari. Penggunaan finger tip grip pada mouse sendiri merupakan penggunaan mouse yang sangat agresif, cepat dan presisi.

3. Claw Grip.

Tips memilih mouse untuk game


Tipe claw grip yaitu penggunaan mouse yang tidak jauh berbeda dengan penggunaan mouse tipe palm grip, hanya saja sedikit modifikasi dari tipe palm grip pada jari seperti cakar burung dan memiliki tingkat presisi yang lebih tinggi dari tipe palm grip.

Tentukan terlebih dahulu tipe penggunaan mouse Anda ketika memainkan game pada komputer kemudian barulah Anda memilih jenis mouse yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Sesuaikan tingkat sensor mouse.

Rata-rata dari sekian banyak produk gaming mouse yang ada di pasaran memiliki 2 jenis tipe sensor yang digunakan pada mouse itu sendiri yakni tipe Laser dan tipe Optical. Berikut adalah perbedaan antara laser mouse dan optical mouse.

1. Tipe Optical 

Optical mouse adalah mouse yang mempergunakan sinar dari photodioda yang digunakan untuk sensor pada mouse itu sendiri. Photodioda sendiri merupakan sensor cahaya semikonduktor yang dapat mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik pada mouse. Tipe mouse ini sangat baik digunakan pada permukaan yang tidak mengkilap dengan tingkat membaca hingga 3.2 Megapixel/s

2. Tipe Laser 

Laser mouse adalah mouse yang menggunakan sensor infrared laser dioda sebagai pengganti penggunaan photodioda. Dengan menggunakan sensor infrared laser dioda maka mouse laser ini bisa digunakan pada permukaan yang mengkilap seperti kaca dengan tingkat membaca mencapai 5.8 Megapixel/s.

Dengan tingkat membaca yang berbeda maka tingkat DPI dari kedua jenis sensor pada kedua jenis mouse tersebut juga berbeda. Tipe mouse optical memiliki tingkat DPI mencapai 8000 dpi, dan tipe mouse laser memiliki tingkat DPI mencapai 16000 dpi, semakin tinggi tingkat DPI mouse akan semakin tinggi juga tingkat sensitivitas gerak mouse tersebut.

  • Wireless atau Wired mouse.

Dan yang terakhir yakni sesuai dengan setup PC atau laptop yang digunakan, jika menggunakan tipe mouse kabel masih dirasa enak dan tidak terganggu maka tidak salah jika Anda menggunakan tipe mouse berkabel atau wired mouse. Namun tipe mouse wireless juga akan lebih nyaman untuk Anda ketika bermain game komputer atau pekerjaan komputer lainnya, sebab dengan menggunakan tipe mouse wireless "tidak adanya kabel" yang mungkin saja bisa menambah pengalaman bermain Anda menjadi lebih baik, karena Anda bisa lebih leluasa bebas dalam pergerakan mouse ketika bermain game atau melakukan pekerjaan komputer lainnya.

Demikian rangkuman dari saya tentang cara memilih mouse untuk bermain game komputer, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara memilih mouse untuk bermain game komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel