atmojo

Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard

Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Pengguna komputer tentu tidak asing lagi dengan yang namanya papan keyboard. Papan keyboard adalah salah satu perangkat keras yang mungkin bisa dikatakan wajib ada di komputer Anda yang terdiri atas tombol-tombol huruf alfabet untuk mengetikan kalimat, selain huruf papan keyboard juga terdiri atas angka-angka.

Pada tombol-tombol yang terdiri di papan keyboard masing-masing memiliki celah atau ruang untuk cara kerja tombol-tombol papan keyboard itu sendiri, dan pada bagian celah tersebut tidak menutup kemungkinan bisa dimasuki oleh partikel kecil atau debu, apalagi usia komputer yang sudah lama tentu terdapat debu di dalamnya, terkecuali papan keyboard dilengkapi dengan perlengkapan penutup.

Namun jika celah-celah pada papan keyboard sudah terlanjur kotor oleh partikel kecil atau debu, lalu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop atau komputer? dan inilah Cara membersihkan keyboard.

  • Gunakan rubber blow semprotan angin.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan debu yang terjebak di dalam keyboard ialah menggunakan semprotan angin. Menggunakan semprotan angin ini ialah cara yang sangat murah yang bisa dilakukan untuk membersihkan papan keyboard laptop atau komputer anda.

Semprotan angin juga merupakan alat yang murah dan mudah untuk Anda dapatkan, serta cara menggunakannya untuk membersihkan keyboard pun sangat mudah, cukup dengan hembuskan udara atau angin yang keluar dari semprotan angin tersebut ke bagian keyboard yang terdapat banyak debu.

  • Melepas tombol keyboard.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara yang kedua mungkin terdengar agak sulit bagi pemula, namun cara yang kedua ini merupakan yang bisa dikatakan maksimal untuk kebersihan keyboard laptop atau komputer desktop. Sebab melepaskan tombol-tombol dari papan keyboard dapat menghilangkan kotoran atau debu dengan sangat detail serta memberikan hasil yang maksimal, karena di situ bisa jelas terlihat bagian mana yang kotor hingga sampai benar-benar bersih dapat terlihat tanpa terhalang benda apapun.

Cara membersihkan keyboard dengan melepas tombol-tombol keyboard bisa anda lakukan dengan alat bantu yang bernama cotton bud atau juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk bagian dalamnya, sementara itu untuk bagian tombol-tombolnya itu sendiri bisa membersihkannya menggunakan lap basah atau rendam pada rendaman air sabun lalu keringkan.

  • Menggunakan kain lap atau kanebo yang bersih.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan keyboard ialah dengan menggunakan kain lap atau kanebo yang biasa digunakan untuk mengeringkan sepeda motor atau mobil setelah di cuci. Dengan kain lap atau kanebo yang dibasahi dengan air, anda bisa membersihkan keyboard laptop bagian luar dengan mudah dan murah. Namun catatan, jangan terlalu basah saat membasahi kain lap atau kanebo yang Anda gunakan, hal tersebut di khawatirkan bisa meneteskan air dan masuk kebagian dalam keyboard dan bisa merusaknya.

  • Menggunakan brush make up.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara membersihkan keyboard yang selanjutnya ialah dengan menggunakan peralatan make up yang sangat sering digunakan pada wanita, nama alat tersebut ialah brush. Brush make up sendiri ialah salah satu peralatan make up seperti kuas namun memiliki tekstur bulu yang sangat halus, tidaklah kaku atau kasar sehingga tidak merusak keyboard ketika sedang digunakan untuk membersihkan keyboard dari kotoran atau debu yang menempel di permukaan bahkan bisa menjangkau bagian.

  • Menggunakan vacum cleaner khusus keyboard.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Langkah berikutnya untuk membersihkan keyboard ialah dengan menggunakan vacum cleaner. Vacum cleaner yang dimaksud ialah vacum cleaner khusus yang memiliki fisik kecil dan daya sedot yang tidak terlalu besar, bukan vacum cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan ruangan rumah. Alat tersebut sanggup membersihkan keyboard laptop Anda sampai bagian dalam karena cara kerja sedotnya yang bisa menyedot debu yang terjebak pada bagian dalam tombol keyboard.

  • Gunakan spray atau cairan semprot khusus keyboard.
Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara membersihkan keyboard yang berikutnya ialah menggunakan cairan semprot atau spray formula khusus yang digunakan untuk peralatan elektronik. Cairan pembersih ini bersifat non konduktif, sangat cepat atau mudah menguap sehingga efektif untuk membuang karbon atau partikel hingga lemak dan bahan kontaminan lainnya serta aman digunakan, cara kerjanya yang di semprotkan dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit pada bagian dalam tombol keyboard.

  • Gunakan super slime jelly cleanser.

Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard


Cara membersihkan keyboard yang terakhir ialah menggunakan alat yang untuk saat ini sedang ramai digunakan untuk membersihkan keyboard laptop atau komputer anda dengan hasil bersih yang memuaskan, alat tersebut ialah super slime jelly clean. Super slime jelly clean adalah gel perekat yang digunakan untuk membersihkan partikel kecil atau debu yang terdapat pada permukaan sampai bagian sela-sela dalam karena sifat gelnya yang lunak sehingga dapat mengisi bagian-bagian dalam.

Cara pakai super slime jelly cleanser ini untuk membersihkan keyboard sangat mudah yaitu, cukup tempelkan gel secara merata pada bagian keyboard yang ingin dibersihkan kemudian diamkan beberapa detik lalu angkat. Jika super slime jelly cleanser ini sudah tidak dapat melekat  atau berantakan, cukup masukan kembali alat tersebut ke dalam kemasannya kemudian masukan ke dalam lemari pendingin sampai memadat.

Belum ada Komentar untuk "Cara membersihkan keyboard komputer dan peralatan pembersih keyboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

iklan tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

iklan bawah artikel