atmojo

Cara mengatasi mogok pada mesin diesel

Cara mengatasi mogok pada mesin diesel

Mesin diesel merupakan mesin yang terbilang sederhana dan memiliki tenaga yang besar pula. Sekarang ini dunia otomotif pada kendaraan roda 4 atau lebih sudah banyak yang menggunakan mesin diesel sebagai dapur pacu.

Pada mesin diesel ini tidak menggunakan yang namanya sistem pengapian listrik atau ignition, sebab mesin diesel menggunakan pembakaran langsung yang disebabkan oleh tekanan kompresi yang sangat tinggi sehingga temperatur didalam ruang bakar meningkat tinggi dan dapat membakar bahan bakar.

Dengan demikian mesin diesel juga tidak bisa lepas dari yang namanya mogok, pada mesin diesel juga bisa mengalami mogok. Namun mogok pada mesin diesel ini disebabkan bukan karena sistem pengapian atau ignition sebab mesin ini tidak menggunakan sistem tersebut, melainkan karena tidak ada aliran bahan bakar ke ruang bakar.

Ketika bahan bakar tidak mengalir ke dalam ruang bakar pada mesin diesel ini tentu yang terjadi adalah hanya kompresi udara saja tidak dengan bahan bakar, sehingga tidak terjadi pembakaran. Hal ini sangat umum dialami pada mesin diesel karena bahan bakar tidak keluar dari nozzle injektor melainkan udara yang keluar dari nozzle.

Kejadian tersebut lebih sering dikenal dengan istilah "masuk angin". Kejadian masuk angin pada mesin diesel akan menyebabkan mesin susah dinyalakan, dan kalaupun bisa berjalan akan memberikan tenaga yang tidak maksimal atau tenaga yang lemah.

Penyebab

Penyebab terjadinya masuk angin tau adanya udara pada saluran bahan bakar mesin diesel ialah.

  • Tangki bahan bakar yang sering mengalami kekosongan bahan bakar atau sering tidak terisi penuh, minimal volume bahan bakar yang berada pada tangki ialah setengah penuh dari tangki atau ketika indikator bahan bakar sudah mendekati batas minimal, harus segera mengisi bahan bakar.
  • Pergantian komponen sistem bahan bakar yang harus dilakukan dengan melepas komponen-komponen tersebut seperti saringan bahan bakar, water sedimenter, pipa bahan bakar, pengecekan nozzle dan pompa injektor, sehingga udara dapat masuk kedalam sistem atau komponen tersebut.
Jika suatu ketika mesin diesel anda mengalami tenaga yang lemah atau bahkan sampai mogok yang disebabkan oleh kejadian "masuk angin" atau terdapat udara pada sistem bahan bakar, anda bisa mengatasinya secara manual dan mudah serta merupakan cara yang sangat umum dilakukan pada semua jenis mesin diesel.

Cara mengatasi

Cara yang bisa anda lakukan sendiri ketika mesin diesel anda mengalami tenaga yang lemah atau bahkan mogok yang disebabkan oleh adanya udara pada bagian sistem bahan bakar ialah dengan cara mengeluarkan udara yang terperangkap dalam sistem bahan bakar dengan cara memompa "priming pump".

Priming pump sendiri merupakan komponen yang terdapat pada sistem bahan bakar mesin diesel terdapat pada pompa bahan bakar yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam sistem bahan bakar, dan komponen ini digunakan bukan untuk melakukan langkah awal menghidupkan mesin, melainkan digunakan hanya ketika mesin mengalami kinerja yang tidak normal dari mesin ketika mengalami kemasukan udara pada sistem.

Proses memompa "priming pump" tidak dilakukan dengan cara otomatis atau melalui putaran mesin, melainkan dilakukan dengan cara manual menggunakan tangan, dan proses ini dilakukan ketika mesin diesel anda mengalami "masuk angin" atau saluran bahan bakar mengalami kekosongan sehingga terdapat udara didalamnya.

Dan berikut ialah cara memompa priming pump untuk mengeluarkan udara didalam sistem bahan bakar.

Cara mengatasi mogok pada mesin diesel

  • Cara pertama yakni lepaskan baut nepel atau baut yang digunakan untuk menutup saluran buang udara yang terperangkap pada saluran bahan bakar. Letaknya pada pompa bahan bakar dan berdekatan dengan priming pump.
Cara mengatasi mogok pada mesin diesel
  • Langkah kedua yakni pompa "priming pump" beberapa kali sampai solar keluar dari saluran buang udara. Pompa sampai solar yang keluar tidak berbuih, buih tersebut merupakan udara yang terperangkap pada saluran bahan bakar.
Cara mengatasi mogok pada mesin diesel

  • Langkah ketiga ketika solar yang sudah keluar tidak berbuih, berarti udara yang terperangkap sudah dikeluarkan, kemudian tutup atau pasang kembali baut penutup saluran buang udara.
  • Langkah berikutnya ketika baut penutup sudah dipasang dengan benar, pompa kembali "priming pump" beberapa kali sampai terasa berat atau keras lalu tahan pada posisi tekan, kemudian putar baut penutup saluran buang udara ke arah kiri seperti hendak melepaskan (jangan sampai lepas untuk menghindari semprotan solar yang keluar), jika solar keluar tanpa buih berarti udara dalam sistem sudah benar-benar tidak ada.
Cara mengatasi mogok pada mesin diesel

  • Selanjutnya putar kembali atau pasang baut penutup saluran buang udara dengan benar dan kencang, lalu pompa kembali "priming pump" beberapa kali sampai terasa beras atau keras, setelah itu lepaskan pompa priming dan mesin siap untuk dihidupkan. 

Penyebab lain

Selain terdapat udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar dapat menyebabkan tenaga mesin yang lemah bahkan mogok susah dinyalakan, penyebab lain seperti saluran bahan bakar tersumbat juga bisa menyebabkan tenaga mesin lemah bahkan mogok.

Saluran bahan bakar dapat tersumbat oleh kotoran disebabkan karena bahan bakar mesin diesel yaitu solar merupakan bahan bakar yang berbeda dengan bensin, sebab solar merupakan bahan bakar yang memiliki kandungan tinggi sulfur, maka dari itu saluran bahan bakar seperti komponen filter bahan bakar bisa dengan mudah tersumbat oleh kotoran, terlebih ketika menggunakan jenis solar dengan kualitas yang rendah.

Hal ini akan berakibat dan sangat memberikan efek yang negatif pada mesin diesel yang menggunakan sistem Common rail, sebab mesin diesel yang menggunakan sistem common rail ini sangat mengandalkan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi untuk menciptakan pembakaran yang maksimal pada ruang bakar.

Jika menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang rendah tentu akan cepat menyumbat komponen saluran bahan bakar dan bisa menurunkan kinerja common rail. Untuk menghindari hal tersebut maka disarankan untuk anda yang menggunakan mesin diesel agar rutin mengganti filter bahan bakar, minimal setiap 20.000 km harus mengganti filter bahan bakar.

Belum ada Komentar untuk " Cara mengatasi mogok pada mesin diesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel