atmojo

Pengertian defisit kalori untuk kesehatan

Pengertian defisit kalori pada tubuh


Bagi sebagian orang yang merasa tidak nyaman atau kurang nyaman dengan berat tubuh yang terlalu berlebihan mungkin akan memikirkan sesuatu untuk menurunkan berat badan tersebut agar badan ideal bisa di dapatkan??

Sebagai usaha untuk menurunkan berat badan, ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan kalori yang ada didalam tubuh. Salah satu usaha yang dapat dilakukan ialah memperhatikan asupan kalori yang di konsumsi.

Pengertian defisit kalori


Apa yang dimaksud dengan defisit kalori?. Tidak hanya dengan melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan, dengan Anda mengurangi konsumsi kalori harian yang masuk ke dalam tubuh, Anda bisa menurunkan berat badan. Mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh disebut juga dengan defisit kalori.

Kalori itu sendiri adalah ukuran banyaknya energi yang terkandung dalam asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi yang berupa energi ketika terbakar pada saat tubuh melakukan aktivitas fisik, menurunkan berat badan berarti total asupan dan pengeluaran kalori harian harus lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian.

Defisit kalori ialah terjadi ketika Anda konsumsi kalori dengan jumlah yang lebih sedikit dari pada jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Banyak sebagian orang konsumsi jumlah kalori yang banyak dari pada yang diperlukan oleh tubuh atau jumlah kalori yang dikeluarkan tubuh.

Dengan Anda konsumsi kalori dalam jumlah yang banyak tanpa Anda melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori yang masuk dalam tubuh, secara tidak sadar Anda telah menimbun banyak kalori dalam tubuh seperti di area paha, perut dan seluruh bagian tubuh.

Cara defisit kalori dengan benar


Setelah memahami arti dari defisit kalori di atas, maka jangan ragu lagi untuk Anda melakukan defisit kalori terutama bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih serta menginginkan berat badan yang ideal. Namun, defisit kalori dapat Anda lakukan dengan maksimal agar bisa mendapatkan dampak yang bagus untuk tubuh, dan berikut adalah cara defisit kalori dengan benar.
  • Perhatikan jumlah kalori harian Anda
Kenapa hal ini diperlukan?, sebab dengan kita memahami dan mengerti kebutuhan kalori harian tubuh, tentunya Anda bisa mengontrol jumlah asupan kalori yang akan masuk ke dalam tubuh dengan benar dan tanpa kekurangan kalori.

Secara umum kebutuhan kalori harian laki-laki dengan wanita berbeda dan tergantung beberapa faktor salah satunya yaitu faktor umur atau usia. Rata-rata kebutuhan kalori harian laki-laki ialah 2.500 kalori, sedangkan wanita ialah 2000 kalori, lalu berapa kalori per hari ketika melakukan program diet?.

Untuk mengurangi berat badan sebesar 0,5 kg dalam satu minggu, diperlukan defisit kalori sekitar 500-700 kalori per hari. Jadi untuk menurunkan berat badan atau melakukan defisit kalori bagi wanita diperkirakan membutuhkan sebanyak 1200-1500 kalori, dan bagi pria sebanyak 1500-1800 kalori per hari.

Perlu diingat, mengurangi atau defisit kalori tentu akan membuat Anda mudah lapar dan hal tersebut dapat Anda atasi dengan konsumsi lebih makanan yang tinggi protein. Sebab makanan tinggi protein terbukti mampu meningkatkan laju metabolisme dan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. 

Dengan makanan yang mengandung tinggi protein akan membantu Anda melawan nafsu makan berlebih. Disarankan setelah konsumsi makanan tinggi protein untuk membuat seimbang asupan tubuh Anda dengan konsumsi serat dan vitamin dari buah dan sayuran.
  • Olahraga
Ketika telah konsumsi sejumlah kalori yang banyak dalam tubuh atau tidak seimbang dengan kebutuhan kalori yang diperlukan, maka Anda memerlukan defisit kalori. Melakukan aktivitas tubuh atau dengan menjalankan olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mendukung defisit kalori Anda.

Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti gerakan kardio lompat tali, sit-up, push-up dan lainnya, cukup lakukan olahraga selama 30 menit sehari untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh Anda. Selain dapat mendukung defisit kalori yang Anda jalankan, olahraga juga sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Perhatikan asupan karbohidrat
Dalam makanan terkandung sejumlah karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh untuk sumber energi. Namun sebagian besar orang tidak memahami jumlah dan jenis karbohidrat yang telah dikonsumsi, maka dari itu seseorang mudah mengalami kenaikan jumlah kalori yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet tentu harus melakukan defisit kalori dengan memperhatikan jenis karbohidrat yang akan dijadikan sebagai asupan dan sumber energi harian. Dalam hal ini karbohidrat tidak memiliki acuan jumlah yang pasti sebagai asupan harian.

Meski begitu, bagi Anda yang sedang melakukan defisit kalori harus mengubah jenis asupan karbohidrat Anda ke jenis karbohidrat yang sehat seperti Roti gandum, sereal, buah-buahan utuh, kacang-kacangan dan susu atau yogurt rendah gula.
  • Banyak minum air putih dan kurangi konsumsi gula
Air putih memang terkenal dan sangat populer untuk menyehatkan tubuh salah satunya yaitu untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Air putih mengandung 0 kalori dan bahkan air putih bisa membantu membakar kalori berlebih yang ada di dalam tubuh, tak hanya itu minum air putih juga bisa membantu melakukan detoksifikasi tubuh lewat keringat dan urine.

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan tentu jangan pernah melupakan air putih untuk membantu defisit kalori dalam tubuh Anda. Disarankan untuk konsumsi minimal 2 liter air putih sehari agar bisa mendapatkan hasil defisit kalori yang baik.

Selain itu, kurangi konsumsi minuman yang mengandung gula juga sangat disarankan untuk Anda yang sedang melakukan defisit kalori. Gula yang terkandung dalam makanan atau minuman memiliki efek yang tidak baik terlebih ketika dikonsumsi secara berlebihan, bukan hanya bisa menambah berat badan tetapi juga bisa memicu masalah kesehatan yang lainnya.

Hal ini dikarenakan jika konsumsi gula yang berlebih, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin dan menyebabkan insulin dalam darah bekerja berlebihan, insulin yang bekerja berlebihan akan menyimpan semua glukosa dalam bentuk lemak yang bisa membuat berat badan bertambah.

Demikian pengertian tentang defisit kalori untuk kesehatan tubuh yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian defisit kalori untuk kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel