atmojo

Cara memilih VGA card yang sesuai atau compatible dengan motherboard

Cara memilih VGA card yang sesuai atau compatible dengan motherboard


Ketika anda bermain komputer atau mengoperasikan sebuah komputer, tentu yang anda tatap ialah pada satu objek yaitu monitor, gambar yang ditampilkan pada monitor komputer anda mungkin bisa membuat anda terkesan terlebih ketika anda sedang memutar suatu video atau memainkan suatu video game dengan kualitas gambar atau grafik yang sangat detail dan tajam.

Dengan kualitas tampilan layar yang bagus yang ditampilkan monitor membuat anda menjadi nyaman dan menjadikan anda lebih menikmati aktivitas bermain komputer yang anda kerjakan. Dibalik semua itu ada satu komponen komputer yang menjadikan gambar atau grafik bisa ditampilkan dari komputer ke monitor anda yang kemudian bisa anda tatap dan anda nikmati, nama komponen tersebut yaitu VGA (video graphics array).

VGA (video graphics array) atau biasa kita sebut dengan video card adalah sebuah komponen standar yang terdapat pada suatu komputer analog dimana komponen ini ialah komponen terakhir dari suatu cara kerja komputer (CPU) yang kemudian diteruskan ke layar monitor komputer yang berupa gambar atau video grafis, bahkan dengan berkembangnya teknologi komponen VGA ini juga telah mendukung konsep 3D.

Untuk dapat menampilkan gambar atau kualitas layar pada monitor yang bagus tentu memerlukan perangkat keras atau VGA card dengan kualitas yang baik juga. Perangkat keras yang satu ini merupakan perangkat keras yang wajib ada pada PC atau Desktop computer yang digunakan untuk kebutuhan video game maupun kebutuhan desain grafis.

Untuk sebagian orang mungkin masih ada yang merasa kebingungan dengan banyaknya merk atau jenis yang ditawarkan dari produsen VGA card dan mungkin juga bingung soal cocok atau tidak dengan jenis motherboard yang digunakan pada komputer yang dimiliki. Apakah semua VGA card cocok dengan motherboard?, jawabannya ialah tidak. Dan cara memilih VGA card atau kartu grafis yang sesuai dengan motherboard sebenarnya tidaklah sulit.

Artinya, mudah-mudah saja untuk menemukan VGA card yang cocok dengan motherboard jika mengetahui spesifikasi motherboard yang dipakai pada komputer, selanjutnya yakni jenis motherboard yang dipakai tidak terlalu tua atau dengan kata lain komputer memakai jenis motherboard yang mendukung slot PCI-express, karena hanya terdapat dua jenis slot untuk VGA card pada motherboard yakni slot dengan jenis AGP dan PCI atau PCI express.

Dan Video card atau VGA zaman sekarang rata-rata menggunakan jenis slot PCI atau PCI express, jadi kesimpulannya jika merasa bingung memilih Video card yang sesuai dengan motherboard ialah kenali dahulu spesifikasi dari motherboard dan video card atau VGA card yang hendak dipilih, pastikan kedua perangkat keras tersebut memiliki slot yang sesuai apakah pada VGA card menggunakan slot AGP atau PCI atau mungkin menggunakan PCI express.

Namun saat ini motherboard yang menggunakan slot dengan jenis AGP sudah tidak lagi diproduksi, jadi dapat dipastikan jenis-jenis VGA card zaman sekarang tidak mendukung slot tersebut melainkan hanya mendukung dengan slot PCI atau PCI-express, dan motherboard yang mendukung slot dengan jenis PCI untuk masa sekarang sudah termasuk slot PCI-express dengan kecepatan transfer data yang sangat cepat. Sebagai referensi, berikut ini adalah perbedaan dari slot PCI, AGP dan PCI-express.

  • Slot PCI
Slot PCI adalah salah satu slot yang terdapat pada perangkat keras motherboard dimana memiliki banyak kegunaan, hal ini disebabkan karena kebanyakan periferal komputer menggunakan slot jenis PCI. Fungsi Slot PCI yakni untuk menghubungkan bus komputer 32 bit, dimana slot ini banyak digunakan pada komputer lama karena sudah terintegrasi pada motherboard untuk dapat menambahkan perangkat keras eksternal tambahan seperti VGA card tentunya, modem, ethernet card, LAN card, Sound card, USB card dan SATA card.
  • Slot AGP
Slot AGP (Accelerated Graphic Port) adalah sebuah port yang berguna untuk mengirimkan data dari kartu grafis menuju prosesor. Port AGP merupakan port canggih yang diciptakan untuk kartu video serta akselerator 3D dengan teknologi point to point sehingga memungkinkan akses langsung ke memori sistem. Port AGP ini bersifat independen yang artinya dalam sebuah sistem hanya memiliki satu buah slot, berbeda dengan tipe PCI yang memiliki banyak slot dalam satu sistem.

Slot AGP ini hanya mampu bertahan beberapa tahun saja dan pada puncaknya sekitar tahun 2006 slot AGP ini telah digantikan oleh PCI express yang dapat melakukan transfer data jauh lebih cepat bahkan dua kali lebih cepat dari tipe slot AGP 8x, dan hanya membutuhkan daya yang lebih sedikit sekitar 800mV saja.

  • Slot PCI Express
Slot PCI express adalah sebuah perangkat koneksi standar pada motherboard modern sebagai penghubung antara motherboard dengan kartu ekspansi. PCI express singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express yang berfungsi sebagai perangkat koneksi antarmuka kartu ekspansi yang menggantikan slot AGP dan PCI, dimana keduanya menggantikan tipe koneksi tertua yang biasa disebut dengan ISA.

PCI Express memiliki beberapa ukuran yang dijual di pasaran seperti PCIe x1, PCIe x4, PCIe x8 dan PCIe x16. Huruf "x" sebelum angka yang tertera merupakan ukuran dari slot tersebut seperti jumlah pin dan panjangnya. Pada ukuran tersebut PCIe dengan ukuran angka terkecil memiliki kecepatan atau kinerja yang lebih kecil dari pada ukuran angka yang lebih besar atau ukuran angka PCIe yang lebih besar memiliki kinerja yang lebih bagus.

Selain itu juga PCIe memiliki beberapa versi, dan sampai saat ini versi PCI express sudah memiliki 4 versi dari versi yang pertama yakni versi 1.0 sampai dengan versi 4.0. Setiap naik versi, bandwidth yang dimiliki dari PCI express selalu naik dan memiliki kinerja yang lebih baik juga. Berbeda dengan slot PCI, perbedaan antara slot PCI dengan slot PCI express ialah pada koneksi, dimana pada slot PCI adalah interconnect yang shared atau berbagi bandwidth dengan seluruh slot, sedangkan slot PCI express adalah interconnect point to point yang artinya setiap lane memiliki bandwidth masing-masing.

Cara memilih VGA card yang sesuai atau compatible dengan motherboard

Dan yang terakhir ialah ketika mendapatkan video card atau VGA card yang sesuai dengan motherboard namun terdapat masalah walaupun memiliki kedua slot perangkat keras yang sama atau compatible seperti slot PCI express tidak berfungsi, anda bisa menggunakan VGA card lainnya yang sebelumnya memang berfungsi pada komputer lain untuk dicoba pasang dengan motherboard komputer anda.

Jika VGA card tersebut memang tidak terbaca bisa dipastikan bahwa slot PCI express tidak bekerja, langkah berikutnya ialah anda bisa coba bersihkan bagian bawah CPU dan slot PCI dengan menggunakan hairdryer. Hal ini bisa saja PCI express tidak berfungsi karena ada debu yang masuk dalam slot, bisa itu debu maupun thermalpaste yang mengering karena jalur PCI express di kontrol oleh CPU. Jika masih saja belum berhasil sebaiknya bawa masalah yang ada kepada orang yang lebih berpengalaman dan ahli dalam bidangnya.




Belum ada Komentar untuk "Cara memilih VGA card yang sesuai atau compatible dengan motherboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel