atmojo

Cara yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk desain grafis

Cara yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk desain grafis


Bagi pengguna komputer atau pengguna laptop yang ingin menerapkan komunikasi atau melakukan presentasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar (komunikasi visual) atau pekerjaan yang paling populer yakni desain grafis, tentu harus mengandalkan atau menggunakan perangkat seperti laptop yang mendukung.

Desain grafis adalah bentuk contoh komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan pelajaran atau informasi dengan efektif. Tak jarang juga dalam desain grafis, seseorang akan mendapatkan sebuah proyek yang dapat menghasilkan penghasilan dari pekerjaan tersebut.

Dalam metode desain grafis seseorang harus mampu menyatakan atau merealisasikan sebuah konsep atau ide dalam bentuk visual, maka dari itu seseorang harus memiliki peralatan yang mendukung salah satunya yakni komputer atau laptop. Dan berikut ini adalah cara yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk pekerjaan desain grafis.

Kartu VGA atau graphic card

Poin pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli atau memilih suatu laptop untuk kebutuhan desain grafis ialah perhatikan pada spesifikasi kartu VGA atau graphic card dari laptop tersebut. VGA atau yang disebut dengan Video Graphics Array merupakan salah satu dari beberapa komponen penting laptop yang harus diperhatikan.

Penggunaan VGA card adalah untuk dapat menghasilkan kualitas gambar dan video yang maksimal dengan cara kerja memproses data input dan mengubahnya menjadi sebuah visual gambar atau video yang dikirimkan ke layar monitor atau layar laptop.

Visual yang dimaksud tidak hanya dalam bentuk gambar saja namun bisa juga menyangkut visual dalam video dan visual-visual yang berhubungan dengan objek 3D. Maka dari itu komputer atau laptop harus dapat memaksimalkan visual yang ada, maka carilah laptop dengan VGA yang tidak termasuk VGA on-board.

VGA on-board pada laptop tidak menutup kemungkinan akan berbagi kinerja dengan bagian RAM jadi akan menghambat kinerja laptop, dan yang terakhir VGA on-board sama sekali tidak dapat diubah atau kita ingin meningkatkan spesifikasi VGA yang lebih tinggi agar dapat memaksimalkan visual pada laptop.

Jika anda memiliki dana yang cukup, sangat disarankan agar hasil visual anda maksimal gunakan atau pilih laptop dengan VGA yang mempunyai spesifikasi tinggi. Untuk dapat menghasilkan visual yang maksimal, disarankan memilih laptop dengan VGA Card AMD Radeon atau VGA Card Nvidia GeForce.

RAM

Komponen selanjutnya yang penting untuk diperhatikan sebelum memilih laptop untuk kebutuhan desain grafis adalah spesifikasi RAM dari laptop. Untuk laptop yang murah akan biasanya menggunakan RAM dengan kapasitas sebesar 4GB, dan kapasitas RAM sebesar 4GB adalah batas minimal untuk Anda yang hendak menggunakannya sebagai tugas desain grafis.

Jika Anda memiliki dana yang cukup, maka sangat disarankan memilih laptop yang memiliki RAM lebih dari 4GB, karena menggunakan laptop yang memiliki kapasitas RAM hanya 4GB akan membuat kinerja laptop menjadi berat, bagaimana tidak saat menjalankan satu proyek dari software desain grafis saja sudah memakan RAM sebesar 4GB. Dan semakin besar kapasitas RAM yang dipakai pada laptop akan semakin bagus untuk kebutuhan desain grafis.

Fungsi RAM ialah untuk menjalankan sebuah program di dalam komputer atau laptop, semakin tinggi kapasitas RAM pada komputer maka akan semakin lancar juga komputer saat menjalankan beberapa program sekaligus.

Mengapa memerlukan RAM yang besar? karena hal ini akan mendukung Anda dalam menjalankan lebih dari satu program pada laptop atau membuka beberapa program dalam waktu yang bersamaan ketika Anda sedang melakukan desain grafis. Selain ukuran RAM yang besar, kalau bisa pilih laptop yang mempunyai slot RAM tambahan agar Anda bisa menambah kapasitas RAM laptop Anda.

Processor

Spesifikasi berikutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih laptop untuk kebutuhan desain grafis ialah processor. Processor merupakan komponen komputer atau laptop yang memiliki kinerja paling berat dan mudah panas, laptop yang mudah panas akan mengurangi kinerja desain grafis laptop Anda.

Pada kinerja prosesor dalam proses desain grafis atau editing, prosesor sangat dibutuhkan untuk kalkulasi dan rendering objek. Bagi sebuah laptop yang akan digunakan untuk kebutuhan desain grafis secara umum cari prosesor yang tangguh, sebab tanpa prosesor yang tangguh pekerjaan desain grafis akan mengalami kesulitan. Dan berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan pada prosesor untuk kebutuhan desain grafis.
  • Clock Speed (semakin tinggi nilai Clock Speed dari Prosesor akan semakin bagus)
  • Jumlah Thread atau Core (semakin banyak jumlah core atau thread akan semakin bagus)
  • Fitur Hyper Treading dan Virtualization
  • Besaran kapasitas cache (L1, L2, L3)
  • Generasi dari Prosesor (semakin tinggi atau semakin baru generasi dari Prosesor akan semakin bagus)
Pasar prosesor komputer atau laptop sekarang telah didominasi oleh 2 pabrikan yakni Intel dan AMD. Bagi anda yang hendak memilih komputer atau laptop untuk kebutuhan desain grafis dan memiliki dana yang minim, disarankan memilih laptop yang menggunakan prosesor minimal Intel Core i3 (untuk pabrikan Intel) dan AMD Ryzen 3 (untuk pabrikan AMD) dengan masing-masing generasi terbarunya, semakin baru generasi dari prosesor akan semakin bagus.

Storage atau penyimpanan

Langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan pada spesifikasi laptop untuk kebutuhan desain grafis Anda ialah perhatikan storage atau penyimpanan dari laptop tersebut. Untuk tugas desain grafis Anda memerlukan laptop dengan media penyimpanan yang tidak hanya besar, namun juga cepat.

Minimal pilih laptop dengan media penyimpanan HDD SATA sebesar 1TB dan kalau bisa lebih dari 1TB, sebab menjalankan proyek desain grafis zaman sekarang memiliki resolusi tinggi. Jika anda memiliki dana yang minim, minimal Anda memilih laptop dengan jenis media penyimpanan HDD tipe SATA.

Memori HDD SATA memiliki kecepatan baca yang terbilang cukup cepat yakni 50-120Mb/s dengan waktu boot 39-40 detik , namun jika anda memiliki dana yang cukup serta memerlukan kecepatan proses data memori yang cepat maka disarankan memilih laptop yang menggunakan SSD, sebab dibandingkan dengan HDD, memori SSD memiliki kecepatan baca 200-550Mb/s 0-13 detik, 3 kali jauh lebih cepat dibanding dengan HDD dalam memproses data.

Layar atau monitor

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan pada spesifikasi komputer yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan desain grafis adalah layar atau monitor. Untuk pekerjaan desain grafis tentu Anda harus memperhatikan detail desain semaksimal mungkin, maka Anda memerlukan ukuran layar atau monitor yang tidak kecil.

Minimal pilih perangkat atau laptop dengan layar 14 inci, sebab jika memilih perangkat dengan lebar layar yang kurang dari 14" inci akan mempersulit Anda mendapatkan detail desain grafis Anda serta akan membuat Anda mudah lelah. Namun memilih komputer dengan layar yang besar juga memiliki kekurangan tersendiri.

Kekurangan dari layar monitor komputer yang besar tentu akan membuat baterai perangkat akan cepat habis atau boros, namun keunggulan dari itu semua Anda akan mendapatkan hasil atau detail yang maksimal dari desain Anda. Dan yang paling penting dari itu semua ialah pilih layar yang mendukung resolusi Full HD, atau minimal memiliki resolusi 1366 x 768.

Selain itu alangkah baiknya jika Anda memilih layar monitor anti-glossy atau anti-glare agar kenyamanan bisa Anda dapatkan ketika berlama lama di depan monitor, terutama saat berada di luar ruangan.

Belum ada Komentar untuk "Cara yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk desain grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel