atmojo

Penyebab laptop lambat loading dan beberapa cara untuk atasi laptop lemot.

Penyebab laptop lambat loading dan beberapa cara untuk atasi laptop lemot.


Pada era digital seperti saat ini sebagian orang yang memiliki pekerjaan tertentu mungkin membutuhkan perangkat seperti laptop atau komputer untuk mengolah data digital. Dengan bertambahnya usia penggunaan komputer, proses mengolah data digital tentu bisa saja mengalami kendala, terlebih bagi seseorang dengan mobilitas yang tinggi.

Kendala yang paling umum terjadi ketika perangkat komputer sudah sering digunakan ialah mengalami penurunan kinerja salah satunya yakni lambat saat mengolah atau memproses suatu perintah. Ketika komputer Anda sudah mengalami penurunan kinerja tentu akan memberikan efek yang tidak menyenangkan.

Sebelumnya sedikit akan saya rangkum beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop atau komputer mengalami penurunan kinerja atau lambat saat memproses suatu perintah, di mana hal tersebut menjadi beragam atau tergantung sang pengguna, digunakan untuk keperluan apa laptopnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop mengalami penurunan kinerja atau lambat loading.

Kapasitas memori internal terbatas

Memori internal pada sebuah komputer tentu sangat dibutuhkan untuk menyimpan file atau dokumen lainnya. Memori internal memiliki batas kapasitas penyimpanan dan jika kapasitas penyimpanan sudah mulai penuh tentu akan membuat komponen tersebut mengalami penurunan kinerja yang bisa berdampak juga pada komputer.

Jenis dan memori internal yang terlalu tua

Selain kapasitas penyimpanan memori internal yang sudah hampir penuh, ternyata penurunan kinerja laptop atau komputer juga bisa diakibatkan oleh jenis dan usia memori internal itu sendiri, di mana secara umum usia pakai maksimal memori internal yakni sekitar 5 tahun dan jenis memori internal yang sudah ketinggalan zaman.

Terlalu banyak menjalankan aplikasi

Bagi sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi dengan komputernya tentu akan mengerjakan banyak sekali tugas pada komputernya, dan tanpa disadari ketika hal itu terjadi hardware atau komponen yang bernama RAM sangat dibebankan, terlebih kapasitas RAM yang kecil.

Tidak melakukan pembaharuan sistem operasi

Pada tiap-tiap komputer atau laptop tentu memiliki sebuah sistem operasi. Sistem operasi komputer adalah program atau software pada komputer atau laptop, Sistem operasi komputer berfungsi untuk menjalankan, mengontrol perangkat keras dan mengendalikan sumber daya aplikasi atau software pada komputer.

Komponen mengalami overheat

Pada saat menjalankan beberapa operasi, komponen-komponen yang terdapat di dalam komputer tentu akan dialiri arus listrik agar dapat bekerja dan berfungsi sebagai mana mestinya dan bisa menimbulkan panas pada komponen tersebut, jika sirkulasi udara baik tentu tidak akan begitu bermasalah pada komponen tersebut namun bagaimana jika tidak?

Terkena banyak virus atau malware

Virus atau malware, apa itu malware? Malware adalah software atau perangkat lunak komputer yang sengaja di program atau dirancang untuk menyebabkan beberapa kerusakan pada komputer atau jaringan komputer. Bahaya malware ialah dapat merusak komputer dan juga bisa mengganggu suatu jaringan pada komputer.

Untuk dapat mengatasi beberapa masalah penting seperti di atas, berikut adalah beberapa cara wajib coba untuk mengatasi laptop yang lambat loading atau lemot.

1. Install aplikasi atau software antivirus.

Ketika laptop sudah mengalami penurunan kinerja atau mengolah proses data dengan lambat, bisa saja hal tersebut diakibatkan oleh beberapa virus atau malware yang terdapat di dalam perangkat. Beberapa kasus virus atau malware yang terdapat di dalam perangkat bukan hanya memperlambat kinerja proses laptop melainkan bisa sampai merusak perangkat.

Dengan berkembangnya teknologi digital seperti sekarang ini selain memberikan banyak hal positif, namun juga memiliki hal yang negatif contohnya ialah banyak sekali terdapat virus atau malware yang sengaja dibuat atau dirancang untuk mengganggu kinerja komputer Anda, untuk mencegah hal tersebut maka perangkat atau laptop Anda memerlukan sebuah proteksi tambahan berupa software anti virus yang terpercaya untuk menjaga perangkat Anda tetap terjaga dari bahaya virus atau malware.

2. Tingkatkan kapasitas RAM.

Cara mengatasi laptop yang lambat ketika memproses sebuah perintah bisa Anda lakukan dengan menambahkan kapasitas RAM pada laptop Anda. RAM sendiri merupakan komponen wajib yang terdapat pada komputer, di mana komponen ini digunakan dan memiliki kapasitas tertentu, jika kapasitas RAM kecil artinya Anda hanya bisa membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu saja.

Dan ketika kapasitas RAM laptop Anda kecil namun Anda tetap memaksakan untuk membuka banyak aplikasi atau software di atas batas kemampuan kapasitas RAM laptop Anda yang terbatas, alhasil kinerja laptop atau komputer Anda akan menjadi lambat seperti tersendat-sendat bahkan tak jarang akan mengalami blank. Namun, perlu diketahui bahwa menambahkan kapasitas RAM pada laptop berbeda dengan menambahkan kapasitas RAM pada PC atau desktop computer, menambahkan kapasitas RAM pada laptop memerlukan tenaga yang ahli untuk membongkar laptop itu sendiri.

3. Manfaatkan cooling pad.

Ketika laptop digunakan terlalu lama atau digunakan pada tempat yang tidak semestinya, seperti di atas kasur dan sebagainya itu tidak menutup kemungkinan laptop akan mengalami panas yang berlebih karena sirkulasi udara yang tidak lancar dan ketika panas tersebut tidak diuraikan secara benar maka akan memberikan efek negatif pada komponen laptop itu sendiri, salah satu masalah yang bisa timbul ialah mengalami lambat dalam memproses perintah atau lemot.

Panas berlebih yang dihasilkan dari kinerja laptop atau yang biasa disebut dengan overheat akan berakibat langsung pada beberapa komponen seperti RAM dan hardware lainnya. Ketika komponen-komponen tersebut telah mengalami imbas dari panas berlebih laptop maka kinerja komponen-komponen tersebut akan mengalami penurunan sehingga dapat mengakibatkan laptop mengalami penurunan performa.

Untuk mengatasi panas yang berlebih pada laptop, maka disarankan untuk Anda agar menggunakan cooling pad atau pendingin lainnya. Dengan menggunakan cooling pad, panas yang dihasilkan dari hardware laptop dapat diuraikan dengan benar dan komponen yang mengalami peningkatan temperatur juga dapat dingin sehingga setiap komponen dapat menjalankan kinerjanya masing-masing dengan baik.

4. Perbaharui sistem operasi Komputer.

Penurunan kinerja laptop atau laptop lemot juga dapat dipengaruhi oleh software atau sistem operasi yang digunakan pada laptop itu sendiri. Usia laptop yang sudah terlalu tua juga dapat dipastikan bahwa sistem operasi juga sudah tua, jika sudah begitu tentu sistem operasi yang digunakan pada laptop tersebut kurang memadai untuk menjalankan beberapa operasi saat ini.

Tahukah Anda? Jika sistem operasi perangkat atau laptop sudah terlalu tua bisa saja menyebabkan penurunan kinerja pada laptop Anda seperti proses operasi yang lambat dan lain-lain. Untuk mengatasi hal itu sangat diperlukan agar mengatur ulang sistem operasi pada laptop Anda, install ulang perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan kinerja perangkat laptop atau bisa juga Anda melakukan pembaharuan yang tersedia pada sistem operasi yang digunakan.

5. Ganti memori internal HDD dengan SSD atau SSHD.

Memori internal pada komputer merupakan komponen penting yang digunakan pada komputer untuk menyimpan data, untuk sampai saat ini jenis memori internal terbagi menjadi 3 yakni jenis HDD, SSD dan SSHD. Namun penggunaan memori internal jenis HDD terbilang kuno atau hanya digunakan pada perangkat komputer versi lama, selain itu memori HDD juga memiliki kecepatan membaca data yang lambat dibandingkan dengan jenis memori internal lainnya.

Untuk mengatasi komputer yang masih memakai memori internal jenis HDD, saat sekarang sudah tersedia jenis memori versi yang terbaru yakni SSD dan SSHD, di mana SSD ini memiliki kecepatan membaca data yang jauh lebih cepat dari pada HDD. Dan ketika laptop Anda merupakan perangkat versi lama yang masih menggunakan HDD serta sudah mengalami kinerja yang lambat, maka disarankan untuk mengganti memori internal komputer Anda yang masih menggunakan HDD ke memori internal versi terbaru yakni SSD atau SSHD.


Selain itu jika Anda termasuk pengguna komputer yang suka menyimpan data dengan kapasitas yang besar, disarankan menggunakan atau mengganti ke memori internal jenis SSHD yang terkenal dengan kapasitas yang besar dan kemampuan membaca data yang cepat pula. Hal tersebut agar kapasitas memori tidak cepat penuh. Jangan lupa juga untuk bijak dalam penyimpanan file di memori internal yakni rutin membersihkan drive C, uninstall aplikasi atau program-program yang tidak lagi terpakai.

Demikian rangkuman dari saya tentang penyebab laptop lemot dan beberapa cara wajib coba untuk mengatasi laptop yang lambat atau lemot, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab laptop lambat loading dan beberapa cara untuk atasi laptop lemot."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel