atmojo

Cara ampuh atasi masalah iPhone stuck dilogo apple, stuck dilogo iTunes atau bootloop dengan iTunes

Cara ampuh atasi masalah iPhone stuck dilogo apple, stuck dilogo iTunes atau bootloop dengan iTunes


Iphone merupakan salah satu perangkat mobile pabrikan Apple Inc. yang sangat populer didunia. Perangkat ini merupakan perangkat yang terkenal sebagai perangkat mobile atau smartphone dengan kualitas yang sangat bagus dengan berbagai teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan perangkat kompetitor. Namun siapa sangka, Iphone juga kerap mengalami beberapa masalah seperti masalah pada software dari smartphone tersebut.

Masalah software yang kerap menimpa iPhone ialah perangkat tidak dapat dinyalakan atau ketika dinyalakan perangkat mengalami stuck pada logo apple, logo iTunes / boot loop. Masalah perangkat yang hanya terhenti atau stuck pada logo sangat kerap terjadi pada pengguna iPhone yang mungkin saja bisa menyebabkan rasa panik sang pemilik perangkat. Namun Anda tidak perlu panik ketika terjadi masalah tersebut pada iPhone Anda, bahkan Anda sendiri bisa memperbaiki masalah pada iPhone Anda tersebut dengan mudah.

Iphone mengalami stuck pada logo sendiri disebabkan oleh masalah software IOS dari iphone itu sendiri dan bukan karena kerusakan hardware, sering terjadi pada iPhone dan sangat jarang sekali pada iPad atau iPod touch. Mengingat akan hal tersebut maka sangat disarankan untuk Anda secara rutin melakukan backup perangkat anda untuk menghindari masalah kehilangan data ketika sewaktu-waktu mengalami masalah seperti stuck tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa cara ampuh mengatasi masalah iPhone stuck pada logo atau boot loop yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa membawa perangkat Anda ke gerai Apple. 

Cara yang pertama ialah cara yang manual dan sederhana yakni dengan melakukan hard riset atau reboot perangkat.


Reboot iPhone 6s/6s plus kebawah.
  • Langkah pertama untuk melakukan hard riset ialah dengan menggunakan tombol kombinasi pada iPhone Anda, ialah tekan secara bersamaan tombol power dan tombol home.
  • Tekan kedua tombol di atas secara bersamaan sampai beberapa saat sampai layar iPhone yang stuck pada logo telah mati.
  • Selanjutnya ialah ketika Anda masih menekan tombol kombinasi tersebut sampai layar iPhone anda mati, jangan lepaskan dahulu melainkan tunggu sampai layar hidup atau menyala kembali.
  • Ketika sudah menyala kembali dan muncul logo apple, tunggu beberapa saat. Sebab saat itu perangkat sedang melakukan re-bot, tunggu sampai normal kembali.
Reboot iPhone 7/7 plus.
  • Langkah pertama untuk lakukan reboot atau hard riset ialah dengan menggunakan tombol kombinasi pada iPhone seri 7 Anda, ialah tekan dan tahan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan selama 10 detik.
  • Langkah berikutnya yaitu diamkan dan tunggu beberapa saat sampai perangkat kembali normal.
Reboot iPhone 8/8 plus ke atas.
  • Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan reboot iPhone seri 8 ke atas ialah tekan tombol kombinasi, yakni tekan dan lepaskan tombol volume atas kemudian secepatnya tekan dan lepaskan tombol volume bawah lalu tekan tombol power dan tahan sampai tampilan perangkat mati.
  • Langkah berikutnya yaitu diamkan dan tunggu beberapa saat sampai perangkat kembali hidup dan normal kembali.
Jika telah melakukan cara pertama diatas namun iphone Anda masih mengalami stuck di logo, Anda bisa melakukan cara yang kedua, namun cara yang kedua ini Anda memerlukan perangkat tambahan yakni komputer Macbook atau Laptop untuk melakukan perbaikan dan pastikan perangkat komputer Anda sudah terdapat aplikasi iTunes untuk komputer windows.

iTunes adalah sebuah piranti lunak keluaran Apple Inc. yang bisa mengorganisasi, memutar dan membeli lagu bahkan mengunduh aplikasi yang disediakan oleh iTunes store, selain itu iTunes juga dapat digunakan untuk mengelola software di iPhone, iPod dan iPad. Maka dari itu untuk mengatasi masalah stuck di logo pada iPhone atau iPod dan iPad memerlukan peranti lunak iTunes. 

Dan berikut ini adalah cara kedua untuk mengatasi masalah iPhone stuck di logo dengan komputer windows.

  • Langkah pertama ialah download dan instal terlebih dahulu iTunes pada PC Anda jika komputer Anda belum memiliki aplikasi iTunes dan sesuaikan iTunes sesuai dengan spesifikasi windows yang Anda miliki.
  • Jika sudah terdapat aplikasi iTunes atau sudah berhasil mengunduh aplikasi iTunes, pastikan aplikasi iTunes yang Anda miliki dalam kondisi versi terbaru.
  • Setelah itu pada komputer Anda silahkan download IPSW iPhone sesuai dengan perangkat iPhone yang ingin Anda atasi. Download IPSW iPhone disini.
  • Ketika sudah selesai download IPSW iPhone yang sesuai dengan perangkat iPhone Anda, kemudian pastikan kondisi iPhone dalam kondisi mati lalu hubungkan dengan komputer Anda menggunakan kabel data iPhone yang asli.
  • Ketika sudah terhubung dengan komputer Anda, kemudian tekan tombol kombinasi pada iPhone Anda yakni tombol power dan tombol home secara bersamaan sampai iPhone hidup dan menampilkan logo iTunes. (Untuk seri iPhone 8 ke atas 
  • Ketika iPhone sudah menyala dan menampilkan logo iTunes, secara otomatis iTunes yang terdapat pada komputer Anda akan terbuka dan menampilkan pesan yang memberitahukan masalah pada iPhone Anda.
  • Pada pesan pemberitahuan iTunes terdapat pilihan Cancel, Update dan Restore. Kemudian pilih atau klik Restore sambil menekan tombol Shift pada keyboard komputer jika Anda sudah download firmware atau IPSW yang sesuai dengan iPhone Anda.
  • Setelah itu pada komputer Anda, pilih firmware atau IPSW yang telah Anda download sebelumnya kemudian klik Open dan iTunes akan segera membaca IPSW yang telah Anda download lalu klik atau pilih Restore.
  • Ketika Anda sudah memilih atau klik restore tunggulah beberapa saat atau beberapa menit sampai selesai, karena iPhone yang sedang Anda perbaiki sedang dalam mode Recovery atau mode pemulihan.

Dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi masalah iPhone stuck di logo dengan komputer Macbook.

  • Langkah pertama Anda harus lakukan re-bot iPhone terlebih dahulu dengan menggunakan tombol kombinasi yakni tombol Home + tombol power lalu tahan sampai layar iPhone mati untuk melakukan restart.
  • Langkah kedua yakni siapkan terlebih dahulu kabel data iPhone Anda lalu pastikan sudah terhubung dengan Macbook, kemudian hubungkan dengan iPhone Anda lalu tekan tombol Home sampai iPhone Anda menyala dan hingga keluar logo iTunes.
  • Selanjutnya pada komputer Macbook Anda, cari lokasi iPhone Anda pada komputer Macbook yang anda gunakan kemudian pilih restore atau update.
  • Ketika Anda memilih restore atau update, komputer Macbook akan melakukan instal ulang perangkat lunak iPhone Anda dan tunggu sampai instal selesai.
  • Setelah selesai melakukan restore atau update pada Macbook, lepaskan kabel yang terhubung dengan Macbook lalu lakukan re-bot kembali pada iPhone Anda menggunakan tombol kombinasi tombol Home + tombol Power sampai layar iPhone Anda mati.
  • Dan yang terakhir nyalakan kembali iPhone Anda menggunakan tombol kombinasi yakni tombol Home, tombol Power + tombol Volume atas secara bersamaan sampai iPhone menyala lalu diamkan dan tunggu beberapa menit sampai perangkat kembali normal.
Demikian cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah pada iPhone yang stuck dilogo. Sekian, selamat mencoba dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara ampuh atasi masalah iPhone stuck dilogo apple, stuck dilogo iTunes atau bootloop dengan iTunes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel