atmojo

Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer


Jika anda memiliki sebuah perangkat komputer seperti komputer desktop misalnya, pernahkah anda berfikir bagaimana komputer yang anda miliki tersebut yang terdiri dari berbagai macam komponen bisa menyala dan berfungsi dengan cara bersamaan?

Seperti yang kita tahu didalam sebuah perangkat komputer terdiri dari berbagai komponen penting seperti Motherboard, Prosesor, Harddisk, VGA dan lain-lain. Dan setiap komponen-komponen komputer tersebut dapat berfungsi secara bersamaan karena adanya listrik yang mengalir sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Dengan adanya listrik yang mengalir pada setiap komponen bisa dengan lancar menghidupkan komponen tersebut tanpa mengalami overheat atau overload, tentu hal ini bisa menjadi sebuah pertanyaan pada sebagian orang yang merasa penasaran dengan komputer yang dimilikinya. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai power supply dan jenis kabel konektor atau kabel penghubung pada komponen komputer.

Power supply

Power supply adalah salah satu perangkat keras pada komputer yang memiliki fisik berbentuk kotak logam persegi dengan ukuran tertentu tergantung dengan merk, fungsi dari perangkat keras ini ialah mengalirkan daya listrik menuju tiap-tiap komponen yang ada didalam komputer atau casing komputer.

Daya listrik yang diambil oleh power supply merupakan daya listrik rumah berbentuk AC (alternating current) yang kemudian diubah menjadi arus listrik berbentuk DC (direct current) untuk dialirkan ketiap-tiap komponen yang terdapat di dalam komputer. Apa itu kabel power supply dan Kabel apa saja yang ada di power supply? tentu sebagian orang yang telah memiliki mobilitas tinggi dengan komputer desktop pernah bertanya-tanya ketika ia melihat begitu banyaknya kabel pada power supply.

Pada bagian output power supply terdapat serangkaian kabel yang keluar dari kotak, di mana pada tiap-tiap rangkaian kabel output yang keluar memiliki warna yang berbeda-beda dan memiliki fungsi yang berbeda juga. Setiap rangkaian kabel penghubung pada output power supply memiliki fungsi dan peran masing-masing pada setiap komponen komputer. dan berikut ini adalah jenis-jenis dari kabel penghubung pada power supply.

  • Kabel power supply Motherboard atau Connector ATX 24/20 pin
Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Pada setiap komputer memiliki komponen yang bernama motherboard, dimana komponen ini dapat berfungsi ketika adanya daya listrik masuk dari power supply yang dihubungkan melalui kabel penghubung atau konektor ATX 24/20 pin. Kabel penghubung jenis ini terbagi menjadi 2 macam yakni 20 pin dan 24 pin, namun keduanya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai penghubung antara motherboard dengan sumber daya utama.

Pada motherboard model lama biasanya menggunakan kabel penghubung atau konektor dengan 20 pin, sedangkan pada motherboard versi terbaru saat ini sudah banyak yang menggunakan konektor atau kabel penghubung 24 pin dengan tambahan 4 buah pin ATX 12V 2.0 untuk menyediakan daya tambahan yang diperlukan untuk slot PCI Express.

Pada konektor ATX yang memiliki tambahan 4 pin tersebut letaknya terpisah dengan 20 pin yang menyatu dan 4 pin tambahan tersebut bisa digunakan bersama dengan konektor 20 pin atau dilepas dibiarkan tidak terpasang sesuai dengan jenis motherboard yang digunakan. Biasanya ATX 4 pin ini digunakan pada prosesor menengah keatas seperti Intel pentium IV, dan tidak digunakan pada penggunaan prosesor pentium IV kebawah.

  • Kabel penghubung prosesor atau Connector ATX 4/8 pin
Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Kabel pngubung atau konektor ATX 4/8 pin jenis ini pada komputer digunakan untuk memberikan daya utama dari power supply ke CPU atau prosesor. Pada konektor jenis ini sudah mulai digunakan pada CPU kelas menengah kebawah seperti Intel pentium IV hingga yang terbaru seperti saat sekarang, kebanyakan motherboard yang sudah mendukung fitur overclock rendah juga menggunakan jenis konektor 4 pin.

Namun pada jenis motherboard terbaru seperti saat ini yang sudah mendukung overclock tinggi membutuhkan tambahan konektor 4 pin sebagai pin tambah daya, sehingga beberapa jenis power supply juga menyediakan dua macam konektor, konektor atau kabel penghubung CPU dengan 4 pin atau 8 pin.

  • Kabel konektor Molex 4 pin
Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Fungsi kabel konektor Molex 4 pin ini yakni sebagai penyalur daya listrik dari power supply ke CD/DVD ROM, Harddisk, kipas angin dan bahkan kartu grafis. Konektor jenis ini sudah digantikan oleh kabel PCI-E dan kabel SATA, hal ini dikarenakan kabel penghubung jenis ini memiliki kekurangan seperti keterbatasan daya sedangkan beberapa komponen komputer saat ini membutuhkan daya yang lebih.

Selain memiliki keterbatasan daya, konektor atau kabel penghubung jenis ini juga memiliki kekurangan ketika membongkar karena konektor jenis ini memiliki gesekan yang besar pada sistem pemasangan, sehingga menyulitkan pengguna untuk memasang dan membongkar dan jenis konektor ini hanya digunakan pada motherboard kelas pentium II kebawah. Oleh sebab itu kabel penghubung molex peripheral sudah tidak lagi digunakan pada komputer saat ini.

  • Kabel penghubung SATA atau SATA Connector
Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Kabel penghubung jenis ini memiliki fungsi untuk memberikan daya listrik dari power supply ke Harddisk SATA (serial ATA) dan dihubungkan melalui molex connector, jadi bisa diartikan kalau kabel penghubung SATA ini memiliki fungsi yang sama dengan connecctor molex. Kabel pnghubung SATA ini telah menggantikan peran dari molex connector, sebab semua perangkat komputer saat ini telah modern seperti CD/DVD ROM, Harddisk dan SSD saat ini telah menggunakan kabel penghubung SATA sebagai pengantar daya dari power supply.

  • Kabel penghubung PCI-E atau PCI-E Connector 6 pin
Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer

Kabel penghubung PCI-E jenis ini digunakan pada komputer untuk menyalurkan daya utama dari power supply ke VGA Card atau kartu grafis. Kabel penghubung PCI-E 6 pin ini mampu menyalurkan daya utama dari power supply dengan tegangan yang besar yakni 75 watt, pada kabel penghubung PCI-E yang memiliki dua pin tambahan dan total memiliki 8 pin bisa menyalurkan listrik dengan tegangan yang lebih besar untuk menyesuaikan jenis kartu grafis atau VGA yang digunakan.

PCI-E 8 pin dengan dua pin tambahan ini mampu menghantarkan daya hingga 150 watt dan kabel penghubung PCI-E dengan 8 pin ini digunakan pada komputer yang menggunakan VGA card dengan kualitas tinggi yang mana kartu grafis tersebut pastinya membutuhkan daya listrik yang besar untuk bisa menghasilkan kualitas gambar terbaik pada monitor.

Belum ada Komentar untuk "Jenis dan fungsi dari macam-macam kabel penghubung pada power supply Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel