atmojo

Cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang dan penyebab sakit gigi ketika sedang hamil

Cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang dan penyebab sakit gigi pada ibu hamil

Gigi merupakan salah satu bagian struktur keras pada tubuh yang terdapat didalam mulut, fungsi gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan. Gigi merupakan hal penting untuk makan agar makanan yang masuk ke dalam mulut dapat diolah menjadi halus sehingga mudah untuk ditelan.

Bentuk gigi memiliki jenis yang berhubungan dengan jenis makanan yang dimakan, contohnya manusia, manusia memiliki banyak gigi geraham untuk mengunyah agar makanan yang dimakan dapat dengan mudah ditelan dan dicerna dalam sistem pencernaan.

Masalah yang sering timbul pada gigi yang sangat umum ialah kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang bahkan bisa sebabkan rasa sakit serta nyeri yang sangat tidak mengenakan.

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal diluar penyakit, seperti mengunyah atau menggigit makanan atau sesuatu yang keras, membersihkan gigi dengan metode yang salah dan makanan atau sesuatu yang mengganjal diantara sela-sela gigi. Pada anak-anak dalam proses pertumbuhan, sakit gigi merupakan hal yang wajar karena proses pertumbuhan.

Sedangkan pada usia remaja atau dewasa, sakit gigi paling umum disebabkan oleh kerusakan gigi yang terjadi akibat minimnya perawatan pada gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang kemudian yang kedua biasanya sakit gigi disebabkan akibat gusi yang membengkak.

Bukan cuma rasa ngilu yang ditimbulkan ketika sedang mengalami sakit gigi, bahkan bisa menyebabkan rasa sakit pada kepala bahkan bisa menyebabkan badan merasa demam. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa sakit itu ialah dengan berobat ke dokter gigi.

Namun biasanya dokter gigi tidak akan mengatasi saat itu juga, hanya saja mungkin dokter gigi akan memberikan resep obat untuk meredam rasa sakit yang ditimbulkan dan diberikan janji waktu untuk datang kembali ketika rasa sakit tersebut sudah mereda dan barulah ditangani penyebab rasa sakit pada gigi tersebut.

Cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang.


Ketika Anda sedang berada di rumah dan sedang tidak sempat untuk pergi ke dokter, namun rasa sakit akibat gigi berlubang sudah tidak tertahan lagi, berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit pada gigi sendiri di rumah. Dan berikut adalah cara cepat atasi sakit gigi.

  • Kompres dengan es atau air dingin

Cara pertama yang sangar sederhana untuk meredakan rasa sakit akibat gigi yang bermasalah ialah dengan kompres bagian yang sakit dengan es batu atau air es yang dingin, biasanya dilakukan dan ditempel pada area pipi bagian bawah lebih tepatnya pada area rahang yang terdapat gigi yang bermasalah.

Kompres dengan es batu ini bisa Anda lakukan dengan mudah, masukan beberapa bongkah es dalam bungkus plastik lalu balut dengan kain yang bersih kemudian tempel atau kompres pada pipi yang mana di dalamnya terdapat sumber sakit dari gigi yang bermasalah. Rasa atau sensasi dingin dari es bisa membuat saraf gigi tidak lagi merasakan sakit.

  • Berkumur dengan air garam

Garam bukan cuma bumbu dapur yang dibutuhkan untuk keperluan memasak, namun garam juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi sakit gigi. Sifat garam yang anti jamur dapat sangat membantu mengatasi rasa sakit akibat gigi bermasalah.

Hal ini dikarenakan garam bisa menyerap kelembapan dalam mulut dan sifat anti jamur yang bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan garam juga bisa mengurangi radang yang disebabkan oleh infeksi. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, cukup campur garam sebanyak 1/2 sendok teh dengan air hangat sekitar 240ml.

Disarankan menggunakan air yang hangat agar garam bisa dengan mudah larut dalam air, dan air hangat juga bisa menenangkan saraf-saraf ketika sedang merasakan sakit.

  • Gunakan bawang putih

Selain garam yang termasuk bumbu dapur yang berguna juga untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi yang bermasalah, ternyata ada lagi bumbu dapur yang bisa membantu mengatasi rasa sakit gigi, ialah bawang putih. Bawang putih memang bisa meredakan rasa sakit karena mengandung senyawa anti-bakteri seperti garam yakni allicin.

Cara atasi sakit gigi menggunakan bawang putih adalah cara yang mudah, cukup dengan satu siung atau satu bagian bawang putih lalu cuci sampai bersih kemudian cincang buat halus dan lembut, lalu selanjutnya oleskan pada gigi yang mengalami masalah.

Penggunaan menggunakan bawang putih ini akan memberikan efek samping seperti bau mulut, sensasi terbakar, kembung dan lainnya. Bagi yang alergi atau yang tidak suka dengan bawang putih sebaiknya jangan memaksakan menggunakan metode ini dan gunakan metode yang lain saja.

  • Minyak cengkeh

Cara berikutnya yakni menggunakan obat herbal yang memang sudah terkenal akan khasiat untuk mengatasi gigi yang bermasalah, obat herbal tersebut ialah minyak cengkeh. Minyak cengkeh didukung dengan adanya kandungan senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami atau dengan kata lain ialah mematikan saraf sementara waktu.

Menggunakan metode ini harus dilakukan dengan hati-hati jika tidak ingin menimbulkan rasa sakit lainnya, sebab jika sembarangan menuangkan minyak cengkeh ini dalam mulut bisa menimbulkan rasa sakit jika mengenai lidah atau gusi, maka itu sebaiknya tuangkan minyak cengkeh pada cotton bud atau bola kapas.

Setelah menuangkan sedikit minyak cengkeh pada cotton bud atau bola kapas kemudian oleskan pada yang sedang mengalami masalah sampai rasa sakit dan nyeri yang timbul mereda. Bisa juga menggunakan cengkeh dalam bubuk atau cengkeh utuh dengan cara yang sama yakni tempel pada area gigi yang sedang bermasalah, setelah itu berkumur untuk membersihkan sisa-sisa cengkeh yang tertinggal.

  • Menggunakan cuka

Metode yang selanjutnya ialah sama seperti metode menggunakan garam dapur, ialah dengan memanfaatkan khasiat dari cuka. Kenapa menggunakan cuka? dikarenakan cuka memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri seperti garam dan bawang putih, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab masalah pada gigi.

Caranya yakni dengan mencampurkan cuka dengan air hangat, cukup sebanyak 1/2 sendok teh cuka dengan air hangat dalam gelas kemudian kumur dan pusatkan berkumur pada area gigi yang sedang bermasalah selama beberapa detik kemudian buang.

Jangan gunakan cuka secara langsung tanpa dicampur dengan air, hal tersebut dikarenakan menggunakan cuka secara langsung atau cuka murni dapat merusak enamel pada gigi. Atau dengan alternatif lain seperti menggunakan cotton bud atau bola kapas yang telah diberi cuka lalu oleskan pada gigi yang mengalami masalah.

Beberapa cara di atas merupakan cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, Jika menggunakan cara di atas dan dirasa rasa sakit masih belum reda Anda bisa saja menggunakan obat yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat, berikut adalah obat sakit gigi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi sakit pada gigi.
  • Paracetamol
  • Hidrogen peroksida
  • Ibuprofen
  • Benzocaine
  • Naproxen, dan
  • Dekongestan
Beberapa contoh obat apotek di atas bisa Anda dapatkan tanpa harus menggunakan resep dari dokter, namun akan lebih baik lagi jika hendak menggunakan obat sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis terkait obat dan riwayat diri Anda terlebih ketika Anda sedang m.

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil.

Cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang dan penyebab sakit gigi pada ibu hamil


Sakit gigi dapat menyerang siapa saja tak terkecuali seorang ibu yang sedang hamil. Pada seseorang atau ibu yang sedang mengalami kehamilan, ketika sedang mengalami sakit gigi tidak boleh bersikap masa bodoh dan sakit gigi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Sebab ketika seseorang sedang hamil, sakit gigi tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa berpengaruh pada kondisi calon bayi. Sakit gigi ketika hamil bisa dikarenakan oleh beberapa hal lain yang berbeda dengan sebab sakit ketika tidak hamil atau sebagai sinyal akibat dari Hormon, Morning Sickness dan kekurangan kalsium.
  • Hormon
Tubuh seseorang yang sedang hamil mengalami banyak perubahan seperti meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang mengakibatkan rasa mual bahkan muntah sehingga bisa meninggalkan plak atau kotoran pada mulut dan gigi akhirnya bisa buat masalah pada gigi. Disarankan untuk selalu rutin menjaga kebersihan mulut usai makan maupun sehabis muntah akibat perubahan hormon.
  • Morning sickness
Morning sickness bisa juga sebabkan muntah pada ibu yang sedang hamil, muntah yang dialami ibu hamil mengandung asam dari lambung, di mana asam tersebut menempel pada gigi dan dapat merusak enamel pada gigi. Jika terjadi secara terus menerus dan tidak cepat diatasi dapat menyebabkan masalah pada gigi. Untuk itu usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi terlebih setelah mengalami muntah.
  • Kekurangan kalsium
Kalsium merupakan sebuah pokok penting yang dibutuhkan pada ibu hamil, setidaknya ibu hamil membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, jika ibu hamil mengalami kekurangan kalsium tak menutup kemungkinan bisa membuat ibu hamil mengalami masalah pada gigi sehingga bisa saja menderita sakit gigi. Untuk menghindari hal tersebut sangat disarankan pada ibu hamil untuk tetap memperhatikan asupan serta kebutuhan calon bayinya.

Untuk ibu hamil sangat dianjurkan ketika mengalami sakit gigi agar menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang aman bagi ibu dan calon buah hati. Hal ini dikarenakan tidak ada obat aman yang dijual bebas di apotek untuk mengatasi sakit gigi ketika ibu sedang hamil, dan sebagai alternatif ibu hamil bisa menggunakan beberapa metode alami di atas.

Demikian cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara cepat atasi sakit gigi akibat gigi berlubang dan penyebab sakit gigi ketika sedang hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel