atmojo

Susu organik non aditif yang baik untuk kesehatan tubuh

Susu organik non aditif yang baik untuk kesehatan tubuh


Susu merupakan cairan berwarna putih yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Secara umum susu yang kita kenal ialah susu atau cairan putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada mamalia seperti manusia atau hewan salah satunya yaitu sapi.

Seperti yang kita ketahui susu merupakan sumber gizi utama bagi balita atau bayi ketika ia belum bisa mencerna makanan padat. Untuk usia yang produktif susu sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan menjaga tulang agar tidak keropos, terutama bagi orang yang memiliki usia lanjut. Secara umum kandungan yang dimiliki susu ialah vitamin, lemak, mineral, protein, kalsium, magnesium, zinc dan fosfor, maka dari itu setiap orang mulai dari usia muda sampai tua sangat dianjurkan untuk minum susu.

Namun tahukah anda, jenis susu yang mendominasi pasar ialah susu sapi non-organik yang memiliki kandungan aditif atau susu fullcream. Zat aditif pada susu itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak sapi diberikan semacam obat atau hormon sintetis (antibiotik) khusus agar bisa membuat sapi memproduksi susu dengan jumlah yang banyak, selain itu sapi perah yang ada pada peternakan rata-rata menghasilkan susu dengan kandungan tinggi lemak.

Pada anak-anak yang sering mengkonsumsi susu sapi kemasan atau susu fullcream bisa merasakan zat aditif tersebut, akibatnya yaitu anak akan merasa ketagihan untuk selalu minum susu tersebut bahkan banyak kasus pada anak yang tidak nafsu makan dan lebih memilih minum susu saja, padahal pada usia tersebut atau usia tertentu, anak harus mengganti asupan gizi dari susu ke makanan padat. Dari kasus tersebutlah banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengubah minum susu anak usia tertentu ke susu organik.

Pengertian

Susu organik non aditif yang baik untuk kesehatan tubuh


Susu organik adalah susu sapi yang dihasilkan dari sapi perah yang tidak diberikan zat atau obat (anti-biotik) tertentu untuk menambah produksi susu, bahkan sapi perah penghasil susu organik ini juga dalam peternakan dibiarkan begitu saja dalam mencari makan tanpa diberi makanan yang dicampur dengan pupuk kimia atau pestisida. Jadi sapi perah penghasil susu organik memiliki habitat yang lebih sehat, salah satunya pada segi pakan.

Berbeda dengan sapi perah biasanya yang memiliki habitat terbatas dalam peternakan dan diberikan makan secara langsung bahkan dengan penambahan obat tertentu, sehingga menghasilkan susu perah yang memiliki kualitas kurang baik. Sapi perah organik dibiarkan bebas bergerak mencari makan di padang rumput sehingga dapat menghasilkan susu yang rendah lemak, tidak hanya itu, susu organik dari sapi tersebut juga mengandung vitamin D dan kalsium yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu dari sapi perah biasanya.

Keunggulan susu organik

Dari pengertian susu organik diatas dapat disimpulkan bahwa susu organik memiliki proses yang berbeda dengan susu non-organik, dengan demikian proses yang berbeda tentu membuat susu organik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan susu non-organik.

Pada dasarnya susu organik tetaplah susu yang memiliki kandungan vitamin, lemak, mineral, protein, kalsium, magnesium, zinc dan fosfor atau gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh, namun susu organik memiliki kandungan tersebut dengan kualitas yang jauh lebih tinggi, selain itu susu organik juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya. 
  • Kandungan asam lemak omega 3, asam alfa-linoleat dan asam lemak omega 6 yang seimbang.
Kandungan asam lemak omega 3 dan asam alfaa-linoleat yang terkandung didalam susu organik sangat diperlukan tubuh sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh, salah satunya yaitu sel perkembangan otak. Tak hanya itu kedua kandungan tersebut juga dapat membantu produksi hormon guna pembekuan darah, mencegah terjadinya radang dan juga hormon yang mengatur kontraksi serta relaksasi dinding arteri.

Kandungan asam lemak omega 6 yang terdapat pada susu organik juga dapat bekerja sama dengan asam lemak omega 3 untuk menjaga kesehatan tubuh atau sistem imun tubuh, namun dengan komposisi yang seimbang menurut para ahli. Komposisi seimbang antara asam lemak omega 6 dan asam lemak omega 3 bisa anda dapatkan pada susu organik.
  • Bebas kandungan aditif atau obat antibiotik.
Susu organik yang dihasilkan melalui proses yang berbeda dengan jenis susu pada umumnya atau susu non-organik. Pada susu organik, sapi perah dalam peternakan tidak diberikan obat atau bahan aditif lainnya, hal demikian dimaksudkan untuk menghindari residu aditif atau antibiotik pada susu yang dihasilkan oleh sapi perah tersebut. Tak jarang juga banyak orang yang alergi terhadap susu, hal ini bisa saja disebabkan oleh residu antibiotik atau bahan aditif pada susu, oleh sebab itu susu organik memiliki kualitas yang jauh lebih baik.
  • Rasa dari susu yang lebih khas dan enak.
Sapi perah yang dibiarkan bebas mencari makan pada padang rumput peternakan bisa memilih makanan organik atau rumput yang jauh lebih segar, sehingga bisa menghasilkan susu dengan rasa yang lebih khas, kental dan alami.
  • Mengandung protein dengan kualitas tinggi.
Protein memang sangat diperlukan oleh tubuh, dari sekian banyak sumber protein yang ada mulai dari makanan dan minuman namun protein dalam susu tetap menjadi sumber protein yang memiliki kualitas unggul, terlebih dari susu organik. Mengingat kembali mengenai nutrisi tersebut, protein diperlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan serta perbaikan jaringan, fungsi otot dan sistem imun.

Kesimpulan dari materi diatas dapat disimpulkan perbedaan antara susu organik dan susu non-organik ialah dilihat dari sapi atau hewan yang menghasilkan susu tersebut diperlakukan. Dan susu organik tentu memiliki kualitas susu dengan kandungan yang lebih berkualitas baik dibandingkan dengan susu non-organik, namun jangan heran jika susu organik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis susu lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Susu organik non aditif yang baik untuk kesehatan tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel